MANAJEMEN PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KOMPLEK PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH KABUPATEN OKU TIMUR

Authors

  • Saipul Annur Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mualimi Qomari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Era Kartika Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mika Silviani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nurul Arifin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nikentari Rizki Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dewi Aryani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Joharni Joharni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • M. Habib Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Erdiansyah Erdiansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Deci Azizah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ainu Arofiq Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Lilis Setiowati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Asmawi Asmawi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amin Maulani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12384

Keywords:

Manajemen, Kurikulum, Merdeka Belajar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus untuk mensosialisaikan sekaligus memberikan pengetahuan dan wawasan bagaimana manajemen pelaksanaan kurikulum merdeka belajar kepada para pendidik di Komplek Pendidikan Muhamadiyah Rawa Bening Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pendidikan mengenai manajemen pelaksanaan kurikulum merdeka belajar. Permasalahan yang dialami oleh mitra adalah terkait pengetahuan terhadap manajemen pelaksanaan kurikulum merdeka belajar karna masih banyak pendidik yang belum megetahui maupun belum menerapkan sistem manajemen pelaksanaan kurikulum merdeka belajar ini. Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan tersebut tim pengabdi melaksanakan pengenalan sekaligus sosialisasi terhadap para pendidik di komplek pendidikan muhammadiyah rawa bening kecamatan buay madang timur kabupaten oku timur. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi perencanan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Hasil pengabdian dapat diketahui bahwa para peserta didik mendapatkan manfaat dari pelatihan dengan narasumber yang sesuai dengan kepakarannya dan dapat memberikan solusi yang efektif dalam manajemen pelaksanaan Kurikulum merdeka di wilayah Rawa Bening, OKU Timur. Hal ini dapat dilihat dari respon mereka dalam menjawab kuesioner yang dibagikan dengan respon yang baik dan tidak adanya respon yang negatif dari mereka. Maka hasil dari apa yang dilakukan pada pengabdian masyarakat ini menghasilkan suatu hal yang positif. Mitra juga mendapatkan manfaat dari pelatihan dengan narasumber yang sesuai dengan kepakarannya dan dapat memberikan pengaruh yang positif dalam manajemen pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.

References

Hamalik, O. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Cet. IV; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 150.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum di Sekolah.

Wardan, K., Rahayu, M. P. D. A. P., & Kep, M. (2021). Manajemen Kurikulum. CV Literasi Nusantara Abadi.

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Annur, S., Qomari, M. ., Sari, E. K. ., Silviani, M. ., Arifin, N. ., Rizki, N. ., Aryani, D. ., Joharni, J., Habib, M. ., Erdiansyah, E., Azizah, D., Arofiq, A. ., Setiowati, L. ., Asmawi, A., & Maulani, A. . (2023). MANAJEMEN PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KOMPLEK PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH KABUPATEN OKU TIMUR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 613–617. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12384