This is an outdated version published on 2023-02-18. Read the most recent version.

PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MELALUI FUN WITH ENGLISH PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH-MOROWALI

Authors

  • Husnaini Husnaini Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Amalia Yahya Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12363

Keywords:

Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris, Fun With English

Abstract

Pengabdian ini berfokus pada kurangnya motivasi, kemampuan berbahasa Inggris, dan minat siswa terhadap pentingnya penggunaan bahasa Internasional, khususnya sekolah Islam yaitu pondok pesantren pada tingkatan Madrasah Aliyah yang setelahnya akan dihadapkan pada persaingan lapangan pekerjaan dengan tuntutan kecakapan diberbagai bidang, terutama bahasa bahasa Inggris. Tujuan pengabdian ini yaitu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa melalui kegiatan yang menyenangkan yaitu Fun with English. Metode pengabdian ini mengaplikasikan metode pembelajaran serta pengajaran. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa dapat meningkatkan motivasi, kesadaran dan kemampuan bahasa Inggris yang berdampak pada meningkatkan atensi siswa terhadap bahasa Internasional. Implikasi pengabdian ini adalah sebagai rujukan bagi para praktisi pendidikan dalam upaya peningkatan kecakapan siswa dalam bahasa Inggris

References

Aryni, Y., L. Supiatman, and S. Rahayu. 2021. “Mengajar Bahasa Inggris Bagi Young Learners Dengan Fun Activities.” Rambate 1(1):14–20.

Holidazia, Rupina, and Rojab Siti Rodliyah. 2020. “Strategi Siswa Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris.” Jurnal Penelitian Pendidikan 20(1):111–20. doi: 10.17509/jpp.v20i1.24562.

Husein, Ach. Munawi, and Ratih Kesuma Dewi. 2019. “Peningkatan Kemampuan Pragmatis Penguasaan Bahasa Inggris Bagi Guru Di MTs. Jauharul Ulum Desa Locancang Panarukan Situbondo.” Dedication?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1):39–44. doi: 10.31537/dedication.v3i1.184.

Mandasari, Berlinda, Dyah Aminatun, Reza Pustika, Setiawansyah Setiawansyah, Dyah Ayu Megawaty, Imam Ahmad, and Debby Alita. 2022. “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa-Siswi Sma/Ma/Smk Di Desa Purworejo Lampung Tengah.” Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1):332–38. doi: 10.31004/cdj.v3i1.4026.

Pakpahan, Emma Martina. 2022. “Kecemasan, Kemampuan Dan Kebiasaan Berbahasa Inggris.” Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos) 4(1):300–306.

Rahmat, Hery, and Miftahul Jannatin. 2018. “Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Jurusan PGMI 10(2):98–111

Susini, Made. 2020. “Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris.” Linguistic Community Services Journal 1(2):37–48. doi: 10.55637/licosjournal.1.2.2732.37-48.

Wijaya, Hardy, Yuliana, Arwin, Weny, and Sutarno. 2021. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMA Diponegoro Kisaran.” Pp. 268–72 in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI).

Downloads

Published

2023-02-18 — Updated on 2023-02-18

Versions

How to Cite

Husnaini, H., & Yahya, A. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MELALUI FUN WITH ENGLISH PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH-MOROWALI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 533–537. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12363