Pengaruh Pembuangan Limbah B3 Singapura Ke Pulau Batam Terhadap Hubungan Bilateral Indonesia-Singapura (Studi Kasus Pembuangan Limbah B3 Pada Tahun 2004 dan dampaknya di Era Globalisasi saat ini).

Authors

  • Fransiska Wuri Wulandari Politeknik Pajajaran ICB
  • Nur Azizah Politeknik Pajajaran ICB
  • Delia Subrayanti Politeknik Pajajaran ICB

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4008

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis Pengaruh Pembuangan Limbah B3 Singapura ke Pulau Batam Terhadap Hubungan Bilateral Indonesia-Singapura (Studi Kasus Pembuangan Limbah B3 Pada Tahun 2004 dan dampaknya di Era Globalisasi saat ini). Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif-Analitis, Yaitu suatu analisis yang bertujuan mengambarkan, menganalisa dan mengklasifikasikan gejala-gejala yang didasarkan atas beberapa kejadian dan masalah yang aktual, kemudian menganalisa untuk menginterprestasikan data yang diperoleh dengan pemecahan masalah, baik yang berlangsung maupun yang diperkirakan dimasa yang akan datang serta menginterprestasikan suatu fenomena akhir yang relevan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan melakukan riset kepustakaan, observasi, wawancara, dan studi dokumen/arsip untuk mendapatkan data-data tertulis Dapat disimpulkan bahwa hubungan bilateral Indonesia-Singapura sudah semakin harmonis dengan kesepakatan terbaru untuk melaksanakan tiga perjanjian strategis bidang politik hukum dan pertahanan keamanan yang dilaksanakan secara  bersamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Wulandari, F. W. ., Azizah, N. ., & Subrayanti, D. (2022). Pengaruh Pembuangan Limbah B3 Singapura Ke Pulau Batam Terhadap Hubungan Bilateral Indonesia-Singapura (Studi Kasus Pembuangan Limbah B3 Pada Tahun 2004 dan dampaknya di Era Globalisasi saat ini). Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 572–578. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4008