Pengaruh strategi 4P (Produk, Harga, Promosi, Tempat) terhadap loyalitas konsumen (studi kasus; CV. Fahri Pasuruan)

Authors

  • Eko Budi Utomo Universitas PGRI Wiranegara
  • Putri Yulandari Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jutin.v8i1.38917

Keywords:

Consumer Loyalty, Place, Price, Product, Promotion

Abstract

Consumer loyalty is an important factor that influences business competitiveness. This study aims to analyze the effect of product, price, promotion, and place on consumer loyalty at CV Fahri Pasuruan. The sample consists of 69 respondents selected using a non-probability sampling method. Data analysis was conducted using multiple linear regression with SPSS version 22. The results show that the product and price variables do not have a significant effect on consumer loyalty. In contrast, promotion and place have a positive and significant effect on consumer loyalty. Simultaneously, all four variables have a positive and significant effect on consumer loyalty, with a contribution of 46.4%. The remaining 53.6%

References

Christine, M. Y. 2023. Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran Dan Keuangan Produk Umkm Uyah Pencok Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 9(1), 103-109.

Cipto, R. C. P., & Huda, Y. P. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Cv. Harwi Pratama. Jurnal Geoekonomi, 11(1), 16-30.

Devina, A. 2023. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 307-317.

Ernaawati, F. Y., Musfiyana, R., & Armansyach, R. 2024. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J&T Express Di Kabupaten Kendal. Jurnal Bingkai Ekonomi (Jbe), 9(1), 67-78.

Ismanti, K. 2023. Analisis Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Umkm Di Depok. Sosio E- Kons, 15(1), 118-125.

Kotler Dan Armstrong, Bauran Pemasaran: Terdiri Dari “Harga (Price), Produk (Product), Tempat (Place), Dan Promosi (Promotion)”. 2019, 58

Krisnawang, I. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt.

Inspirasi Kuliner Indonesia Di Surabaya (Doctoral Dissertation, Stie Mahardhika Surabaya).

Makbul, M. 2021. Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.

Safitri, D. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Promosi, Tempat) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toserba Ummi Di Desa Mojomati Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Salwa, S. 2023. Analisis Penerapan Strategi Bauran Manajemen Pemasaran Terhadap Produk Tabungan Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Penabung Pada Bank Syariah Indonesia (Bsi). Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jmb), 4(1), 27-38.

Zuladi, N. 2021. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Di Mcdonald’s Danau Sunter/Nikita Zuladi/21169024/Pembimbing: Tumpal Jr SitinjakSugiyono, Populasi: Wilayah Generalisasi Yang Terdiri Atas Obyek Atau Subyek Yang Mempunyai Kualitas Dan Karakteristik Tertentu Yang Ditetapkan Oleh Peneliti. 2020, 126.

Wardani, D. K. 2020. Pengujian Hipotesis (Deskriptif, Komparatif Dan Asosiatif). Lppm Universitas Kh. A. Wahab Hasbullah.

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Utomo, E. B., & Yulandari, P. (2025). Pengaruh strategi 4P (Produk, Harga, Promosi, Tempat) terhadap loyalitas konsumen (studi kasus; CV. Fahri Pasuruan). Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN), 8(1), 851–858. https://doi.org/10.31004/jutin.v8i1.38917

Issue

Section

Articles of Research

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.