PENGARUH PERKEMBANGAN SEJARAH BANGSA INDONESIA TERHADAP PEMAHAMAN PANCASILA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Authors

  • Adelia Andhara Universitas Negeri Medan
  • Yusi Ayu Dia Putri Universitas Negeri Medan
  • Naysila Br Sitepu Universitas Negeri Medan
  • Filzah Nabila Zulkis Universitas Negeri Medan
  • Eva Fitri Atmaja Br Nst Universitas Negeri Medan
  • Anugrah Setiawan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53897

Keywords:

Sejarah Bangsa, Pancasila, Pemahaman Nilai, Mahasiswa, Ideologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji sejauh mana pemahaman mahasiswa mengenai sejarah bangsa Indonesia berpengaruh terhadap pemahaman mereka tentang nilai-nilai Pancasila. Lahir dari kondisi bahwa banyak mahasiswa memahami Pancasila secara normatif tanpa melihat latar sejarah yang melandasinya, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penguasaan sejarah berperan penting dalam membentuk pemahaman konseptual dan penghayatan nilai Pancasila. Mahasiswa dengan literasi sejarah yang baik mampu mengaitkan nilai Pancasila dengan realitas sosial dan akademik, sedangkan mahasiswa dengan pemahaman sejarah yang terbatas cenderung mengalami hambatan dalam menginternalisasi nilai Pancasila dan menunjukkan kesadaran kebangsaan yang rendah. Temuan ini menegaskan perlunya pembelajaran sejarah yang lebih kontekstual, interaktif, dan mendorong refleksi kritis untuk memperkuat pemahaman ideologis mahasiswa.

References

Aprilianto, A. (2020). Literasi sejarah dalam pembentukan karakter kebangsaan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(2), 112–123.

Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila. Paradigma.

Kuntowijoyo. (2013). Pengantar ilmu sejarah. Tiara Wacana.

Nugroho, R., & Wibowo, A. (2021). Bias sejarah pada generasi muda di era digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 45–57.

Sardiman, A. M. (2018). Pembelajaran sejarah berbasis kontekstual untuk penguatan nilai kebangsaan. Jurnal Sejarah dan Budaya, 12(1), 67–80.

Sulastri, N. (2020). Dampak model pembelajaran hafalan terhadap pemahaman sejarah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 8(3), 123–131.

Downloads

Published

2025-12-20

How to Cite

Andhara, A., Putri, Y. A. D., Sitepu, N. B., Zulkis, F. N., Nst, E. F. A. B., & Setiawan, A. (2025). PENGARUH PERKEMBANGAN SEJARAH BANGSA INDONESIA TERHADAP PEMAHAMAN PANCASILA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8739–8743. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53897

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.