WORKSHOP METODOLOGI PENELITIAN DAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DI JURNAL BEREPUTASI BAGI MAHASISWA

Authors

  • Iyan Setiawan Universitas Kuningan
  • Sri Mulyati Universitas Kuningan
  • Cucu Suhartini Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12071

Keywords:

karya tulis ilmiah, metodologi penelitian, jurnal ilmiah

Abstract

Mahasiswa dalam kapasitasnya sebagai peneliti harus memiliki kemampuan memahami penulisan karya ilmiah sesuai dengan keilmuan metodologi penelitian yang baik. Namun berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa banyak mahasiswa yang belum menguasai metodologi sebagai dasar dalam menulis dan mengolah data. Maka workshop ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa memahami urgensi dari penulisan artikel ilmiah. Lebih lanjut setelah workshop ini diharapkan mahasiswa mengetahui bagaimana melaksanakan dan mengolah data penelitian hingga penyusunan laporan sebagai dasar penulisan artikel ilmiah. Workshop dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dengan metode ceramah dan diskusi interaktif, dihadiri oleh mahasiswa dan beberapa guru dan dosen dari dalam dan luar Universitas Kuningan yang diikuti oleh 211 peserta. Sesi pertama membahas topik mengenai penulisan karya tulis ilmiah, pengolahan data dengan menggunakan SPSS, serta penelusuran jurnal sinta dan scopus. Sesi dua membahas mengenai penguatan penelitian kuantitatif. Hasil dari kegiatan workshop menunjukkan adanya peningkatan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya menulis ilmiah sesuai dengan kaidah keilmuan, meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa untuk menghindari plagiarisme, serta mengetahui beberapa jurnal ilmiah sebagai wadah referensi dan publikasi.

Author Biographies

Iyan Setiawan, Universitas Kuningan

Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Kuningan

Cucu Suhartini, Universitas Kuningan

Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Kuningan

References

Adhikara, M.A., Handayani, S., Jumono, S., & Darmansyah, D. (2014). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, I (1). 41-53.

Ardimen, Yulitri, R., & Gustina. (2019). Penerapan metode project-based learning untuk meningkatkan penguasaan metodologi penelitian bidang konseling. Lentera Pendidikan, 22(1), 64–80.

Indriyati, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Metodologi Penelitian terhadap Karya Tulis Ilmiah Taruna Politeknik Bumi Akpelni. Jurnal Saintek Maritim, 21(2), 179–189.

Ismail, & Elihami. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.

Rahmiati, R. (2013). Problematika Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Adabiyah, 13 (2), 161-174

Saman, A., Bakhtiar, M. I., (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Stkip Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39–43

Widodo, A., Jailani, A. D, Novitasari, S., Sutisna, D., & Erfan, M. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, VII, 77–91.

Downloads

Published

2023-02-03 — Updated on 2023-02-07

Versions

How to Cite

Setiawan, I. ., Mulyati, S. ., & Suhartini, C. . (2023). WORKSHOP METODOLOGI PENELITIAN DAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DI JURNAL BEREPUTASI BAGI MAHASISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 136–141. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12071 (Original work published February 3, 2023)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.