KONSELING KELOMPOK TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XI REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK MUHAMMADIYAH 02 PALERAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47019Keywords:
Konseling Kelompok, Teknik Behavior Contract, Perilaku MembolosAbstract
Di kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak SMK Muhammadiyah 02 Paleran, terungkap bahwa 6 dari 29 siswa membolos. Berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah, diketahui bahwa teknik behavior contract belum diterapkan. Teknik ini merupakan kesepakatan antara konselor dan konseli untuk mengubah perilaku tertentu, seperti kurang semangat belajar, tidak percaya diri, tidak menyukai pelajaran, sulit konsentrasi, sering meninggalkan kelas, gangguan tidur, kurang perhatian keluarga, tidak senang dengan guru, ikut-ikutan teman, dan hambatan ekonomi. Menurut Mustaqim dan Wahib, ciri siswa yang sering membolos antara lain sering absen, tidak memperhatikan guru, berperilaku berlebihan, meninggalkan kelas sebelum selesai, tidak berminat belajar, tidak punya cita-cita, dan tidak mengerjakan tugas. Penelitian ini merupakan eksperimen untuk mengetahui hubungan sebab-akibat melalui tiga tahap, yaitu pre-test, pemberian layanan, dan post-test. Instrumen yang digunakan adalah angket langsung dengan 55 item dan 4 pilihan jawaban untuk mengungkap pengaruh konseling kelompok teknik behavior contract terhadap perilaku membolos siswa.References
Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 14(1). Peneliti2
Fauziyah, N. V., & Others. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 5(1), 17–21. Abc
Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku Negatif Siswa: Bentuk, Faktor Penyebab, Dan Solusi Guru Dalam Mengatasinya. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An, 7(2). Bolos03
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Nusantara, 3(2), 150–165. Peneliti1
Mahfud, N. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Berbasis Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Untuk Mengurangi Dampak Bullying Di Sekolah.
Marisa, C., Yekti, W. B., & Karneli, Y. (2020). Konseling Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Sekolah Di Tingkat Menengah Kejuruan. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 330–338. Bolos02
Ningsih, D. K., Hambali, I. M., & Rahman, D. H. (2021). Keefektifan Teknik Behavior Contract Dalam Bingkai Konseling Kelompok Behavioral Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Efektor, 8(2), 176–183. Manfaat1
Puaraka, P. P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Membolos (Survey Kelas X Tkr Di Smk Palapa Semarang). Emphaty Cons-Journal Of Guidance And Counseling, 2(2), 21–29. Bolos6
Rahayu, W. D., Hendriana, H., Fatimah, S., & Others. (2020). Perilaku Membolos Peserta Didik Ditinjau Dari Faktor-Faktor Yang Melatarbelakanginya. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(3), 99–106. Bolos05
Rasimin, M. P., & Hamdi, M. (2021). Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Bumi Aksara. Pengaruh4
Rayani, D., Gunawan, I. M., & Erdiansyah, F. (2021). Pengaruh Teknik Konseling Behavioral Terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas X Smk Nurul Islam Sekarbela. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1). Perilaku01
Rohana, S., Pamungkas, B., & Diyanti, S. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Terlantar (Studi Kasus Di Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan). Wardah, 21(2), 80–107. Asas1
San Sanjaya, T. (2020). Pelaksanaan Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Viii Smp N 2 Bandar Lampung [Uin Raden Intan Lampung]. Prinsip01
Sari, D. P., Sembiring, F., Sulisdianto, D. P., Jentiner, Y., & Suratno, E. (2020). Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Memprediksi Faktor Siswa Membolos (Studi Kasus: Faktor Siswa Membolos Di Smpn 1 Parakansalak). Jurnal Restikom: Riset Teknik Informatika Dan Komputer, 2(1), 1–7. Bolos7
Setiawati, S. M. (2020). Perilaku Membolos: Penyebab, Dampak, Dan Solusi. Pd Abkin Jatim Open Journal System, 1(2), 99–108. Bolos01
Setyaningrum, C. U., Damiri, D. S., & Sari, R. P. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Dalam Mengatasi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas X Di Smk Negeri 1 Katibung. Pengaruh
Widiyanti, A., Yuhenita, N. N., & Sugiyadi, S. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok Behavior Contract Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(1), 58–63. Pengaruh01
Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 14(1). Peneliti2
Fauziyah, N. V., & Others. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 5(1), 17–21. Abc
Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku Negatif Siswa: Bentuk, Faktor Penyebab, Dan Solusi Guru Dalam Mengatasinya. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An, 7(2). Bolos03
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Nusantara, 3(2), 150–165. Peneliti1
Mahfud, N. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Berbasis Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Untuk Mengurangi Dampak Bullying Di Sekolah.
Marisa, C., Yekti, W. B., & Karneli, Y. (2020). Konseling Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Sekolah Di Tingkat Menengah Kejuruan. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 330–338. Bolos02
Ningsih, D. K., Hambali, I. M., & Rahman, D. H. (2021). Keefektifan Teknik Behavior Contract Dalam Bingkai Konseling Kelompok Behavioral Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Efektor, 8(2), 176–183. Manfaat1
Puaraka, P. P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Membolos (Survey Kelas X Tkr Di Smk Palapa Semarang). Emphaty Cons-Journal Of Guidance And Counseling, 2(2), 21–29. Bolos6
Rahayu, W. D., Hendriana, H., Fatimah, S., & Others. (2020). Perilaku Membolos Peserta Didik Ditinjau Dari Faktor-Faktor Yang Melatarbelakanginya. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(3), 99–106. Bolos05
Rasimin, M. P., & Hamdi, M. (2021). Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Bumi Aksara. Pengaruh4
Rayani, D., Gunawan, I. M., & Erdiansyah, F. (2021). Pengaruh Teknik Konseling Behavioral Terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas X Smk Nurul Islam Sekarbela. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1). Perilaku01
Rohana, S., Pamungkas, B., & Diyanti, S. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Terlantar (Studi Kasus Di Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan). Wardah, 21(2), 80–107. Asas1
San Sanjaya, T. (2020). Pelaksanaan Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Viii Smp N 2 Bandar Lampung [Uin Raden Intan Lampung]. Prinsip01
Sari, D. P., Sembiring, F., Sulisdianto, D. P., Jentiner, Y., & Suratno, E. (2020). Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Memprediksi Faktor Siswa Membolos (Studi Kasus: Faktor Siswa Membolos Di Smpn 1 Parakansalak). Jurnal Restikom: Riset Teknik Informatika Dan Komputer, 2(1), 1–7. Bolos7
Setiawati, S. M. (2020). Perilaku Membolos: Penyebab, Dampak, Dan Solusi. Pd Abkin Jatim Open Journal System, 1(2), 99–108. Bolos01
Setyaningrum, C. U., Damiri, D. S., & Sari, R. P. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Dalam Mengatasi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas X Di Smk Negeri 1 Katibung. Pengaruh
Widiyanti, A., Yuhenita, N. N., & Sugiyadi, S. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok Behavior Contract Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(1), 58–63. Pengaruh01
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aida Khusnul Hotimah, Fakhruddin Mutakin , Yurike Kinanthy Karamoy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




