BUDIDAYA MAGGOT DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA DI KELOMPOK WANITA TANI MEKAR SARI, BLITAR

Authors

  • Adiguna S.W. Utama Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Nur Agustin Mardiana Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Anang Widigdyo Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12082

Keywords:

Ketrampilan, Maggot, dan Sampah

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan terbesar bagi setiap kota di Indonesia. Salah satu jenis sampah adalah sampah rumah tangga yang mudah membusuk seperti sisa sayuran, daging, dan lainnya. Permasalahan yang muncul adalah belum adanya pengolahan sampah rumah tangga di Kelurahan Tanggung, Kota Blitar. Oleh karena itu, Kelompok Wanita Tani Mekarsari bersama dengan Program Studi Pengolahan Hasil Ternak Unggas, Akademi Komunitas Putra Sang Fajar berinisiasi untuk mengolah sampah rumah tangga dengan menggunakan larva BSF. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa peningkatan pemahaman dan ketrampilan anggota Kelompok Wanita Tani dalam mengimplementasikan maggot untuk mengolah limbah rumah tangga. Selain itu, termotivasinya peserta untuk menjadikan maggot sebagai pakan ternak untuk meningkatkan nilai tambah dari maggot.

References

Azir, A., Harris, H., & Haris, R. B. K. (2017). Produksi dan Kandungan Nutrisi Maggot (Chrysomya Megacephala) Menggunakan Komposisi Media Kultur Berbeda. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan Dan Budidaya Perairan, 12(1), 34–40.

Dobiki, J. (2018). Analisis Ketersedian Prasarana Persampahan Di Pulau Kumo Dan Pulau Kakara Di Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Spasial Volume, 5(2), 220–228.

Dortmans, B., Diener, S., Verstappen, B., & Zurbrügg, C. (2017). Black Soldier Fly Biowaste Processing. In Black soldier fly biowaste processing. A step-by step guide. Swiss Agency for Development and Cooperation (SDC) and the Swiss State Secretariat for Economic Affairs (SECO).

Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2022). SIPSN - Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/timbulan

Downloads

Published

2023-02-02 — Updated on 2023-02-02

Versions

How to Cite

Utama, A. S. ., Mardiana, N. A. ., & Widigdyo, A. . (2023). BUDIDAYA MAGGOT DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA DI KELOMPOK WANITA TANI MEKAR SARI, BLITAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 120–122. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12082