IMPLEMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS VIDEO ANIMASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUHADATSAH SISWA DI ERA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Fathur Rusydi Amar STAI Darul Hikmah Aceh Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51091

Keywords:

Flipped classroom, Video Animasi Digital, Muhadatsah, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pembelajaran muhadatsah (percakapan) bahasa Arab seringkali tidak efektif karena metode tradisional yang berfokus pada hafalan di kelas, sehingga waktu untuk praktik berbicara setiap siswa menjadi sangat terbatas. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan dan kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi aktif menggunakan bahasa Arab. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research. Untuk teknik analisis data, penelitian ini akan menggunakan analisis isi kualitatif (qualitative content analysis) dan analisis konsep. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1). Definisi dan urgensi adalah bahwa model flipped classroom berbasis video animasi sangat relevan untuk meningkatkan muhadatsah di era Kurikulum Merdeka. Model ini membalik urutan belajar tradisional: siswa mempelajari materi inti (kosakata, ungkapan) via video animasi yang menarik di rumah, sehingga waktu di kelas dapat difokuskan sepenuhnya untuk praktik percakapan. Hal ini selaras dengan semangat "Merdeka Belajar" yang berpusat pada siswa. 2). Peta jalan implementasi adalah bahwa implementasinya terbagi dalam tiga tahap. Pertama, Pra-Kelas: guru membuat & membagikan video animasi singkat beserta panduannya. Kedua, Di Kelas: waktu digunakan untuk simulasi percakapan, role-play, dan games berbahasa dengan guru sebagai fasilitator. Ketiga, Pasca-Kelas: guru memberikan umpan balik dan tugas lanjutan untuk memperdalam kemampuan. 3). Dampak dan refleksi adalah bahwa model ini terbukti efektif meningkatkan penguasaan kosakata, kelancaran, dan terutama kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Arab. Tantangan utamanya adalah kesiapan infrastruktur digital dan kebutuhan akan pergeseran paradigma guru dan siswa menuju pembelajaran yang lebih mandiri.

References

Aida, M. and MZ, I. (2024). Penerapan Metode Muhadatsah ( Percakapan ) untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara bagi Santriwati di Pondok Pesantren Al-Munawwarah Jombang. tadris, 12(2), 495-517. https://doi.org/10.21274/tadris.2024.12.2.495-517

Alwasilah, A. C. (2020). Merdeka Belajar: Kritik dan Solusi Pembelajaran Bahasa di Indonesia. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Anggraini, P. and Wulandari, S. (2020). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Annas, I. (2024). Pengembangan klub bahasa di pondok pesantren darunnajah: analisis tantangan dan strategi peningkatan keterampilan berbahasa arab. bisma, 2(1), 243-254. https://doi.org/10.61159/bisma.v2i1.280

Arifin, S. (2021). Media Pembelajaran Digital: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arslan, A. (2020). A systematic review on flipped learning in teaching english as a foreign or second language. Journal of Language and Linguistic Studies, 16(2), 775-797. https://doi.org/10.17263/jlls.759300

Budiman, H. (2023). Flipped Classroom: Strategi Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Devani, C. and Muchtar, A. (2025). Efektivitas media kartu talk or dare dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab siswa kelas xi di ma al wathoniyah 43 jakarta utara. Muhadasah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 18-32. https://doi.org/10.51339/muhad.v7i1.3878

Dewi, B. (2023). Implementation of the class 6 teaching campus program to improve students' literacy and numeracy abilities at smpn 2 lenek. Polyhedron Int. J. Math. Educ., 1(2), 94-105. https://doi.org/10.59965/pijme.v1i2.49

Doo, M. (2021). Understanding flipped learners’ perceptions, perceived usefulness, registration intention, and learning engagement. Contemporary Educational Technology, 14(1), ep331. https://doi.org/10.30935/cedtech/11368

Ebner, M., Schön, S., Braun, C., Ebner, M., Grigoriadis, Y., Haas, M., … & Taraghi, B. (2020). Covid-19 epidemic as e-learning boost? chronological development and effects at an austrian university against the background of the concept of “e-learning readiness”. Future Internet, 12(6), 94. https://doi.org/10.3390/fi12060094

Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulenga, E. and Prieto, J. (2020). Is covid-19 the gateway for digital learning in mathematics education?. Contemporary Educational Technology, 12(2), ep269. https://doi.org/10.30935/cedtech/7949

Nurdini, D. (2025). Analisis penggunaan platform media sosial sebagai sarana praktik muhadatsah: studi kasus mahasiswa sastra arab. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 1727-1733. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.736

Öztürk, M. and Çakıroğlu, Ü. (2021). Flipped learning design in efl classrooms: implementing self-regulated learning strategies to develop language skills. Smart Learning Environments, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40561-021-00146-x

Petratos, S., Botha, R., & Mtshabe, M. (2024). Digital skills’ impact on the use of digital learning tools. European Conference on E-Learning, 23(1), 299-306. https://doi.org/10.34190/ecel.23.1.2995

Pratiwi, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Implementasi dan Evaluasi di Satuan Pendidikan. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Rahma, S. and Fatma, Y. (2025). The contribution of vocabulary memorization in muhadatsah learning at mas medan. Ihya Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 11(2), 325. https://doi.org/10.30821/ihya.v11i2.25577

Reis, D., Fleury, A., & Carvalho, M. (2020). Consolidating core entrepreneurial competences: toward a meta-competence framework. International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research, 27(1), 179-204. https://doi.org/10.1108/ijebr-02-2020-0079

S. and Fauzan, M. (2024). Development of pdf flipbook as muhadatsah learning media for students. Al-Lisan, 9(2), 200-217. https://doi.org/10.30603/al.v9i2.5018

Setyosari, P. (2023). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan: Edisi Kelima. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sharman, L., Chee-Awai, A., & Legron-Rodriguez, T. (2025). Exploring student perceptions of engagement and learning in a flipped forensic chemistry course. Journal of Chemical Education, 102(7), 2600-2608. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5c00129

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Yustina, Y., Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 9(3), 408-420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706

Zhao, J. and Abidin, M. (2024). Analysis of student engagement and learning effectiveness in college english flipped classroom. Journal of Education and Educational Research, 8(2), 315-318. https://doi.org/10.54097/jf2dbw96

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Amar, F. R. (2024). IMPLEMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS VIDEO ANIMASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUHADATSAH SISWA DI ERA KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19436–19445. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51091

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 

You may also start an advanced similarity search for this article.