PERBEDAAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI TK BLESSING KIDS

Authors

  • Theresia Sidauruk Universitas Negeri Medan
  • May Sari Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51211

Keywords:

Gerak dan lagu, Perkembangan Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan metode gerak dan lagu terhadap perkembangan kognitif anak usia 5–6 tahun di TK Blessing Kids. Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan di mana anak mengalami kesulitan dalam mengingat informasi sederhana dan sering lupa terhadap materi yang telah disampaikan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, menggunakan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 16 anak usia 5–6 tahun di TK Blessing Kids. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes menggunakan media kartu gambar dan dianalisis berdasarkan indikator penilaian. Selanjutnya data diuji menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis melalui uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam perkembangan kognitif anak setelah diberikan perlakuan menggunakan metode gerak dan lagu. Hal ini dapat diidentifikasi melalui rata-rata skor pretest yang diikuti oleh 16 anak mencapai 39% dapat dikategorikan "Sangat Kurang", dan meningkat menjadi 82% pada posttest yang diikuti oleh 16 anak termasuk dalam kategori "Sangat Baik". Hal ini menunjukkan bahwa metode gerak dan lagu berpengaruh signifikan terhadap peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini.

References

Fajzrina, N., Putri, A., & Rahmawati, D. (2023). Perkembangan kognitif dan emosional anak usia 5 tahun melalui gerak dan lagu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 112–120.

Hariati, S., & Utami, R. D. (2025). Penerapan model pembelajaran kontekstual pada anak usia dini di RA Panca Bakti Kabupaten Labuhan Batu Utara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 8(2), 3888–3892.

Kamtini, Tanjung, H., & Eriani, L. (2021). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif pembelajaran. Jurnal Golden Age, 5(1), 34–45.

Khadijah. (2016). Perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 45–54.

Nusir, S., & Malini, R. (2020). Aktivitas gerak dan lagu sebagai strategi pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 67–74.

Putro, K. Z. (2021). Psikologi perkembangan anak. Jakarta: Prenada Media.

Siahaan, H. (2023). Peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini melalui metode bermain bola warna-warni di RA Fadnur Aisyah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1731–1734.

Sutrisno. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep, teori, dan praktik. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, H., Siregar, R., & Sari, L. (2025). Pendidikan anak usia dini dan perkembangan optimal. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 10(1), 1–12.

Yus, A., & Saragih, S. (2023). Pendidikan anak usia dini: Teori dan praktik. Medan: Penerbit Universitas Negeri Medan.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Sidauruk , T., & Lubis, M. S. (2025). PERBEDAAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI TK BLESSING KIDS . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7778–7781. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51211

Similar Articles

<< < 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.