SUARA GURU TENTANG AI DALAM PENDIDIKAN: ANTARA HARAPAN, KEKHAWATIRAN, DAN REALITAS

Authors

  • Nur Fatimah Universitas Negeri Medan
  • Poppy Amalia Universitas Negeri Medan
  • Dia Ananda Putri Universitas Negeri Medan
  • Johannes Bagas Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Icut Aprilla Universitas Negeri Medan
  • Uhal Yedija Sihotang Universitas Negeri Medan
  • Tri Indah Prasasti Universitas Negeri Medan
  • Nurul Azizah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51210

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Pendidikan, Perspektif Guru

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi perspektif guru terhadap implementasi kecerdasan buatan(AI) dalam dunia pendidikan, dengan fokus pada dinamika kompleks antara harapan yang tinggi, kekhawatiran yang mendalam, dan realitas praktis di lapangan. Melalui pendekatanKualitatif yang melibatkan wawancara mendalam dengan 150 guru dari berbagai jenjang pendidikan, survei komprehensif, dan observasi langsung di kelas, penelitian ini mengungkap spektrum pandangan yang beragam mengenai peran AI dalam transformasi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru (78%) memiliki harapan besar terhadap potensi AI untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, personalisasi pengajaran, dan otomatisasi tugas-tugas administratif. Para guru melihat AI sebagai alat yang dapat membantu mengidentifikasi gaya belajar siswa, menyediakan feedback real-time, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih adaptif. Namun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi kekhawatiran signifikan yang dialami guru, termasuk ketakutan akan penggantian peran manusia (65% responden), keraguan terhadap kualitas konten yang dihasilkan AI (58%), dan keprihatinan mengenai ketergantungan teknologi yang berlebihan pada siswa (72%). Aspek privasi dan keamanan data juga menjadi perhatian utama, dengan 84% guru menyatakan kebutuhan akan regulasi yang lebih ketat. Dalam konteks realitas implementasi, penelitian mengungkap kesenjangan antara ekspektasi dan praktik sehari-hari.Keterbatasan infrastruktur teknologi di sekolah, kurangnya pelatihan yang memadai, dan resistensi terhadap perubahan menjadi hambatan utama dalam adopsi AI. Hanya 34% guru yang melaporkan memiliki akses dan kemampuan yang cukup untuk mengintegrasikan AI secara efektif dalam praktik mengajar mereka. Temuan ini mengindikasikan perlunya pendekatan holistik yang melibatkan peningkatan literasi digital guru, pengembangan kebijakan yang tepat, dan penyediaan dukungan teknis yang berkelanjutan untuk mewujudkan potensi positif AI dalam pendidikan.

References

Apriadi, R.T. and Sihotang, H. (2023) ‘Transformasi Mendalam Pendidikan Melalui Kecerdasan Buatan: Dampak Positif bagi Siswa dalam Era Digital’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), pp. 31742–31748.

Apriliana, S. R. (2025). Peran Guru dalam Memanfaatkan AI untuk Pembelajaran Bahasa Inggris yang Adaptif Meningkatkan Literasi Digital. Karimah Tauhid, 4(7), 4589-4607.

Balyen, L., & Peto, T. (2019). Promising artificial intelligence–machine learning–deep learning algorithms in ophthalmology. Asia-Pacific Journal of Ophthalmology, 8(3), 264–272. https://doi.org/10.22608/APO.2018479

Chassignol, M., Khoroshavin, A., Klimova, A., & Bilyatdinova, A. (2018). Artificial Intelligence trends in education: A narrative overview. Procedia Computer Science, 136, 16–24. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.233

Darulanda, H., Padangjati, A. N., & Al-marami, Z. (2023). Narasi Populer tentang AI dalam Pendidikan: Studi Literatur Wacana Daring Pendahuluan. 3(2), 99–109.

History, A., Attribution-, C., & License,I. (2024). Peranan Ai Dalam Sektor Pendidikan: Meningkatkan Pembelajaran Melalui Personalisasi. 5(1), 1–15.

