IMPLEMENTASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION GAME TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Nidaan Hafiyya Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13141

Keywords:

Motivasi, Quizizz, Media Pembelajaran, Matematika

Abstract

Fenomena yang tidak asing adalah mata pelajaran matematika yang selalu dihindari dan ditakuti oleh siswa. Salah satu penyebabnya adalah siswa tidak memiliki motivasi belajar saat pembelajaran matematika. Rendahnya motivasi belajar siswa disebabkan karena guru hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional dan interaksi hanya berlangsung satu arah sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang membosankan dan monoton. Pada perkembangan teknologi di era modern ini mewajibkan guru untuk berinovasi dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan implementasi Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis Education Game terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode penelitian ini dengan menggunakan studi literatur dengan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu yang relevan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, implementasi Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis Education Game dilakukan melalui tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Dengan demikian diperoleh bahwa adanya penerapan Quizizz dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan dan memberikan pengaruh positif pada kegiatan pembelajaran matematika.

References

Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTS Iskandar Muda Batam. Phytagoras. 6(2). 175 – 185.

Dimyati., & Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, A. D., Hermansyah, & Susanti, D. (2022). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Matematika. Mathematic Education And Application. 4(1). 1-7

Harisuddin, M.I. (2019). Secuil Esensi Berfikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT. Panca Terra Firma.

Indra, I.M & Cahyaningrum, I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Jalinus, N. & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Jannah, S.N., & Sontani, U.T. (2018). Sarana dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen dan Perkantoran. 3(1). 63-70

Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru Untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.17(1). 23-35.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 1(1). 21-32

Yuliani, K & Winata, H. (2017). Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2(1). 27-33

Mulyono. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Sholat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MIN Beji. S1 Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Najuah., Sidiq, R., & Simamora, R.S.(2022). Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Novidiantoko, D. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Nugroho, D.A., Harmastuti, & Uminingsih. (2017) Membangun game edukasi “Mathematic Maze” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Statistika Industri dan Komputasi. 2(1). 67-77

Nuritta, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. 3(1). 171-187

Pertiwi, P.E., & Astriyani, A. (2022). Pengaruh Game Edukasi Quizizz terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. TRIPLE A : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 1(1). 51-59

Prasetya, A. E. (2021). Kumpulan Artikel Inovasi Guru. Bogor: Guepedia.

Quizizz.com. About Quizizz [Online]. Diakses 20 Februari 2022. Tersedia : https://Quizizz.com/about

Ramadhani, R., dkk. (2020). Teori & Praktik Platform Asesmen Untuk Pembelajaran Daring, Medan : Yayasan Kita Menulis.

Rosiyanti, H., Widyasari, R., Ardiansyah, A. F., & Istiqomah, S. (2020). Pengaruh Pemberian Soal Pemahaman Berbantuan Media Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Labschool FIP UMJ. Jakarta : Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.1(1). 1-9

Sitorus, D. S & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 12(2). 81-88

Suryanti, & Taufik, A. (2022). Implementasi Penggunaan Quizizz dalam Pembelajaran Matematika. Elips : Jurnal Pendidikan Matematika.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Hafiyya, N. ., & Hadi, M. S. . (2023). IMPLEMENTASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION GAME TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1646–1652. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13141