HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR : LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i1.24723Keywords:
Anak Sekolah Dasar, Konsentrasi Belajar, Sarapan PagiAbstract
Sarapan adalah makanan yang dimakan sebelum atau tepat diawal hari. DiIndonesia, banyak anak yang melewatkan sarapan karena orang tuanya terlambat masuk kerja atau tidak pernah datang. Ketidakmampuan siswa untuk fokus pada tugas sekolah mereka adalah akibat langsungnya.Penulis artikel tersebut berangkat untuk menyelidiki apakah siswa sekolah dasar yang sarapan lebih mampu fokus pada pelajaran mereka atau tidak.Penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur, membaca dan menganalisis banyak karya ilmiah tentang subjek tersebut. Tahun 2019-2023 digunakan dalam pencarian Google Scholar dan PubMed untuk literatur ilmiah. Temuan menunjukkan korelasi antara kebiasaan sarapan siswa sekolah dasar dan kemampuan mereka untuk fokus pada studi mereka. Sebagian besaranak sekolah dasar melewatkan sarapan pagi danmenjadi salah satu penyebab penyebab utama rendahnya konsentrasi 46,2% pelajar Indonesia.References
Alfarisi R, Yunisatini, Pinilih A, Nur Oktavia Jauhari P. Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 01 Rajabasa Bandar Lampung. JIKSH. 2020;11(1); 164–169. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.237.
Barokah L, Jaenudin, Pratiwi A. Hubungan Sarapan Pagi Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Nusantara Hasana Journal. 2022;1(11);22–32. http://nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/279.
Gayatri C, Sumarni, Mutiarasari D. Relationship of Breakfast with Students’ Concentration SDN Tondo Palu in Central Sulawesi Faculty of Medicine, University of Tadulako. Medika Tadulako, 2019;5(3);22-32.
Gede Yenny Apriani D. Hubungan Sarapan Pagi Dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Anak Kelas 4-6 Sekolah Dasar Negeri 1 Tiyinggading. Jurnal Medika Usada. 2022;5(1);16–21. https://doi.org/10.54107/medikausada.v5i1.115.
Ferawati S S. Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Siswa-Siswi Sd Muhammadiyah Karang Tengah Imogiri Bantul Yogyakarta. Jurnal Ilmu Kebidanan, 2019;4(1);53–61.
Hanifah KN, Pujianto T. Hubungan Asupan Energi Dan Protein Sarapan Pagi Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Spikesnas. 2022; 01(02);305–310.
Kurniasih E, Ekayamti, E. Sarapan Pagi dan Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar Negeri 02 Balerejo Kabupaten Madiun. Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Geneng, Ngawi 1. JPKM. 2020;1(1);9–17.
Ma’arif M Z, Duwairoh A M, Firdauz A S. Hubungan Antara Sarapan Pagi Dengan Tingkat. Jurnal Penelitian, 2020;1(1);52-57.
Mawarni E. Hubungan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Siswa. Jurnal Kesehatan Tambusai. 2021;2(4);159– 167. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.2900.
Munif A. Artikel Penelitian Perbedaan Konsentrasi Siswa Yang Sarapan Dengan Siswa Yang Tidak Sarapan di Sekolah Dasar Negeri Bulay 2 Kecamatan Galis Pamekasan Tahun 2019. Anatomica Medika Journal. 2021;4(3); 138–145.
Mustikowati T, Tina Rukmana, H, Nuraini Karim U, Rahmawati A. Hubungan Kebiasaan Sarapan terhadap Konsentrasi Belajar Anak di Sekolah Dasar Negeri Sukawera. Journal of Nursing and Midwifery Sciences. 2022;1(1);8–12. https://journal.binawan.ac.id/JN.
Noviyanti R D, Kusudaryati D P D. Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Profesi (Profesional Islam)?: Media Publikasi Penelitian. 2019;16(1);72. https://doi.org/10.26576/profesi.302
Ruhmanto D, Eka Ramadhan G. Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi terhadap Prestasi Belajar Siswa Siswi. Kelas XII IPA SMA Negeri 8 Tangerang Selatan dan SMA Negeri 4 Tangerang Selatan. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. 2022;1(2);183–191. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i2.172.
Sabitsa S E, Prasetya G. Hubungan Kebiasaan Sarapan Terhadap Pemenuhan Aktivitas Fisik dan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di SDN Mangun Jaya 04 Tambun Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. (2023);9(2);584–590.
Safaryani P, Hartini MA S. Pengaruh Sarapan Pagi Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Anak SD Negeri Karangayu 02 Semarang. Journal. 2019;53;1–11. 182.253.197.100/e- journal/index.php/ilmukeperawatan/article/viewFile/697/694.
Susilowati F, Lestari N E, Shifa, Nurul A. Konsentrasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar dapat di Pengaruhi oleh Sarapan Pagi dan Status Gizi. Open Access Jakarta Journal Of Health Sciences. 2021;I(01);4–42.
Verdiana L, Muniroh L. Kebiasaan Sarapan Berhubungan Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Sdn Sukoharjo I Malang. Media Gizi Indonesia. 2019;2(1),14. https://doi.org/10.20473/mgi.v12i1.14-20.
Wati S, Harna H, Nuzrina R, Sitoayu L,Dewanti L P. Kebiasaan Sarapan, Kualitas Tidur, Dan Dukungan Orangtua Terhadap Konsentrasi Belajar Selama Pandemi COVID 19. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan. 2021;5(1);24–35. https://doi.org/10.22487/ghidza.v5i1.164.
Yunita W R, Nindya T S.Hubungan Kebiasaan Sarapan, Kecukupan Zat Gizi Dan Cairan Dengan Daya Konsentrasi Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia. 2019;12(2);123. https://doi.org/10.20473/mgi.v12i2.123-128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Silvia Yulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).