Analisis Penerapan Asessmen Kompetensi Minimum (Akm) Terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kabupaten Magetan

Authors

  • Zahra Ramadhani Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur
  • Olivia Reza N Universitas PGRI Madiun
  • Didi Permadi Jaya Saputra Universitas PGRI Madiun
  • Muhammad Yusuf Afifulah Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2959

Keywords:

Asesmen Kompetensi Minimum, Pendidikan, Analisis

Abstract

Pendidikan ataupun kurikulum saat pandemi seperti ini memang memiliki beberapa kendala salah satunya dalam hal penyelenggaraan Ujian Nasional. Kebijakan Kemendikbud dalam meluncurkan kurikulum baru sebagai pengganti Ujian Nasional yaitu AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang nantinya lebih berorientasi pada kemampuan dan kompetensi siswa maupun sekolah yang dilakukan secara bertahap. Asesmen Kompetensi Minimum menjadi penilaian atau pengukuran kompetensi secara mendasar secara literasi dan numerik yang mencakup evaluasi input,proses dan hasil yang bertujuan untuk meningkatkan dan memetakan kualitas pembelajaran, pengajaran dan layanan Pendidikan di masyarakat . Tujuan analisis ini untuk mengetahui sejauh mana kurikulum ini berjalan dengan sukses, dan sebagai evaluasi untuk guru ataupun siswa dalam mengembangkan asesmen kompetensi minimum kedepannya. Analisis ini menggunakan metode kuantitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Ramadhani, Z. ., N, O. R., Saputra, D. P. J., Afifulah, M. Y., & Darmadi, D. (2021). Analisis Penerapan Asessmen Kompetensi Minimum (Akm) Terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kabupaten Magetan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 342–345. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2959

Most read articles by the same author(s)