MENGHADAPI TANTANGAN INOVASI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA ERA SOCIETY 5.0: AI SEBAGAI SOLUSI DI SD SWASTA PAB 34 PATUMBAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51214Keywords:
Artificial Intelligence (AI), Inovasi Materi Ajar, Society 5.0, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Artificial Intelligence (AI) sebagai solusi dalam menghadapi tantangan inovasi materi ajar Bahasa Indonesia di era society 5.0 di SD Swasta PAB 34 Patumbak. Tantangan utama yang dihadapi guru adalah kesulitan dalam menyusun modul dan materi pembelajaran yang kreatif dan relevan dengan kebutuhan teknologi zaman sekarang. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi video liputan dengan guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI sangat membantu guru dalam mempercepat pembuatan materi ajar serta memberikan inspirasi konten yang variatif, meskipun tetap memerlukan revisi manual oleh guru. AI juga berperan dalam mempermudah pekerjaan guru dan meningkatkan efisiensi persiapan pembelajaran. Namun, keterbatasan teknologi dan akses siswa menjadi hambatan yang masih perlu diatasi. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa AI bukan sebagai pengganti guru, melainkan pendukung inovasi pembelajaran di era society 5.0.References
Apriliani, D. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra , 7(1), 15-21.
Batubara, H.A., Ghazali, A., & Bangun, O. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligency (AI) dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(7), 3953-3957.
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan
Spotlight, 27(5), 47–50.
Hamida, E., Andika, C., Aroma, N., Hadevi, M., & Rifa’i, R. (2025). AI sebagai Asisten Pembelajaran: Bagaimana Teknologi Membantu Personalisasi Pendidikan untuk Setiap Siswa. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 6580–6585.
Hayuningsih, R.T., Khasanah, M.A., & Majid, F. (2025). Inovasi Pendidikan untuk Menghadapi Era Society 5.0 dalam Mempersiapkan Generasi Masa Depan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 153-158.
Judijanto, L., Nisa, R., Fatulloh, M.A., & Amin, A. (2024). Pengaruh Kecerdasan Buatan terhadap Pengembangan Kognitif dalam Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL), 4(5), 358-368.
Rahmawati, A., Amirah, S.N., & Wijaya, N. (2025). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Tinggi Indonesia: Peluang, Tantangan, dan Kerangka Implementasi. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 6(1), 114-126.
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01-12.
Rizal, M.A.S. (2024). Eksplorasi Penggunaan AI Generatif untuk Menciptakan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menarik dan Efektif. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(3), 7080-7095.
UNESCO. (2018). UNESCO ICT Competency Framework for Teachers: Version 3.
UNESCO. (2022). K-12 AI Curricula: a Mapping of Government-Endorsed AI Curricula (Technical Report ED-2022/FLI-ICT/K-12).
Yulisetiani, S., Winarni, R., Slamet, St. Y., IS, J., Poerwanti., & S, M.I. (2022). Merancang Bahan Ajar Digital Berwawasan Budaya Nusantara untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jiwana Nurinsani, Stephanie Br Sipayung, Mutiara Angelica Hasian Sihite, Kaila Azzahra Yasmin, Huraiyah Jiratullah, Daniel Christian Sinaga, Tri Indah Prasasti, Nurul Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




