ANALISIS PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Evi Ina Silalahi Universitas Negeri Medan
  • May Sari Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.52618

Keywords:

Metode Bernyanyi, Teknik Artikulasi, Kemampuan Bicara Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan metode bernyanyi di TK Pelangi, Medan. Metodologi yang diterapkan adalah deskripsi kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara mendalam terhadap dua orang guru di dua kelas. Menurut teori, teknik bernyanyi mencakup beberapa metode yang perlu diterapkan oleh seorang guru, yakni artikulasi, pernapasan, frasering, postur tubuh, dan resonansi. Penggunaan metode bernyanyi oleh guru kepada anak dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak, karena saat anak mendengarkan lagu dan benar-benar tertarik, lirik-lirik dalam lagu tersebut dapat membantu anak memahami dan mengingat isinya dengan baik. Pada saat penerapan metode bernyanyi yang dilakukan guru, ada satu teknik yang penting untuk dikuasai yaitu teknik artikulasi. Artikulasi merupakan perubahan bentuk rongga mulut dan ruang dalam saluran suara yang berfungsi untuk menghasilkan bunyi dalam berbicara. Dalam bernyanyi, artikulasi merujuk pada pengucapan kata-kata dalam lirik lagu dengan jelas dan benar. Hal ini penting karena saat guru bernyanyi, suara dan intonasinya harus jelas agar anak-anak dapat memahami pesan yang disampaikan oleh guru. Pada Artikulasi juga memiliki bagian yaitu artikulasi konsonan dan artikulasi vokal, dengan penguasaan artikulasi oleh guru maka pengucapan pada setiap lirik akan jelas dan benar.

References

Afifah., N., L., N., R. (2021). Gangguan Artikulasi pada Anak Usia 5-6 Tahun. IAIN Palayangka Raya. Vol. 1. No.2.

Anisah., Alam. (2021). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Pada Kelompok A di RA Assanuusiyah. Cimahi. Vol. 4. No. 4.

Dewi., A. D. S. (2024) Pengantar Artikulasi: Panduan Praktik Belajar Artikulasi Bagi Pemula. PT Literasi Nusantara Abadi Grup. Malang.

Hanifah., T. M. & Atika, A. R. (2020). Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Tebak Gambar. Ceria (Ceria Energik Responsif Inovatif Adaptatif), 3 (1), 11. 21

Mardiah & Ismet. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun. Universitas Negeri Padang. Vol. 5. No. 1.

Muhtarom., M., et all (2023) Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Almawaddah Semarang. Universitas PGRI Semarang. Vol. 1 (2).

Mustakim. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi di Tk Yazida Nw Tanggar.

Paputungan., F. T., & Lapian, A. (2020). Penerapan Metode Imitasi Dan Drill Pada Paduan Suara Manado Independent School. Clef: Jurnal Musik dan Pendidikan Musik.

Sihite., et all. (2023). Penerapan Teknik Artikulasi Dalam Bernyanyi Pada Paduan Suara SMA Negeri Lintong Nihuta. Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Vol. 1. No. 5.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Silalahi, E. I., & Lubis, M. S. (2025). ANALISIS PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 8052–8056. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.52618

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.