PERAN PEMBELAJARAN OBSERVASIONAL DAN VIKARIUS DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI ABAD 21 PADA KURIKULUM MERDEKA: SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA BERDASARKAN TEORI BANDURA

Authors

  • Felix Trisuko Nugroho Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.47893

Keywords:

Pembelajaran Observasional, Pembelajaran Vikarius, Kompetensi Abad 21, Kurikulum Merdeka, Teori Kognitif Sosial

Abstract

Di era digital saat ini, peserta didik dituntut memiliki kompetensi abad 21 seperti berpikir kritis, kreatif, mampu bekerja sama, dan berkomunikasi efektif. Kurikulum Merdeka hadir sebagai upaya pendidikan di Indonesia yang memberikan ruang fleksibel bagi siswa untuk berkembang secara lebih mandiri dan aktif. Artikel ini merupakan kajian literatur yang membahas peran penting pembelajaran observasional dan vikarius dalam mendukung pencapaian kompetensi tersebut, dengan mengacu pada Teori Kognitif Sosial dari Albert Bandura. Melalui penelusuran berbagai penelitian terdahulu, ditemukan bahwa proses belajar melalui pengamatan terhadap model yang positif (seperti guru, tean, atau tokoh inspiratif) memiliki pengaruh besar terhadap motivasi, efikasi diri, dan penguasaan keterampilan siswa. Selain itu, pembelajaran vikarius di mana siswa belajar dari pengalaman dan konsekuensi yang dialami orang lain terbukti mampu memperkuat kemampuan mengatur diri dan beradaptasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi pengalaman observasional dan vikarius secara terencana dalam Kurikulum Merdeka mampu mendukung perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk merancang pembelajaran yang memberi ruang bagi siswa mengamati, meniru, dan merefleksikan perilaku positif. Artikel ini merekomendasikan pelatihan guru agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang kaya akan model dan pengalaman sosial yang bermakna untuk membekali siswa menghadapi tantangan zaman.

References

Agustina, D. (2015). Hubungan Efikasi Diri dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri di Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 4(2), 87–98.

Amabile, T. M. (1996). Creativity in context. Westview Press.

Anderson, L. W., & Stillman, J. (2019). Video Modeling in Pre-Service Teacher Education. Teaching and Teacher Education, 85, 123–132. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.06.005.

Bandura, A. (2001). Social Cognitive Theory: An Agentic Perspective. Annual Review of Psychology, 52, 1–26. Worth Publishers.

Bandura, A. (2015). Moral Disengagement: How People Do Harm and Live with Themselves. Worth Publisher.

Basri, H. (2019). Teori Belajar Sosial: Aplikasi dalam Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Fauziah, N., & Fitriani, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Observasional terhadap Pengembangan Empati Sosial dan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 8(1), 89–102.

Fink, A. (2019). Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper (5th ed.). SAGE Publications.

Herawati, E., & Rachmawati, N. (2020). Simulasi Peran dan Pembelajaran Karakter: Penerapan Teori Bandura dalam Konteks Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 77–89.

Huang, Y. M., Chen, J. N., & Tsai, C. C. (2023). Augmented Reality for Social Learning. Educational Technology Research and Development, 71(2), 451–474. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10176-8.

Kementerian Pendidikan, K. R. (2022). Panduan Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kim, H., & Suh, E. E. (2018). The Effects of Simulation-Based Learning on Student Nurses. Nurse Education Today, 61, 67–73.

Luo, W., Lee, K., & Wang, J.;. (2022). The impact of modeling on self-efficacy and engagement in project-based learning. Journal of Educational Psychology, 114(3), 578–591.

Machi, L. A., & McEvoy, B. T. (2016). The Literature Review: Six Steps to Success (3rd ed.). Corwin Press.

Marzano, R. J., & Heflebower, T. (2017). Teaching and Assessing 21st Century Skills. Marzano Research.

Nadolski, R. J., Kirschner, P. A., & Hummel, H. G. (2013). Enhancing the effectiveness of virtual training environments: Vicarious learning opportunities. Interactive Learning Environments, 21(5), 445-461.

Nugroho, F. T., & Santoso, H. B. (2021). Penerapan Video Simulasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 123–135.

Pajares, F. (2016). Overview of Social Cognitive Theory and Self-Efficacy. Educational Research Bulletin.

Panadero, E., Brown, G. T. L., & Strijbos, J. W. (2023). The role of social comparison and feedback in self-regulated learning. Educational Psychologist, 58(1), 1–18.

Rahmawati, R., & Sugiharto, B. (2021). Pembelajaran Proyek dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 18(2), 45–56.

Rahmawati, R., & Sugiharto, B. (2021). Pembelajaran Proyek dalam Kurikulum Merdeka: Strategi Pengembangan Kompetensi Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 18(2), 45–56.

Rizky, D. N., & Marlina, S. (2023). Simulasi Digital untuk Kompetensi Abad 21. Prosiding Semnas Teknodik (pp. ISBN: 978-602-61639-5-1.). Jakarta: UNJ.

Sari, M. E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 45–56.

Sari, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 150-159.

Schunk, D. H. (2020). Learning Theories: An Educational Perspective (8th ed.). Pearson Education.

Setiawan, R., & Firmansyah, D. (2023). Integrasi Demonstrasi dan Simulasi dalam Pembelajaran Tematik untuk Mengembangkan 4C. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 4(1), 55–68.

Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice (13th ed.). Pearson.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Suhendar, D., & Lestari, M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kolaborasi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 144–158. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.18567.

Sunaryo, M. (2022). Psikologi Pendidikan dan Konsep Belajar Abad 21. Surabaya: Laksana Ilmu.

Sutarto, R. (2021). Modeling dalam Pembelajaran untuk Penguatan Karakter Abad 21. Prosiding Semnas Pendidikan Karakter (pp. ISBN: 978-602-6898-92-1.). Malang: UM Press.

Suyanto, S., & Asep, J. (2019). Menuju Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualitas Guru di Era Abad 21. Jakarta: Erlangga.

Widodo, S. A. (2021). Psikologi Pembelajaran: Teori dan Aplikasinya dalam Kurikulum Merdeka. Malang: Literasi Nusantara.

Zimmerman, B. J. (2020). Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91.

Downloads

Published

2025-08-09

How to Cite

Nugroho, F. T. (2025). PERAN PEMBELAJARAN OBSERVASIONAL DAN VIKARIUS DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI ABAD 21 PADA KURIKULUM MERDEKA: SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA BERDASARKAN TEORI BANDURA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7093–7099. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.47893

Similar Articles

<< < 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.