Model komunikasi pemasaran terpadu BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Panam dalam meningkatkan kepersertaan aktif segmen bukan penerima upah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jutin.v8i1.38163Keywords:
Communication role, Marketing communication, BPJS KetenagakerjaanAbstract
BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Panam faces challamges in increasing the active participan of non-wage wokers (BPU), through an integrated marketing communications carried out to acquire new participanst and maintain active participation. This study uses a Qualitative method with a case study. The object of the study is to examine integrated marketing communications activities and the subject of the study are employees who are tasked with marketing the BPU program. Data were obtained through interviewa, observations and documentation. Data analysis techniques though recuction, presentation and drawing conclusions. The results of the study show that implementation of BPJS Ketenagakerjaan marketing communications includes core elements such as direct sales and management as the main account, as well as supporting elements such as advertising, publis realtions and social media. The integration of these elements creates an effevtive synergy in expanding social security protection for the BPU segment.References
Idris, R., & Lestari, E. (2017). Pengaruh Pengorganisasian Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sd Inpres Bangkala Ii Kota Makassar. Lentera Pendidikan?: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 18–30. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a2
Khanafi, I., Salafuddin, S., Abidin, M. Y., & Khamidi, A. N. (2013). Persepsi dan Transformasi Visi dan Misi Pada Civitas Akademika Stain Pekalongan. Jurnal Penelitian, 6(2). https://doi.org/10.28918/jupe.v6i2.229
Pratiwi, Y. E., & Sunarso, S. (2018). Peranan Musyawarah Mufakat (Bubalah) Dalam Membentuk Iklim Akademik Positif di Prodi PPKn FKIP Unila. Sosiohumaniora, 20(3), 199. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.16254
Sudarmanto. (2018). Peranan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Visi Dan Misi Sekolah Menjadi Sebuah Aksi. Retrieved April 15, 2020, from https://cahaya-begawan.blogspot.com/2017/04/peranan-kepala-sekolah-dalam-mewujudkan.html
Wahyudin, W. (2018). O Muri Yusuf. 2013. Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, UNP Press, Padang.
Afriza, Eka S.D., Ariyani N. 2022. Model Komunikasi Pemasaran terpadu Dalam Pengembangan Bisnis Media Berkelanjutan, dalam Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi. Volume 7, No. 1, Januari 2022, hlm 143-158.
Amaris O. Y., & Djuara P. L. 2017. Efektivitas Pameran Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bogor, dalam Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], Vol. 1 (2): 183-194
Aminta T. A., Zulkarnain & Alvi F. A. 2018. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Ekuitas Merek Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Hotel Swiss-Belinn Ska Pekanbaru) dalam Jurnal Tepak Manajemen Bisnis Vol. X. No. 1. Januari 2018
Anang F. 2020. Komunikasi Pemasaran, Penerbit Qiara Media, Pasuruan.
Anuar Rasyid. 2019. Metode Penelitian Komunikasi, UR Press, Pekanbaru.
Aqida N. S. 2017. Pengaruh Sponsorship Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi Pada Sponsorship Garuda Indonesia Terhadap Liverpool Fc Sebagai Global Official Airline Partner), dalam INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication, Vol.2, No.1, Juni 2017: h. 1-26
Arthur S. 2016. Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Pemerintah Kota Ambon Dalam Mengkomunikasikan Brand “Ambon city Of Music “ Melalui Kegiatan Tiga Pilar IMC, dalam The 4th University Research Coloquium 2016. ISSN 2407-9189
Bambang D Prasetyo, dkk. 2018. Komunikasi Pemasaran Terpadu, UB Press, Malang.
Czinkota, M.R., et al. 2021. Marketing Management Past, Present and Future 4th Ed. https://www.researchgate.net/profile/Demetris-Vrontis/publication/354107072_Selling_and_Sales_Management/links/61f8d7dc007fb504472aa481/Selling-and-Sales-Management.pdf
Djaslim Saladin. 2003. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Edisi Kedua, CV. Linda Karya, Bandung.
Dyah Sulistyorini. 2015. Komunikasi Korporat dan Manajemen Pengetahuan, Perum LKBN Antara, Jakarta.
Evi Hafizah. 2021. Peran Media Dalam Pekerjaan Public Relations dalam Jurnal Kaganga, Vol. 5 No. 2, Oktober 2021
Ferdiansyah, M. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif, Herya Media, Jakarta.
Fill, Chris. 1995. Marketing Communications: Frameworks, Theories and Applications, Prentice Hall, London.
Hanifawati, Tri., Suryantini ,Any., Mulyo, Jangkung Handoyo. Pengaruh Atribut Kemasan Makanan Ringan Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen, dalam Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (Sendi_U). Kajian Multi Disiplin Ilmu untuk Mewujudkan Poros Maritim dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat. ISBN: 978-979-3649-81-8. https://media.neliti.com/media/publications/174311-ID-pengaruh-atribut-kemasan-makanan-ringan.pdf
Hartini, Sri. 2017, Pengkomunikasian Corporate Identity Hotel Syariah (Studi Kasus Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mengkomunikasikan Corporate Identity Hotel Syariah Di Solo), dalam Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis 2017 “Perkembangan Konsep dan Riset E-Business di Indonesia”. ISBN: 978-602-361-067-9
Hermawan, A. 2013. Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Isra Ruddin. 2023. Manfaat Integrated Marketing Communications Dan Penerapan Strategi Content Marketing, Penerbit Media Sains Indonesia, Bandung
Juni Donni Priansa. 2021. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial, Penerbit Pustaka Setia, Bandung.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. 2012. Social media: Back to the roots and back to the future, Journal of Systems and Information Technology, 14(2), 101–104. https://doi.org/10.1108/13287261211 232126
Karmila K. 2021. Implementasi Integrated Marketing Communication Bank Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah, dalam Journal of Institution and Sharia Finance Volume 4 Nomor 1, Juni 2021
Khamadi, Agus S., & Dwi P. P. 2020. Tata Kelola Pameran Berbasis Project Learning Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro, dalam Journal of Art, Design, Education And Culture Studies (JADECS), Vol 5 No. 1 – April 2020 e-ISSN 2548-6543
La, M. 2015. Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences, dalam Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No.3, Desember 2015: 187-196
Lesly, P. 2003. Everything You Wanted to Know about Public Relations, Probus Publishing, Singapore.
