GERAKAN BENGKEL LITERASI MELALUI PENDAMPINGAN PEMBUATAN E-POPUP BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ronald Fransyaigu Universitas Samudra
  • Bunga Mulyahati Universitas Samudra
  • Asnawi Asnawi Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12256

Keywords:

Literasi, Bengkel Literasi, E-PopUp

Abstract

Bengkel literasi merupakan strategi pengembangan keterampilan literasi yang menekankan pengoptimalan keterampilan literasi yang telah dimiliki siswa. Bengkel literasi dibangun atas dua aktivitas utama yakni membaca dan menulis. Keterampilan berbahasa baik tulis maupun lisan bertujuan agar siswa dapat berkomunikasi secara efektif, mengekspresikan diri dengan cara yang dapat dipahami oleh orang lain. Menurut hasil dari observasi dan wawancara yang telah dilakukan kepada guru- guru dan pihak terkait di SD kota Langsa, anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar di Kota Langsa menunjukkan angka literasi yang sangat rendah. Keadaan tersebut disinyalir diakibatkan oleh kondisi sekolah dan sarana prasarana yang ada di sekolah tersebut tidak mendukung budaya literasi. Salah satunya adalah terbatasnya media pembelajaran yang menarik untuk mendukung program literasi berjalan sebagaimana mestinya. Solusi yang direncanakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah 1) Membuat pelatihan kepada guru SD untuk melaksanakan startegi bengkel literasi bagi siswa SD. 2) Memberikan pelatihan kepada guru SD untuk melaksanakan pengembangan media pembelajaran E- Pop Up bagi siswa SD. 3) Membuat E- Pop Up dalam mengoptimalkan literasi baca tulis anak. Media Pembelajaran yang dimaksud berupa Pop Up Book untuk guru SD. Hasil kegiatan ini adalah sebagian besar guru belum pernah mendapatkan pelatihan media pembelajaran Pop Up Book. Para guru memberikan respon yang positif terhadap kegiatan yang dilakukan. Kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran berupa E-PopUp meningkat. Dengan adanya pop up book guru dapat memberikan konsep real berupa gambar 3D kepada siswa di tingkat dasar. Selain itu, literasi dasar terutama pada keterampilan membaca siswa SD juga meningkat.

References

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Febrianto, M. Fatchul M. 2014. “Penerapan Media dalam Bentuk Pop-Up Book pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik”. Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya.Vol.2. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kementerian pendidikan and Kebudayaan, “Panduan Gerakan Literasi Nasional,” Pandu. Gerak. Literasi Nas., p. 50, 2017.

Khomah, Isti, dkk. 2018. Penggunaan Media Pop Up Book untuk MeningkatkanKeterampilan Membaca Aksara Jawa Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indira.

P. Astuti, V. D. Mawarsari, and M. Prihaswati, “Pendampingan Guru Sains SD Melalui Pelatihan Pembuatan Media E-PopUp Untuk Meningkatkan Literasi Baca Tulis.,” JPM (Jurnal Pemberdaya. Masyarakat), vol. 5, no. 1, pp. 358–364, 2020, doi: 10.21067/jpm.v5i1.3257.

N. Puspitaloka and S. N. Hasanah, “Pelatihan Pembuatan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru- Guru Raudhatul Athfal (RA),” Ikraith-Abdimas, vol. 3, no. 1, pp. 20–24, 2020.

R. Setiyanigrum, “Media E-PopUp sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19,” Semin. Nas. Pascasarj. 2020, no. 2016, pp. 216–220, 2020.

Sri Wahyuningsih, “Modul Literasi Digital Di Sekolah Dasar,” Kementeri. Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknol., pp. 1–22, 2021.

Downloads

Published

2023-02-11 — Updated on 2023-02-12

Versions

How to Cite

Fransyaigu, R. ., Mulyahati, B. ., & Asnawi, A. (2023). GERAKAN BENGKEL LITERASI MELALUI PENDAMPINGAN PEMBUATAN E-POPUP BAGI GURU SEKOLAH DASAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 413–417. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12256 (Original work published February 11, 2023)