OPTIMALISASI PENGETAHUAN AKTIVITAS PERAWATAN MANDIRI SAAT MENARKE DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Maria Suryani STIKes Elisabeth Semarang
  • Ririn Marwaningsih STIKes Elisabeth Semarang
  • Andri Kenti Gayatina STIKes Elisabeth Semarang

Keywords:

Aktivitas, Kemampuan, Perawatan Mandiri, Menarke, Sekolah Dasar

Abstract

Ketidaksiapan menghadapi menstruasi pertama atau yang dikenal dengan menarke merupakan permasalahan utama yang ditemukan pada siswi di sekolah dasar (SD) Antonius 2, Banyumanik, Semarang. Ketidaksiapan menghadapi menarke berhubungan dengan kurangnya pengetahuan tentang menarke dan aktivitas perawatan yang perlu dilaksanakan saat menarke. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan siswi SD Antonius 2 dalam melakukan aktivitas perawatan mandiri saat menarke. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Perencanaan dilaksanakan untuk persiapan kegiatan. Tindakan dilakukan dengan pemberian pendidikan kesehatan tentang menarke dan aktivitas perawatan mandiri yang perlu dilakukan saat menarke dilakukan dengan cara ceramah dan tanya jawab dengan media video dilakukan. Siswi diberikan evaluasi sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswi dalam melakukan aktivitas perawatan mandiri saat menarke. 97% siswi menyatakan bahwa mereka akan melakukan penggantian pembalut minimal 4 jam dan setelah buang air besar atau kecil dan setelah mandi. Semua siswi menyatakan akan mencuci pembalut terlebih dahulu serta membungkusnya dengan kertas bekas sebelum dibuang.

References

Canelón, S. P., & Boland, M. R. (2020). A systematic literature review of factors affecting the timing of menarke: The potential for climate change to impact women’s health. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(5), 1703.

Diaris, N. M., Listyowati, R., & Januraga, P. P. (2017). Readiness of girls aged 10-12 years for an early menarke: a transtheoretical model of behavioural change analysis. Public Health and Preventive Medicine Archive, 5(1), 55–61.

Kemenkes, R. I. (2018). Laporan nasional riskesdas 2018. In Jakarta: Kemenkes RI.

Nopia, E., Lina, L. F., & Angraini, W. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Kesiapan Menghadapi Menarke Pada Siswi SD Negeri 06 Ipuh Desa Semundam Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (JIKSI), 1(1).

Novitasari, S., Wardani, H. E., & Ariwinanti, D. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Kesiapan Dalam Menghadapi Menarke Pada Siswi Sdn Asrikaton 1. Preventia: The Indonesian Journal of Public Health, 3(2), 131–135.

Rhomawati, W. S., Estiwidani, D., & Wahyuningsih, H. P. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Menstruasi dengan Kesiapan Menarkhe Siswi SD Kelas 4, 5 dan 6 di SD Ungaran I. Jurnal Kesehatan Ibu Dan Anak, 6(2), 59–66.

Rumiyandini, A. D., Faizah, Z., & Irwanto, I. (2021). Pengetauan berhubungan dengan kesiapan siswa dalam mengahadapi menarke di SDN Kaliurip Purworejo. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 5(2), 116–126.

Sandjaja, S., & others. (2019). Usia menarke perempuan indonesia semakin muda: Hasil analisis riskesdas 2010. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(2), 163–171.

Sari, S. M., & Effendy, H. V. (2019). The Effect of Health Education About Menarke on Anxiety in Facing Menarke in 5th and 6th Grade Students. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan, 8(1), 43–49.

Sommer, M., Sutherland, C., & Chandra-Mouli, V. (2015). Putting menarke and girls into the global population health agenda. Reproductive Health, 12(1), 1–3.

Sopiah, P., Sukaesih, N. S., Nuryani, R., Haryeti, P., & Lindasari, S. W. (2022). Enhancing teenagers’knowledge about menarke care in elementary school age through audiovisual media. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1970–1977.

Wahab, A., Wilopo, S. A., Hakimi, M., & Ismail, D. (2020). Declining age at menarke in Indonesia: a systematic review and meta-analysis. International Journal of Adolescent Medicine and Health, 32(6).

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Suryani, M. ., Marwaningsih, R. ., & Gayatina, A. K. . (2023). OPTIMALISASI PENGETAHUAN AKTIVITAS PERAWATAN MANDIRI SAAT MENARKE DI SEKOLAH DASAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1290–1293. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13120