PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEO SCRIBE UNTUK GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12716Keywords:
PB, Sparkol, Video, ScribeAbstract
Kegiatan pelatihan program pengabdian pada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap ragam media pembelajaran berbasis TIK, dan meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media presentasi dengan Sparkol Videoscribe. Dengan dapat menggunakan software ini, diharapkan untuk dapat mengemas materi pelajaran agar lebih menarik dan efektif perhatian siswa. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini membutuhkan waktu lebih kurang enam bulan, yang meliputi observasi dan diskusi awal, pembuatan media, pelatihan penggunaan media, pembuatan video dokumentasi, serta pembuatan laporan akhir. Pelatihan diberikan pada 14 orang terdiri dari delegasi masing masing tingkatan guru kelas dan beberapa guru mata pelajaran yaitu (2 orang guru kelas I, 2 orang guru kelas II, 2 orang guru klas III, 2 orang guru kelas IV, 2 orang guru kelas V, 2 orang guru kelas VI, dan 2 orang guru mata pelajaran melalui software. Metode yang dipilih yaitu ceramah dengan teknik presentasi materi, diskusi, dan praktik pembuatan media oleh peserta. Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan pemahaman guru SD dalam merancang media Sparkol VideoScribe menjadi meningkat serta peserta memberikan penilaian positif dalam penyelenggaraan pelatihan.References
Ardy Wiyani, Novan. 2017. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta : ArRuzz Media.
Kemendiknas. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK). Jakarta: Dirjen Peningkatan
Sadiman, Arief, dkk. 2010. Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Nunuk Suryani, Achmad Setiawan, & Aditin Putria, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018, Cet. 1.
Nurkhan. (2016). Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Penilaian Kurikulum 2013 melalui Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(1), 48.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zein, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2014, Cet. 5.
Rayandra Asyhar, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Urip Umayah, Ahmad Fajrun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.