PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI COOPERATIVE LEARNING BERBASIS MEDIA INTERAKTIF

Authors

  • Devi Meriska Simangunsong PTKKN Kementerian Agama RI
  • Tio Ermina Hutapea PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53574

Keywords:

Virtual Reality, Minat Belajar, Pendidikan Agama Kristen, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) kelas X di SMA Swasta PGRI-20 Siborongborong Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat belajar siswa terhadap PAK, yang ditandai dengan kurangnya partisipasi aktif, minimnya antusiasme, serta metode pembelajaran yang monoton dan kurang inovatif. Untuk itu, digunakan teknologi VR yang dinilai mampu menciptakan pembelajaran imersif, interaktif, dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari 64 siswa, kelas eksperimen (X-1) 32 siswa dan kelas kontrol (X-2) 32 siswa, kelas eksperimen yang menggunakan media VR, dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala Likert untuk mengukur lima indikator minat belajar: perasaan senang, ketertarikan, perhatian, keterlibatan, dan kesadaran. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan skor minat belajar sebesar 57,9% yang lebih tinggi setelah penggunaan media VR. 42,1% dipengaruhi oleh metode pembelajaran seperti diskusi kelompok besar, demonstrasi, dan tanya jawab beserta model pembelajaran. Temuan ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis VR efektif dalam meningkatkan minat belajar PAK siswa. Oleh karena itu, disarankan agar teknologi ini diintegrasikan lebih luas dalam pembelajaran PAK sebagai alternatif media yang kontekstual dan relevan dengan perkembangan zaman.

References

Alfiyah, M., & Widiyono, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(4), 511-518.

Aulia, H., Nurhalimah, A., Mandailina, V., Mahsup, Syaharuddin, Abdillah, & Zaenudin. (2023). Efektifitas Metode Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 1-7.

Dappa Ole, M. S., Ekowati, C. K., & Samo, D. D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divission Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 40-51.

Firmansyah, H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. JIMPS, 9(2), 524-532.

Larasati, N., Situmorang, J., & Tambunan, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Untuk Mata Pelajaran IPA SD. Jurnal TIK dalam Pendidikan, 8(2), 122-133.

Laratu, W., Mansyur, J., Wahyono, U., Haeruddin, Gustina, Djafar, S. M., Laratu, I. N., Samara, D., & Fikri. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Smp Negeri Model Terpadu Madani. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(4), 5130-5134.

Pomalo, N., Novian, D., Dwinanto, A., Mulyanto, A., Latiefs, M., & Muthia. (2022).

Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Terhadap Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 4(1), 1-11.

Rohim, D. C., Nugraha, Y. A., & Ganeztri, I. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Interaktif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Analisi Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.

Sijabat, M. P., Hutabarat, K., Sitorus, L., Salsabilla, & Khairunnisa. (2024). Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Kelas V Materi Harmoni dalam Ekosistem. Jurnal Basicedu, 8(3), 2398-2409.

Simbolon, L. P., Bharata, H., & Caswita, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 69-83.

Sutrisno, Konaah, S., & Indiati, I. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(2), 163.

Virliana, A. I., & Fauziah, L. S. N. (2025). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(01), 1-7.

Wafa, N., & Ismiyanti, Y. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Media Digital Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pelajaran Bahasa Indonesia. IPSSJ Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 2(2), 2612-2619.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101-112.

Yuliastuti, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Interaktif Terhadap Pemahaman Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif. ajengp23, 2, 99104.

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Simangunsong, D. M., & Hutapea, T. E. (2025). PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI COOPERATIVE LEARNING BERBASIS MEDIA INTERAKTIF. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8446–8451. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53574

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.