Jaya, H., Sabran, D., Pd, M., Ma, M., Djawad, Y. A., Sc, M., Ilham, A., Ahmar, A. S., Si, S., & Sc, M. (2018). Kecerdasan Buatan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Kaffah, F. M., Syekh, I., & Cirebon, N. (2023). Revitalisasi Kurikulum : Mengoptimalkan AI untuk Meningkatkan Relevansi Pembelajaran. 01(06), 357–363.

Kudriani, N., Murdana, F., & Muriati, L. (2023). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Proses Pembelajaran Pendahuluan. 3(3), 129–139.

Liriwati, F.Y. (2023) ‘Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan’, IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), pp. 62–71

Marlin, K. et al.(2023) ‘Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi’, Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), pp. 5192–5201.

Muhamad, F. (2025). AI Dalam Pendidikan: Solusi Inovatif Atau Ancaman Bagi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).

Nuha, M. U., Atikoh, N., Safitri, M., Khoiriyah, U., & Alhasan, S. (2024). AI dan Guru di Dunia Pendidikan: Bukan Kompetisi, tapi Kolaborasi. Sosaintek: Jurnal Ilmu Sosial Sains dan Teknologi, 1(4), 229-240.

Pabubung, M. R. (2021). Epistemologi kecerdasan buatan (AI) dan pentingnya ilmu etika dalam pendidikan interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152-159.

PabubungMR. 2021. Human Dignity Menurut Yohanes Paulus II dan Relevansiterhadap Kecerdasan Buatan (AI). Jurnal Teologi.10(1):49-70.

Pertiwi, A. (2023). Mengoptimalkan Pengalaman Belajar menggunakan AI dalam Dunia Pendidikan pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja.

Pokhrel, S. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan Untuk Personalisasi Pengalaman Belajar. Αγαη, 15(1), 37–48.

Prabowo, S., & Gafur, A. (2025). Artificial Intelligence untuk Pendidikan Dasar: Penguatan Peran Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Teknologi. Indonesian Journal of Community Service in Education, 1(1), 36-46.

Purwanto, A., Fahlevi, H., & Suryanto, T. (2021). Digitalisasi dalam pendidikan dasar: Antara tuntutan dan kesiapan guru. Journal of Educational Research and Practice, 11(3), 45–56. https://doi.org/10.5590/JERAP.2021.11.3.03

Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 2(1), 124–134.

Rienties, B., Køhler Simonsen, H., & Herodotou, C. (2020). Defining the Boundaries Between Artificial Intelligence in Education, Computer-Supported Collaborative Learning, Educational Data Mining and Learning Analytics: A Need for Coherence. Frontiers in Education, 5(July), 1–5. https://doi.org/10.3389/feduc.2020.00128

Siswanto, R., Kusmawan, U., Sukmayadi, D., & Abidin, A. A. (2024). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PERENCANAAN , PELAKSANAAN , DAN EVALUASI PEMBELAJARAN OLEH MAHASISWA. 06(02), 143–158.

Sobron, M., & Lubis. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 1–7.

Supriadi, S. R. R. P., Haedi, S. U., & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 192-198.

Talenta, P. I., Febrianto, A. R., & Palangan, B. I. (2024). Pelatihan Optimalisasi AI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru-Guru MGMP Bahasa Inggris SMA / MA Kota Semarang. 4, 259–269.

Ulimaz, A., Cahyono, D., Dhaniswara, E., Arifudin, O., & Rukiyanto, B. A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312-9319.

Wahyudi, T. (2023). Studi Kasus Pengembangan dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 28–32.

Wisky, I. A., Akhiyar, D., & Robianto, R. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kecerdasan Buatan ( AI ) SYLLABY Sebagai Alat Bantu Mengerjakan Tugas Sekolah Bagi Santriwan / wati TPQ Mushalla Nurul Haq. 01(01), 8–14.

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15-20.

Zhai, X., Chu, H. E., & Wang, M. (2021). How artificial intelligence enhances teaching and learning in STEM education: Evidence from practice. Computers & Education, 164, 104114.https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104114

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Fatimah, N., Amalia, P., Putri, D. A., Sitorus, J. B., Aprilla, I., Sihotang, U. Y., … Azizah, N. (2025). SUARA GURU TENTANG AI DALAM PENDIDIKAN: ANTARA HARAPAN, KEKHAWATIRAN, DAN REALITAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7791–7796. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51210

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)