HUBUNGAN BODY SHAMING DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA/I DI SMK NEGERI 1 KUOK TAHUN 2021
Keywords:
Body Shaming, Konsep Diri, RemajaAbstract
Body shaming termasuk salah satu jenis perundungan (bullying) dimana individu lebih dilihat sisi negatif dari penampilan fisiknya oleh orang lain dibandingkan sisi positif individu. Body shaming ini bisa mempengaruhi konsep diri tinggi ataupun rendah pada remaja. Konsep diri merupakan cara seorang individu memandang dirinya secara utuh. Pada masa remaja konsep diri termasuk kategori penting untuk mengungkapkan tentang jati dirinya, karena pada masa ini remaja mengalami krisis identitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan body shaming dengan konsep diri pada siswa/i di SMK Negeri 1 Kuok tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada tanggal 21-28 Juni 2021 dengan jumlah sampel 158 orang siswa/i di SMK Negeri 1 Kuok menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan secara online menggunakan kuesioner google form. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil analisa univariat diperoleh 85 orang responden (53,8%) mengalami body shaming yang tinggi dan 89 orang responden (56,6%) memiliki konsep diri yang rendah. Hasil uji Chi Square ditemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara body shaming dengan konsep diri pada siswa/i di SMK Negeri 1 Kuok (p value = 0,000). Siswa/i yang memiliki konsep diri yang rendah agar lebih mencintai dan menerima dirinya, meningkatkan kreatifitasnya untuk menunjukkan kelebihannya sebagai bentuk aktualisasi diri serta selalu berusaha menjadi lebih baik sehingga konsep dirinya lebih positif walaupun mengalami body shamingReferences
Fauzia, T. F., & Rahmiaji, L. R. (2019). Memahami Pengalaman Body Shaming pada Remaja. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Semarang, Universitas Diponegoro. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/ article/view/24148. Diperoleh pada tanggal 22 Februari 2021.
Hadi, F. D., & Rusmawati, D. (2019). Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Demak. Jurnal Empati, 26-32. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/ 24399. Diperoleh pada tanggal 13 Juli 2021
Hidayat, R., Malfasari, E., & Herniyanti, R. (2019). Hubungan Perlakuan Body Shaming Dengan Citra Diri Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 79-86. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru. https://jurnal.unimus.ac.id/ index.php/JKJ/article/view/4770. Diperoleh pada tanggal 10 Februari 2021
Lestari, P., & Liyanovitasari. (n.d.). Konsep Diri Remaja Yang Mengalami Bullying. Jurnal Keperawatan Terpadu, 2(1), 40-46. http://jkt.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/home/article/view/45. Diperoleh pada tanggal 14 Februari 2021.
Marta, J. (2016). Eating Behaviors Exploring the Effect of External Shame on Body Appreciation among Portuguese young adults: The Role of self-compassion. . Eating Behaviors, 174-179. https://pubmed.ncbi.nlm.nih. gov/27816855/. Diperoleh pada tanggal 12 Juli 2021.
Masithoh, N. A. (2020). Body Shame pada Mahasiswa Generasi Milenial Di Universitas Negeri Semarang. SKRIPSI. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/42229/1/1511414042_Nurul%20Aida%20Masithoh_Psikologi.pdf. Diperoleh pada tanggal 17 Februari 2021.
Mochtan, A. N. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Konsep Diri Siswa SMA di Tangerang Selatan. SKRIPSI. Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/3045/. Diperoleh pada tanggal 22 Februari 2021.
Muhith, & Abdul. (2015). Pendidikan Keperawatan Jiwa (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Andi.
Mutmainnah, A. N. (2020, Februari). Analisis Yuridis Terhadap Pelaku Penghinaan Citra Tubuh (Body Shaming) Dalam Hukum Pidana di Indonesia. Dinamika, Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 26(8), 975-987. Universitas Islam Malang. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/ jdh/article/view/5864. Diperoleh pada tanggal 21 Februari 2021.
Nahdia, C. P. (2019). Hubungan Konsep Diri dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Siswa 6 Banda Aceh. SKRIPSI. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10491/. Diperolah pada tanggal 12 Juli 2021.
Nurliana, Y. (2015). Konsep Diri Remaja (Siswa Kelas X SMA). Psikologi dan Kemanusiaan, 440-445. Universitas Muhammadiyah Malang. https://mpsi. umm.ac.id/files/file/441-445%20Yetti%20Nurliana.pdf. Diperoleh pada tanggal 21 Februari 2021.
Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (3 ed.). Jakarta: Salemba Medika.
Pratama, A. S., & Rahmasari, D. (2020). Hubungan antara Body Shaming dan Happiness dengan Konsep diri sebagai Variabel Mediator. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(3), 85-94. Universitas Negeri Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/35105#:~:text=Hasil%20penelitian%20menunjukkan%20bahwa%20body,antara%20body%20shaming%20dan%20Happiness. Diperoleh pada tanggal 13 Maret 2021.
Putri, B. A., Pranayama, A., & Sutanto, R. P. (2018). Perancangan Kampanye “ Sizter ’ s Project ” sebagai Upaya Pencegahan Body Shaming. Journal DKV, 1, 1-9. Surabaya, Universitas Kristen Petra. http://publication.petra. ac.id/index.php/dkv/article/view/7275. Diperoleh pada tanggal 05 Maret 2021.
Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Ranny, M, R. A., Rianti, E., Amelia, S. H., Novita, M. N., & Lestarina, E. (2017). Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(1), 40-47. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/ 233. Diperoleh pada tanggal 05 Maret 2021.
Saraswatia, G. K., Zulpahiyana, & Arifah, S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 3(1), 33-38. Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alma Ata Yogyakarta. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JNKI/article/ view/97. Diperoleh pada tanggal 05 Maret 2021.
Sari, A. P., & Jatiningsih, O. (2015). Konsep Diri Pelaku dan Korban Bullying pada Siswa SMP Negeri 1 Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1194-1209. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index. php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/13058. Diperoleh tanggal 12 Juli 2021
Sari, P. W., Taufik, & Sukmawati, I. (2016). Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Motivasi Berprestasi. Jurnal Educatio, 35-42. https://jurnal.iicet.org. Diperoleh pada tanggal 12 Juli 2021
Sari, R. P. (2020). Hubungan Body Shaming dengan Interaksi Sosial Temn Sebaya di SMKN 7 Tangerang Selatan. SKRIPSI. Jakarta, Universitas Islam Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/ 123456789/52269. Diperoleh pada tanggal 21 Februari 2021.WHO. (2018). WHO Adolscent Health. https://www.who.int/southeastasia/health-topics/adolscent-health. Di akses pada tanggal 22 Februari 2021
WHO. (2018). WHO Adolscent Health. https://www.who.int/southeastasia/health-topics/adolscent-health. Di akses pada tanggal 22 Februari 2021
Yusuf, A., K, R. F., & Nihayati, H. E. (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).