PEMBINAAN NILAI-NILAI KARAKTER KRISTIANI MELALUI KREATIVITAS PAJANGAN BINGKAI DENGAN PEMBERDAYAAN KARDUS BEKAS DI SEKOLAH DASAR KRISTEN TEOLOGI SAHABAT BATAM

Authors

  • Sabar Manahan Hutagalung STT Real Batam
  • Evan Dusep Dongoran Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Benteng Martua Mahuraja Purba Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Clara Alexandra Griapon Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Hanyta Priscila Harahap Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Putri Jelita Daeli Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Nening Satriani Radja Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Fauzi Hutagalung Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Tuti Armilla Sitepu Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Kristina Natalia Siregar Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Grace Junika Baptiso Gultom Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Teti Tri Pujianti Gea Sekolah Tinggi Teologi Real Batam

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12325

Keywords:

Karakter, Penanaman, pendampingan Guru dan Orang Tua

Abstract

Pada usia anak umur 8-9 tahun tentunya anak-anak akan diberikan pengarahan dan bimbingan pada saat pembelajaran, agar anak-anak bisa mengerti dan mengenal nilai-nilai karakter Kristiani dalam kehidupan mereka terkhususnya di Sekolah Dasar Teologi Kristen Sahabat Batam. Anak-anak yang berusia 8-9 tahun ini perlu adanya bimbingan dari pihak guru supaya mereka bisa menerapkan nilai-nilai karakter Kristiani di sekolah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada anak-anak usia 8-9 tahun di Sekolah Dasar Teologi Kristen Sahabat Batam yang memberikan penguatan bagi Kognitif mereka melalui Kreativitas Pajangan Bingkai dengan  Pemberdayaan kardus bekas serta memberikan alat-alat untuk membuat pajangan bingkai supaya mereka semangat untuk mengerjakan kreativitas tersebut. Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan metode kardus bekas dan memberikan cara-cara bagaimana anak-anak bisa membuat pajangan bingkai dari kardus bekas. Melalui kreativitas pajangan bingkai ini bisa memberikan anak-anak lebih mudah untuk membuat kreativitas dan bisa lebih semangat ketika belajar. Dari pengamatan yang dilakukan oleh tim PKM ditemukan bahwa anak-anak sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir. Setelah melakukan kegiatan ini anak-anak bisa menunjukkan hasil dari kreativitas pajangan bingkai mereka dan bisa lebih mengerti dalam hal nilai-nilai Karakter Kristiani.

References

Aisyah, Ali M. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya. Prenada Me., 2018.

Indrastoeti, JePenanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasarnny. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (2016): 286. http://www.jurnal.fkip.uns.aac.id/index.php%0Ajurnal.fkip.uns.ac.id › index.php.

N, Omeri. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Nopan Omeri 9, no. manager pendidikan (2015): 464–468.

Rohman, Muhamad Asvin abdur. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi Dan Implementasi.” Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 11, no. 2 (2019): 125–146. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/96/89.

Sidabutar, Hasudungan, and Juanda Manullang. “Problem Dan Prospek Metode Penguatan Terhadap Pendidikan Karakter Keluarga Kristen.” Jurnal Teologi Amreta (ISSN: 2599-3100) 5, no. 1 (2021): 69–94.

Siswinarti, Putu Ratih. “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa Beradab.” Universitas Pendidikan Ganesha, no. March (2017): 5.

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Hutagalung, S. M. ., Dongoran, E. D. ., Purba, B. M. M. ., Griapon, C. A. ., Harahap, H. P. ., Daeli, P. J. ., Radja, N. S., Hutagalung, F. ., Sitepu, T. A., Siregar, K. N. ., Gultom, G. J. B. ., & Gea, T. T. P. . (2023). PEMBINAAN NILAI-NILAI KARAKTER KRISTIANI MELALUI KREATIVITAS PAJANGAN BINGKAI DENGAN PEMBERDAYAAN KARDUS BEKAS DI SEKOLAH DASAR KRISTEN TEOLOGI SAHABAT BATAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1319–1324. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12325