DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PROKRAKSINASI PERSERTA DIDIK (STUDI SURVEI DI SMA NEGERI MUHAMMADIYAH 23 JAKARTA)

Authors

  • Rusydi Hasyim Universitas Islam Jakarta
  • Yuli Marlina Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47712

Keywords:

Tiktok, Media Sosial, Prokrastinasi Akademik, Perilaku Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri Muhammadiyah 23 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI, dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang disusun untuk mengukur intensitas penggunaan TikTok dan tingkat prokrastinasi akademik. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis korelasi, dan regresi linier sederhana melalui bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan TikTok dan prokrastinasi akademik, namun tingkat korelasinya tergolong lemah (r = 0,280). Hal ini menunjukkan bahwa meskipun penggunaan TikTok berpengaruh terhadap prokrastinasi, pengaruh tersebut tidak dominan. Faktor lain seperti motivasi belajar, manajemen waktu, dan lingkungan belajar dinilai lebih signifikan dalam memengaruhi perilaku prokrastinasi siswa. Penelitian ini menyarankan peran aktif sekolah, guru, dan orang tua dalam memberikan edukasi penggunaan media sosial secara bijak serta pembinaan keterampilan manajemen waktu agar siswa mampu mengembangkan kebiasaan belajar yang positif dan bertanggung jawab.

References

Abiera, M. D. (N.D.). The Extent Of Social Media Utilization And Academic Procrastination. In United International Journal For Research & Technology (Vol. 05).

Alt, D., & Boniel-Nissim, M. (2022). Links Between Adolescents’ Deep And Surface Learning Approaches, Problematic Internet Use, And Fear Of Missing Out (Fomo). Internet Interventions, 13, 30–39. Https://Doi.Org/10.1016/J.Invent.2018.05.002

Anderson, K. E. (2020). Getting Acquainted With Social Networks And Apps: It Is Time To Talk About Tiktok. Library Hi Tech News, 37(4), 7–12. Https://Doi.Org/10.1108/Lhtn-01-2020-0001

Astari, A. Z., & Nastiti, D. (2023). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Researchjet Journal Of Analysis And Inventions, 2(3). Https://Doi.Org/10.47134/Researchjet.V2i3.1

Ayu Septi Fauji, D., Editor Amin Tohari, M., Linawati, Ms., Nurdiwati, D., Bambang Agus Sumantri, M., Rose Mita Lukiani, E., Dhiyan Septa Wihara, Mp., Reviewer Sugiono, M., Subagyo, M., Samari, M., & Rr Foryjati, M. (N.D.). Editorial Team Editor In Chief.

Dewi, R., Wibowo, R. ;, Prasetiyo, H., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (N.D.). Popularitas Tiktok: Menggali Degradasi Moral Remaja Dalam Bermedia Sosial.

Gede Yudha Septiana. (2022). Interactive Multimedia Based On Articulate Storylines In The Topic Of Plant Anatomy And Physiology.

Ichwan, M. N., Pabbajah, M., & Amin, F. (2024). Digitization Of Religious Tafsir: The Fading Of Indonesian Ulama Authority In Post Truth Era. Digitization Of Religious Tafsir: The Fading Of Indonesian Ulama Authority In Post Truth Era, 25(2), 320–345. Https://Doi.Org/10.14421/Qh.V25i2.5545

Lilhawaditsi, M., Satrio Prabowo, A., Dwi Nurmala, M., Dan Konseling, B., Sultan Ageng Tirtayasa, U., Kunci, K., Panduan, B., Self Management, T., & Akademik, P. (1955). Buku Panduan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik. In Journal Of Education Research (Vol. 5, Issue 2).

Metin-Orta, İ. (2020). Fear Of Missing Out, Internet Addiction And Their Relationship To Psychological Symptoms. Addicta: The Turkish Journal On Addictions, 7(1), 67–73. Https://Doi.Org/10.15805/Addicta.2020.7.1.0070

Hayuni Nur Layli. (2022). Pemanfaatan Konten Tiktok Sebagai Media Interaksi Kepada Khalayak (Studi Pada Akun Tiktok @Lsf_Ri) Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik.

Omar, B., & Dequan, W. (2020). Watch, Share Or Create: The Influence Of Personality Traits And User Motivation On Tiktok Mobile Video Usage. International Journal Of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 121–137. Https://Doi.Org/10.3991/Ijim.V14i04.12429

Rahmawati, F., Si, M., Bimbingan Penyuluhan, J., Fakultas, I., Adab, U., & Dakwah, D. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Tiktok Terhadap Prokrastinasi Akademik Remaja Kelas Vii Di Smpn 1 Babadan Ponorogo.

Rizvi, B., & Parihar, I. (N.D.). The Impact Of Social Media Addiction On Academic Procrastination: A Comparative Study Of Undergraduate And Postgraduate Students In Lucknow City. 12. Https://Doi.Org/10.25215/1203.255

Svartdal, F., & Løkke, J. A. (2022). The Abc Of Academic Procrastination: Functional Analysis Of A Detrimental Habit. In Frontiers In Psychology (Vol. 13). Frontiers Media S.A. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2022.1019261

Tatnall, A. (2021). Editorial For Eait Issue 3, 2021. In Education And Information Technologies (Vol. 26, Issue 3, Pp. 2429–2444). Springer. Https://Doi.Org/10.1007/S10639-021-10562-8

Tiwi, L. P., Upa, M. D. P., & Apriliana, I. P. A. (2025). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Phubbing Dikalangan Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 3(1). Https://Doi.Org/10.35508/Jbkf.V3i1.20471

Triyono, S. (2025). Analysis Of The Tiktok Social Media Phenomenon For Students: A Case Study Of The Millennial Generation Syarifuddin. The Kalimantan Social Studies Journal, 6(2), 2716–2346. Https://Doi.Org/10.20527/Kss

Widiawati, N., Violinda, Q., & Nastiti, P. R. (2025). Pengaruh Future Time Perspective, Career Adaptability Dan Literasi Digital Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Semester Akhir Di Kota Semarang. Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 4(2), 71–82. Https://Journal2.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Jibeka

Wijianti Laila Khumi. (2023). Hubungan Kecanduan Media Sosial Dengan Kemampuan Perhatian Selama Megikuti Proses Belajar Pada Mahasiswa.

Ye, B., Wu, D., Im, H., Liu, M., Wang, X., & Yang, Q. (2020). Stressors Of Covid-19 And Stress Consequences: The Mediating Role Of Rumination And The Moderating Role Of Psychological Support. Children And Youth Services Review, 118, 105466. Https://Doi.Org/10.1016/J.Childyouth.2020.105466

Zufiya Astari, A., & Nastiti, D. (N.D.). Relationship Between Academic Stress And Student Academic Procrastination [Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa].

Zulli, D., & Zulli, D. J. (2022). Extending The Internet Meme: Conceptualizing Technological Mimesis And Imitation Publics On The Tiktok Platform. New Media And Society, 24(8), 1872–1890. Https://Doi.Org/10.1177/1461444820983603

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Hasyim, R., & Marlina, Y. (2025). DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PROKRAKSINASI PERSERTA DIDIK (STUDI SURVEI DI SMA NEGERI MUHAMMADIYAH 23 JAKARTA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6356–6365. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47712

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.