PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, MANAJEMEN KELAS DAN SARANA PRASARANA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA KONSENTRASI KEAHLIANAKUNTANSI SMK NEGERI 13 MEDAN

Authors

  • Rahulina Barus Universitas Negeri Medan
  • Jufri Darma Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48730

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran, Manajemen Kelas ,Kompetensi Profesional Guru, Partial Least Square (PLS), Sarana Prasarana.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum efektifnya pembelajaran siswa konsentrasi keahlian akuntansi di SMK Negeri 13 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran siswa Konsentrasi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 13 Medan, pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran siswa konsentrasi keahlian Akuntansi SMK Negeri 13 Medan, pengaruh sarana prasarana Berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran siswa konsentrasi keahlian akuntansi SMK Negeri 13 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 13 Medan, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas X dan XI konsentrasi keahlian Akuntansi yang berjumlah 141 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Simpel Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 95 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam peneliltian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, Koefisien Jalur dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis yang diperoleh dari rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,70. Dari data perhitungan, untuk hipotesis pertama kompetensi professional guru berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,030 < 0,05. Selanjutnya untuk hipotesis kedua manajemen kelas berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian untuk hipotesis ketiga sarana prasarana berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,008 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi professional guru berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran siswa, manajemen kelas berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran siswa, dan sarana prasarana berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa.

References

Ainiyah, Ummi Zahrotul, Linda Nadia Luffianti, Ainiyatun Nadhifah, and Singgih Bektiarso. 2024. “Strategi Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Aktif.” Jurnal Ilmu Pendidikan 1 (2): 63–66.

Aluf, Siti Maryam Wilda Al. 2020. “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Kelas 3 Tingkat Wustha.” Jurnal Kependidikan Islam 10 (2): 224–38. https://doi.org/10.15642/jkpi.2020.10.2.224-238.

Alvira, Erina Mifta, Arel Vaganza, Andromeda Putri, and Bagus Setiawan. 2024. “Analisis Permasalahan Belajar: Faktor-Faktor Efektivitas Proses Pembelajaran Pada Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2 (1): 142–53.

Amruddin, S Pt. 2022. “Paradigma Kuantitatif, Teori Dan Studi Pustaka.” Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif 1.

ansori. 2015. “efektifitas suatu pembelajaran.” jurnal ilmiah uin suka riau 3 (april): 49–58.

Bararah, Isnawardatul. 2020. “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10 (2): 351–70.

Cendana, Wiputra, and Adelia Juanita. 2022. “Upaya Guru Mengimplementasikan Manajemen Kelas Terhadap Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Melalui Peraturan Dan Prosedur.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8 (2): 2526–36.

Dewi, Trie Indah, and Triana Rosalina Noor. 2024. “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Syarifah Sidoarjo.” MANAZHIM 6 (1): 23–36.

Dila, Azahra, Fitri Novianti Baihaqi, Syahla Habibah, and Arita Marini. 2024. “Studi Pustaka Tentang Peran Fasilitas Sekolah Dalam Mendukung Efektivitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (3): 9.

Evertson, Carolyn M. 1994. Classroom Management for Elementary Teachers. ERIC.

Fathurrahman, Arif, Sumardi Sumardi, Adi E Yusuf, and Sutji Harijanto. 2019. “Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork.” Jurnal Manajemen Pendidikan 7 (2): 843–50. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334.

Gultom, Cicilia, Romaito Sihombing, Lentiar Gultom, and Lili Tansliova. 2024. “Analisis Efektivitas Problem Based Learning Dalam Mengatasi Permasalahan Guru.” Indonesian Journal of Education and Development Research 2 (2): 1048–52.

hair jr, joseph f, g tomas m hult, christian m ringle, marko sarstedt, nicholas p danks, and soumya ray. 2021. partial least squares structural equation modeling (pls-sem) using r: a workbook. springer nature.

Hermawan, Iwan, and M Pd. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

ILMI, ZUL. 2022. “Peran Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran.” Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 3 (2): 181–200. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2879/2201.

Indrawan, Bisma, and Rina Kaniawati Dewi. 2020. “Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada Pt Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017.” Jurnal E-Bis 4 (1): 78–87.

Inggritiya, Sefti Eka, Anisa Eka Mauladhani, Indah Ayu Safitri, and Singgih Bektiarso. 2024. “Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Kelas Terhadap Kenyamanan Siswa Dan Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan| E-ISSN: 3062-7788 1 (3): 84–89.

Irawan, M Nur Lukman. 2023. “Pengaruh Manajemen Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Sekolah Islam.” An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 2 (3): 84–91.

irfan, irfan, alimin alwi, asriani mulia basrii, and rusdiana tugi. 2022. “pengaruh pengelolaan kelas terhadap efektivitas pembelajaran di smkn 1 kendari.” jurnal eduscience 9 (3): 818–29.

Jannah, Saniatu Nisail, and Uep Tatang Sontani. 2018. “Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3 (1): 210.

kais, mochamad tholchah. 2020. “pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar dengan moderasi kurikulum 2013.” indonesia journal of pedagogy 1 (1): 28–33.

Lubis, Maulida Agustina B R. 2024. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar.” Khidmat 2 (1): 150–57.

Marwiyah, S. 2019. “Kompetensi Profesionalisme Guru Dan Peranannya Dalam Mengimplementasikan Kurikulum.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 8 (2): 51–66

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Barus, R., & Darma, J. (2025). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, MANAJEMEN KELAS DAN SARANA PRASARANA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA KONSENTRASI KEAHLIANAKUNTANSI SMK NEGERI 13 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6770–6779. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48730

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.