PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK HURUF MELALUI PIPE CLEANER PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SIDIKALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50258Keywords:
Kemampuan Mengenal Bentuk Huruf, Alat Peraga, Pipe Cleaner.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan membandingkan kemampuan mengenal bentuk huruf pada anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah menggunakan pipe cleaner di TK Negeri Pembina Sidikalang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah satu kelas kelompok B yang berjumlah 20 anak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi berbasis rating scale dengan empat indikator. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan anak meningkat dari 8,5 (53,12%) pada pretest menjadi 11,3 (76,62%) pada posttest. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan nilai = 9,473 (> = 2,093), menunjukkan perbedaan yang signifikan. Analisis N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,36 yang termasuk kategori sedang. Dengan demikian, penggunaan pipe cleaner berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mengenal bentuk huruf, meskipun masih diperlukan penguatan, pengulangan, dan pendampingan dalam pembelajaran.References
Aisyah, D. S., Rahayu, E. T., Ulya, N., & Aisyah, D. (2022). Workshop Kreasi Media Pipe Cleaner Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Bagi Guru Paud Di Ra Abata Mardhotillah Kabupaten Karawang. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1768–1773.
Alya, afifah nur, Aisyah, dewi siti, & Putri, feronoica eka. (2024). Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Melalui Media Pipe Cleaner Pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Dzikrurrahman Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 87–94.
Dwiyono, & Kristiono, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Minat Belajar Siswa-Siswi Paud Kristen Se-Kabupaten Banyumas. Jurnal Shema, 1(1), 1–12.
Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Uisa Dini. Jakarta: Kencana.
Ramadhani, M. S., Ilyas, S. N., & Syamsurdi. (2023). Implementasi Project Based Learning sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA VI Manggala. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, X, 1–11.
Srinahyanti &Sari, W, W. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Medan
Sugiyono. (2014). Metode Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tyas, F., Khotimah, N., & Mas’udah. (2022). Pengaruh Kegiatan Membatik Jumputan Menggunakan Pipe Cleaners Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendikia, 10(4), 317–330.
Yeni, A., & Hartati, S. (2020). Studi Literatur: Stimulasi kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan menguraikan kata di taman kanak-kanak Alwidjar Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 608–616.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nina Desywati Simbolon, Srinahyanti Srinahyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