Mariam F.B & Melvin B. S. 2019. STRATEGI PUBLISITAS & PROPAGANDA POLITIK (Studi pada Kandidat Presiden & Wakil Presiden, Jokowi- K.H Ma’ruf Amin) dalam Jurnal Studi Komunikasi Dan Media Vol. 23 No. 2 (Juli ± Desember 2019) Hal : 135 – 154
Moleong, Lexy J. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Moses LPH, dkk. 2024. Strategi Pemasaran Mutakhir: Mengintegrasikan Teori dan Praktik, Yayasan Kita Menulis, Medan.
Muhammad M & Mega A.N. 2022. Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Meningkatkan Dana ZIS pada Lembaga Amil Zakat di Era Covid-19, dalam Jurnal Al Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah. Vol 4 No 2 (2022).
Musfialdy. 2012. Organisasi dan Komunikasi Organisasi, dalam Kutubhanah Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 15 No 1 (2012) ISSN:1693-8186 E-ISSN 2047-1633.
Nasruhlhak A. 2016. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Membeli Mobil Pada P.T. Hadji Kalla Cabang Palu, dalam e-Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 1, Januari 2016 hlm 24-36 ISSN: 2302-2019.
Nestri H & Muhammad A. 2021. Integrated Marketing Communication Implementation in Finance Company: Social Media and Digital Media as New Elements, dalam Jurnal Internasional Riset & Teknologi Teknik (IJERT) Jil. 10 Edisi 06, Juni-2021. ISSN: 2278-0181
Noorika R. W. 2004. Pameran, Media Komunikasi Antara Perpustakaan Dengan Pengguna, dalam BACA Vol. 28, No. 2, Desember 2004: 120-126.
Nurhakki Hakki & Ahmad Sultra Rustan. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi, Deepublish, Yogyakarta.
Ni Luh, D. I. D. S. 2013. Elemen Visual Kemasan Sebagai Strategi Komunikasi Produk, dalam Jurnal Komunikasi PROFETIK Vol. 6, No. 1, April 2013.
Popon S. 2017. Kajian Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Jasa Perbankan, dalam Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 Juli 2017 Hal. 1-18 Online ISSN : 2540-8402 | Print ISSN : 2540-8399.
Reza W.P., & Narwanto N. 2022. Systematic Analysis Of Integrated Marketing Communication Research, dalam Journal of Marketing Management, Vol. 16, no. 2, October 2022, doi: 10.9744/marketing.16.2.104ÿ114 104ÿ114 p-ISSN 1907-235X / e-ISSN 2597-615X
Radja E. H., & Reza R. A. 2019. Konsep Integrated Marketing Communication Dalam Meningkatkan Brand Image Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, dalam Jurnal Pustaka Komunikasi, Vol. 2, No. 2, (September 2019) 181 – 193
Ruzqiyah U., & Rustono F. M. 2017. Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Yayasan Nurul Ibad Jakarta Timur, dalam Jurnal Bricolage Vol. 2 No. 2.
Santi S. 2006. Dari Komunikasi Pemasaran Ke Komunikasi Pemasaran Terpadu, dalam Jurnal Komunikologi Vol. 3 No. 2.
Smith, PR., Zook Ze. 2011. Marketing Communications Integrating offline and online with social media 5th Ed, Kogan Page, London.
Sri Suryati, dkk. 2024. Digital Marketing Konsep Dan Implementasi, Ureka Media Aksara, Probolinggo.
Sri Widyastuti. 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu Solusi Menembus Hati Pelanggan, FEB-UP Press, Jakarta.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif, Alfabeta, Bandung.
Suherman Kusniadji. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang), dalam Jurnal Komunikasi Vol. 8, No. 1, Juli 2016, Hal 83 – 98.
Tim penyusun. 2023. Buku Statistik Sektoral Daerah Kota Pekanbaru 2023, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Pekanbaru.
Umaimah W., & Menati R. F. 2018. Upaya Komunikasi Pemasaran Terpadu Televisi Lokal Melalui Budaya Lokal, dalam Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 6, No. 2, Desember 2018, hlm. 160-174.
Veby Z. R. 2019. Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek, dalam Inter Komunika: Jurnal Komunikasi | Vol 4, No 1, Th 2019, 75-87 | P-ISSN: 25483749 E-ISSN: 26154420.
Wiwin Y. 2018. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling, dalam QUANTA Volume 2, No. 2, Mai 2018.
Yasir. 2020. Buku Ajar Teori Komunikasi Ragam Tradisi dan Konteks, Taman Karya, Pekanbaru.
ptimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932
Wulandari, R. Y. (2016). Implementasi supervisi manajerial pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan. Manajer Pendidikan, 10(2).
Yusutria, Y. (2018). Analisis Mutu Lembaga Pendidikan Berdasarkan Fungsi Manajemen di Pondok Pesantren Thawalib Padang Sumatera Barat. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 61–68. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3833
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmi Diafitri, Rumyeni Rumyeni, Ringgo Eldapi Yozani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.