PENGARUH KEGIATAN PENANAMAN PILAR KARAKTER TERHADAP KARAKTER MANDIRI, DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Riski Septiadevana Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
  • Lia Triani Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
  • Melina Oktaviani Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.45941

Keywords:

Pendidikan Karakter, Mandiri, Disiplin, Tanggung Jawab, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan karakter menjadi fokus utama dalam upaya membentuk generasi yang mampu menghadapi tantangan abad ke-21. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi perlu diimbangi dengan karakter yang baik sejak usia dini. Namun, fenomena krisisnya moral masih menjadi tantangan bagi bangsa ini. Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menggalakkan program proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai bagian dari upaya ini. Siswa sekolah dasar merupakan masa yang tepat untuk menanamkan karakter, karena pada masa ini mereka berada pada tahap pembentukan kepribadian. Beberapa karakter dasar yang dibutuhkan sebagai fondasi penguatan moralitasnya adalah karakter mandiri, disiplin dan tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan penanaman pilar karakter terhadap karakter mandiri, disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini menerapkan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian pre experimental one group pretest-posttest, melibatkan 40 siswa kelas IV di SD Karakter Tapos. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang sudah di validasi konstruk oleh pakar dan reliabel dengan nilai α = 0,88. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada karakter siswa setelah mendapatkan perlakuan, dengan rata-rata skor posttest lebih tinggi sebesar 3,39 dibandingkan pretest sebesar 3,25. Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan penanaman pilar karakter secara terstruktur memiliki pengaruh positif terhadap karakter mandiri, disiplin dan tanggung jawab siswa.

References

Agung, N. Y. (2022). Peranan Guru Sebagai Evaluator Terhadap Hasil Belajar Kota Semarang. Jurnal Spirit Edukasia, 02(02), 272–280.

Andriani, T. P., Rahayu, D. W., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2024). Kultur Sekolah dalam Membangun Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa dalam Membangun Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 162–167. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.748

Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Arrasyid, F. I., & Istiqomah. (2021). The Needs of Developing English Teacher’s Professional Competence In the 21st Century. International Journal of Education and Humanities, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.58557/ijeh.v1i2.16

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912

Ferren, & Silitonga, B. N. (2024). Peran Guru sebagai Penuntun dalam Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Murid : Sebuah Kajian Epistemologi Kristen. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 6(1), h.40-52.

Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 686–692.

Hikmawati, H., Yahya, M., Elpisah, E., & Fahreza, M. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4117–4124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2717

Irayanti, I., & Sundawa, D. (2023). Children See, Children Do: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Moral Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3057–3066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4362

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Lavy, S. (2020). A Review of Character Strengths Interventions in Twenty-First-Century Schools: their Importance and How they can be Fostered. Applied Research in Quality of Life, 15(2), 573–596. https://doi.org/10.1007/s11482-018-9700-6

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di ABAD 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Maryono, Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri di Sekolah Dasar. Journal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 20–38. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750

Megawangi, R. (2007). Pendidikan Karakter. INDONESIA HERITAGE FOUNDATION.

Ndraha, L. D. M., Djara, J. I., Nitiasih, P. K., & Riastini, P. N. (2024). DI INDONESIA DAN AMERIKA. 5(4).

Nee, C. C., & Yunus, M. M. (2020). RollRoll Dice: An Effective Method to Improve Writing Skills among Year 3 Pupils in Constructing SVOA Sentences. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2368–2382. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080621

Nurmala, A., R., M. D., & Sobari, A. (2020). Hubungan Pendidikan Dengan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Perspektif Guru. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 10. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a2.2020

Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129

Ratri, M. A., & Atmojo, S. E. (2024). Urgensi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Di Indonesia. Wawasan Pendidikan, 4(1), 266–278. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16882

Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2274

Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta, 138.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1113. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12684

Wardani, W., & Faridah, F. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 2(2), 118. https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.10149

Yunarin, A., & Destiana, E. (2024). Penanaman Karakter Mandiri pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar-Rahmah Tenggulunan Candi Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 13. https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.407

Downloads

Published

2025-08-08

How to Cite

Septiadevana, R., Triani, L., & Oktaviani, M. (2025). PENGARUH KEGIATAN PENANAMAN PILAR KARAKTER TERHADAP KARAKTER MANDIRI, DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7069–7078. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.45941

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.