PERAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM PADA PROGRAM BTQ DALAM MENGUATKAN AKHLAK SISWA KELAS 7 SMPN 17 SURABAYA

Authors

  • Amanda Selena Sanchia UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abd. Syakur UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52998

Keywords:

Bimbingan dan Konseling Islam, BTQ, akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan peran Bimbingan dan Konseling Islam dalam pelaksanaan program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) serta kontribusinya dalam menguatkan akhlak siswa kelas 7 SMPN 17 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru PAI, guru BK dan siswa, observasi langsung terhadap kegiatan BTQ di sekolah, serta dokumentasi terkait program. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BTQ dilaksanakan dengan muatan pembinaan keagamaan sehingga meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an juga menumbuhkan semangat dan akhlak siswa. Dalam pelaksanaannya, Bimbingan dan Konseling Islam berperan dalam memberikan pendampingan psikologis dan spiritual kepada siswa yang mengalami hambatan psikologis serta berperan dalam pembinaan kedisiplinan. Dengan demikian, kolaborasi antara program BTQ dan layanan Bimbingan dan Konseling Islam efektif dalam menguatkan semangat spiritualitas dan akhlak siswa secara menyeluruh.

References

Abdurrahman, Konseling Islami (Perdana Publishing, 2019)

Azizah Nurrohmah, Nur Rohmah Hayati, Karim Mafatihudin, Lukman Widiatmoko, and Zulfa Humairo Wafiq Khairunnisa, Zainab Azzuhroh, ‘PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN PAGI RELIGI DI SMK N 3 PURWOREJO’, 3.2 (2024), pp. 1–23

Fahyuni, Eni Fariyatul, Buku Ajar Bimbingan Dan Konseling Islami Di Sekolah, Buku Ajar Bimbingan Dan Konseling Islami Di Sekolah, 2018, doi:10.21070/2018/978-602-5914-16-4

Faizah, Nadjematul, ‘Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah’, Pendidikan Islam, 11.1 (2022), pp. 1290–91, doi:10.30868/ei.v11i01.2427

Humaira, Tri Fajriah, and Yuda Prasetya, ‘Analisis Pengaruh Bimbingan Konseling Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Di Sekolah’, Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6.2 (2022), p. 209, doi:10.29240/jbk.v6i2.4788

Khuzie Sahala Hidayah, Septi Gumiandari, ‘TELAAH ISLAM ATAS PERKEMBANGAN MORAL MANUSIA MENURUT THOMAS LICKONA’, 5.1 (2025)

Mazid, Miftah Ilham, and Nurmawati, ‘Problematika Pembentukan Karakter Religius Siswa Pada Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 1 Sei Kepayang Timur’, JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 7 (2024), pp. 421–35

Murni, Anom Suryani Dwi, and Febri Widiandari, ‘Perkembangan Jiwa Keagamaan Remaja Prespektif Psikologi Agama’, An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 3.1 (2023), p. 61, doi:10.51806/an-nahdlah.v3i1.75

Patih, Nurrabia Bunga Mara, Safira Rona Mahmudah, and Yusron Masduki, ‘Peningkatan Baca Tulis Al Qur ’ an Melalui Matrikulasi BTQ Di SMA Muhamadiyah 1 Yogyakarta’, SEMNAS PLP, 2022, p. 1791

Rohman, Anas, ‘Peran Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Pendidikan’, Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 4.1 (2018), p. 136, doi:10.31942/pgrs.v4i1.1731

Suarningsih, NI Made, I Gusti Ngurah Santika, Ariance Rambu Bangi Roni, and Rai Jaya Kristiana, ‘Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Berbagai Perspektif ( Definisi , Tujuan , Landasan Dan Prakteknya )’, JOCER: Journal of Civic Education Research, 2.2 (2024), p. 62

Sukatin, Agatha Dianovi, Damayanti Siregar, Indi Mawaddah, and Suryaningsih, ‘Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Anak Bunarraqa, 8.2 (2022), pp. 1–12

Yasin, Muhammad, Siti Nilam, and Zaitun Zahra, ‘Penerapan Prinsip Dasar Keluarga Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah’, Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18.01 (2024), p. 2

Abdurrahman, Konseling Islami (Perdana Publishing, 2019)

Azizah Nurrohmah, Nur Rohmah Hayati, Karim Mafatihudin, Lukman Widiatmoko, and Zulfa Humairo Wafiq Khairunnisa, Zainab Azzuhroh, ‘PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN PAGI RELIGI DI SMK N 3 PURWOREJO’, 3.2 (2024), pp. 1–23

Fahyuni, Eni Fariyatul, Buku Ajar Bimbingan Dan Konseling Islami Di Sekolah, Buku Ajar Bimbingan Dan Konseling Islami Di Sekolah, 2018, doi:10.21070/2018/978-602-5914-16-4

Faizah, Nadjematul, ‘Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah’, Pendidikan Islam, 11.1 (2022), pp. 1290–91, doi:10.30868/ei.v11i01.2427

Humaira, Tri Fajriah, and Yuda Prasetya, ‘Analisis Pengaruh Bimbingan Konseling Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Di Sekolah’, Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6.2 (2022), p. 209, doi:10.29240/jbk.v6i2.4788

Khuzie Sahala Hidayah, Septi Gumiandari, ‘TELAAH ISLAM ATAS PERKEMBANGAN MORAL MANUSIA MENURUT THOMAS LICKONA’, 5.1 (2025)

Mazid, Miftah Ilham, and Nurmawati, ‘Problematika Pembentukan Karakter Religius Siswa Pada Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 1 Sei Kepayang Timur’, JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 7 (2024), pp. 421–35

Murni, Anom Suryani Dwi, and Febri Widiandari, ‘Perkembangan Jiwa Keagamaan Remaja Prespektif Psikologi Agama’, An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 3.1 (2023), p. 61, doi:10.51806/an-nahdlah.v3i1.75

Patih, Nurrabia Bunga Mara, Safira Rona Mahmudah, and Yusron Masduki, ‘Peningkatan Baca Tulis Al Qur ’ an Melalui Matrikulasi BTQ Di SMA Muhamadiyah 1 Yogyakarta’, SEMNAS PLP, 2022, p. 1791

Rohman, Anas, ‘Peran Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Pendidikan’, Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 4.1 (2018), p. 136, doi:10.31942/pgrs.v4i1.1731

Suarningsih, NI Made, I Gusti Ngurah Santika, Ariance Rambu Bangi Roni, and Rai Jaya Kristiana, ‘Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Berbagai Perspektif ( Definisi , Tujuan , Landasan Dan Prakteknya )’, JOCER: Journal of Civic Education Research, 2.2 (2024), p. 62

Sukatin, Agatha Dianovi, Damayanti Siregar, Indi Mawaddah, and Suryaningsih, ‘Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Anak Bunarraqa, 8.2 (2022), pp. 1–12

Yasin, Muhammad, Siti Nilam, and Zaitun Zahra, ‘Penerapan Prinsip Dasar Keluarga Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah’, Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18.01 (2024), p. 2

Downloads

Published

2025-12-20

How to Cite

Sanchia, A. S., & Syakur, A. (2025). PERAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM PADA PROGRAM BTQ DALAM MENGUATKAN AKHLAK SISWA KELAS 7 SMPN 17 SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8847–8853. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52998

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.