STUDI LITERATUR TENTANG KESULITAN BELAJAR MATEMATIS SISWA SMP PADA KONSEP PERKALIAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13168Keywords:
kesulitan belajar matematis, konsep perkalian, pemahaman konsepAbstract
Studi literatur ini membahas kesulitan belajar matematis yang dialami oleh siswa SMP pada konsep perkalian. Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematis siswa SMP pada konsep perkalian, seperti kurangnya pemahaman konsep dasar, kurangnya latihan dan pengalaman dalam mengaplikasikan konsep. Berbagai strategi pembelajaran dan pendekatan yang dapat digunakan untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar matematis pada konsep perkalian juga disajikan. Hasil studi literatur ini dapat memberikan informasi dan panduan bagi guru matematika untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa SMP pada konsep perkalian.References
Afifah, H. N., Fitrianawati, M., & Dahlan, U. A. (2020). Pengembangan Media PANLINTARMATIKA (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar.
Ernawati, R., Saputri, L. D., Permatasari, R., Program, M., Matematika, S., Pembimbing, D., & Melawi, S. (2022). Implementasi Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VII SMPN 06 Satu Atap Belimbing. Jurnal Pendidikan Matematika (AL KHAWARIZMI), 2(2), 15–19.
Fatimah, C., Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR (Vol. 1).
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2015). Kesulitan Belajar Pada Anak: Identifikasi Faktor yang Berperan. Jurnal Elementary, 3(2), 297–311.
Hansen, R., & Hutama, R. M. (2017). Pemanfaatan Aplikasi TRIKMATEMATIKA untuk Mengatasi Kesulitan Ketrampilan Hitung Perkalian Siswa SMP Kanisius Pakem. Seminar Nasional Etnomatnesia. Yogyakarta: FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Ilyas, A., Folastri, S., & Solihatun. (2017). Diagnosis Kesulitan Belajar & Pembelajaran Remedial. In : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Semarang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Kadir, Musyrifah, E., & Safitri, R. D. (2019). Pengaruh Strategi Heuristik Krulick Rudnick Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Repreresentasi Geometri. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 146–155. doi: 10.15408/ajme.v1i2.14075
Lolang, E. (2018). Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Operasi Perkalian Dengan Metode Latis Kelas VII SMP Negeri 1 Tondon. Jurnal KIP, 7(3), 11–16.
Maryani, I., & dkk. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media.
Melfianora, M. S. I. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Retrieved from http://banjirembun.blogspot.co.id/2012/04/penelitian-kepustakaan.html
Muhamedi, Elfidayati, Kamaliah, Dahlan, Z., Lubis, M. S. A., Albina, M., … Hanum, L. (2017). Psikologi Belajar. Medan: LARISPA Indonesia.
Nufus, H., & Prayitno, S. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi perbandingan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maluk Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 246–259. Retrieved from https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Nurhasanah, M. M. (2020). nurhasanah Mengoptimalkan Penguasaan Kecepatan Sistem Perkalian. Jurnal Pendidikan Matematika APOTEMA, 6(1), 67–79.
Nurhayati, A. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. In Junrnal Pendidikan Matematika APOTEMA (Vol. 6).
Paujiah, S. R., & Zanthy, L. S. (2020). Kesulitan Siswa Smp Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 280–284. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3256
Rakhmi, A. H., & Fahmi, S. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. APOTEMA?: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1).
Ramadhani, R., Masrul, Hamid, D. N. M. A., Sudarsana, I. K., Simarmata, S. J., Safitri, M., & Suhelayanti. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ratuanik, M., Watunglawar, Y., Aloysius Nay, F., Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki, P., Kunci, K., Belajar, K., & Matematika, P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII. Leibniz: Jurnal Matematika, 1(2), 12–26.
Selviana, M. T., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Bentuk Aljabar Pada Siswa Dengan Gaya Belajar Kognitif Field Independent. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 3(1), 72–82. doi: 10.15408/ajme.v3i1.20033
Susanti, A., Riyadi, S., & Jainuri, M. (2023). Perbandingan Model Team Assisted Individualization Berbasis Probing-Prompting Dengan Model Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. APOTEMA?: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 2407–8840.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 46. doi: 10.26740/jdmp.v5n1.p46-57
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nahla Malika, Muhamad Sofian Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.