Strategi komunikasi pemasaran Dinas Kepemudaan Olahragara dan Pariwisata (DISPORAPAR) dalam mempromosikan wisata budaya festival perang di Kabupaten Kepulauan Meranti pasca covid 19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jutin.v8i1.38953Keywords:
Communication, Communication Strategy, Promotion Strategy, Air War FestivalAbstract
This research aims to analyze the marketing communication strategy carried out by the Meranti Islands Regency Youth Sports and Tourism Service (DISPORAPAR) in promoting the Water War Festival (Cian Cui) after the COVID-19 pandemic. The research method used is a qualitative descriptive approach with data collection techniques through interviews, observation and documentation. Informants were selected using purposive sampling involving festival managers, participants and visitors. The research results show that DISPORAPAR's marketing communication strategy uses the promotional mix concept within the Integrated Marketing Communication (IMC) framework. Although not all elements of IMC are implemented, strategies that include advertising through print media, promotions through banners, social media, mass media, public relations activities, and organizing events have been proven to increase the number of tourist visits. The main challenges faced are budget and infrastructure limitations. This research recommends improving infrastructure and optimizing digital marketing strategies to introduce the festival to a wider audienceReferences
Aan Komariah, Djam’an Satori.2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Alfabeta.
Alfi Sahrin.2023. Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dalam Mempromosikan Danau Laut Tawar Kota Takengon.Jurnal pengembangan ilmu komunikasi dan
sosial
Ati, Nurul. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Dalam Mempromosikan Wisata Kuliner Sagu Dikabupaten Kepulauan Meranti. Jom Fisip Vol. 5: Edisi Ii Juli – Desember 2018
Bajari, Atwar & Saragih, Sahala Tua.2011. Komunikasi Kontekstual; teori dan praktek komunikasi kontemporer. Putramedia
Basrowi dan Suwandi.2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Boes, K., Buhalis, D., & Inversini, A. 2016. Smart tourism destinations: ecosystems for tourism destination competitiveness. International Journal of Tourism Cities
Bungin, B. 2015. Komunikasi Pariwisata: Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana.
Cangara, Hafied. 2013.Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo
Danang Sunyoto. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center for AcademicPublishing Service (CAPS)
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sultan, Muhammad. 2017. Komunikasi Pemasaran Pariwisata Kabupaten Purbalingga (Studi Pada Analisis Komunikasi Pariwisata Berbasis Digital). Prosiding Seminar dan Call For Paper 20-21 Oktober 2017,
Dwidjowinoto, Wahjudi. 2002. Kesahihan Pengamatan Dan Wawancara Bahan Penataran Metode Penelitian Kualitatif Bagi Dosen-Dosen. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Effendy, Onong Ucjana. 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Egga Alvionita.2023. Implementasi Komunikasi Pariwisata Dalam Destination Branding Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Kampung Lawas Maspati Surabaya.
Elisabeth Sitepu.2020. Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Meningkatkan Minat Berwisata Di Sumatera Utara. Universitas Darma Agung, Medan
Fikri. 2022. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin dalam Mempromosikan Pariwisata di Kabupaten Merangin. Skripsi Universitas Islam Indonesia
Kiralova, A., & Pavliceka, A. 2014. Development of Social Media Strategies in Tourism Destination. Procedia - Social and Behavioral Sciences
Kriyantono, Rachmat.2010. Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, periklanan, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana
Miandhani Denniz Yuniar.2023. Pengembangan Model Komunikasi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Di Kawasan Pesisir Pantai Sendang Sikucing. Journal of Social and Political Science
Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.
Muchamad Zaenuri, Drs. M. 2012. Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: e-Gov Publishing J
Muhammad Sulthan.2017. Komunikasi Pemasaran Pariwisata Kabupaten Purbalingga (Studi Pada Analisis Komunikasi Pariwisata Berbasis Digital) Prosiding Seminar dan Call For Paper 20-2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murdiastuti, Anastasia, Hermanto Rohman, Suji. 2014. Kebijakan PengembanganPariwisata. Pustaka Radja. Surabaya
Ni Wayan Marsha Satyarini .2023. Optimalisasi Pemasaran Digital Kampung Ekowisata Ciwaluh, Kabupaten Bogor.jurnal dahesan untuk negeri vol 2 nomor 1
Noor Efni Salam.2023. Komunikasi Pariwisata Pulau Rupat Utara Sebagai Destinasi Wisata Yang Berdimensi Kearifan Lokal.Proceeding of The 16th University Research Colloquium 2022: Bidang Pendidikan,
Sherley Gucci, Ringgo Eldapi Yozani.2022. Difusi Inovasi Pemasaran Green Smoothie Factory dalam Menarik Minat Beli Konsumen. Journal of Management Communicationand OrganizationJuni2022, Vol. 1, No. 1
Suciati R, Faruq H. 2017. Efektiitas media pertumbuhan maggots Hermetia illucens (lalat tentara hitam) sebagai solusi pemanfaatan sampah organik. Jurnal Biosfer dan Pendidikan Biologi 2(1): 8-13.
Sinta Paramita.2017. Lokal Perspektif Komunikasi Pariwisata Masyarakat Di Desa Sade Lombok. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara
Sultan, Muhammad. 2017. Komunikasi Pemasaran Pariwisata Kabupaten Purbalingga (Studi Pada Analisis Komunikasi Pariwisata Berbasis Digital). Prosiding Seminar dan Call For Paper 20-21 Oktober 2017, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia Suwena, Widyatmaja. 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Penerbit Pustaka
Larasan, Bali.
Wahab, Salah. 1996. Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: Pradnya Paramita. World Economic Forum. 2015. The Travel &Tourism Competitiveness Report 2015
: Growth Through Shocks.
Yasir, Y., Nurjanah, N., Salam, N. E., & Yohana, N. 2019. Kebijakan Komunikasi dalam Membangun Masyarakat Sadar Wisata Di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imam Aminuddin, Rumyeni Rumyeni, Ringgo Eldapi Yozani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.