PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI SISTEM SARAF
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45908Keywords:
LKPD Berbasis Guided Inquiry, R&D Model Thiagarajan, Sistem SarafAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis guided inquiry pada materi sistem saraf. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2024 di SMA Negeri 1 Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model Thiagarajan (4D). Instrumen penelitian yaitu lembar angket, untuk validator ahli materi, validato ahli media, pendidik, peserta didik, kepraktisan dan uji kelayakan. Subjek uji coba pada penelitian yaitu 29 peserta didik dari kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Batang Kuis untuk mengetahui penilaian LKPD melalui angket respon peserta didik dan uji kepraktisan untuk mengetahui kepraktisan LKPD kepada 10 peserta didik melalui angket uji kepraktisan. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh presentase 91,1%. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh presentase 95,5% atas kriteria sangat layak. Hasil respon pendidik diperoleh presentase 92,1% atas kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap LKPD diperoleh presentase 88,5%. atas kriteria sangat layak. Hasil uji kepraktisan diperoleh presentase 93,7% atas kriteria sangat praktis. Hasil dari keefektifan diperoleh dari ketuntasan belajar mencapai nilai KKM yaitu 80 diperoleh presentase 93,1% berada pada kriteria sangat efektif. Dengan demikian, lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis guided inquiry pada materi sistem saraf sudah layak dipergunakan pada saat proses pembelajaran.References
Ahyadi, Dewi Cahyani, dan Mujib Ubaidillah. (2018). Peningkatan Literasi Biologi dalam Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inquiry Terbimbing pada Konsep Ekosistem. Vol 1 No 3
Akil Musi, Muhammad dan Nurjannah. (2021). NEUROSAINS : Menjiwai Sistem Saraf dan Otak. Kencana
B,K, Putri, A. Widiyatmoko. (2013). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Tema Darah Di SMP N 2 Tengaran. Vol. 2
Chalik, Raimundus. (2016). Anatomi Fisiologi Manusia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia
Chomaidi dan Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran : Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT Grasindo
Dewi Ardiyanti, Aprilia. (2020). Perspektif Al-Qur’an tentang Sel Saraf dalam Kajian Integrasi Agama dan Sains. Prosding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2622-9439, Vol 2
Dewi Sarina Putri, Selvi Riwayati. (2021). Pengembangan LKS Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantu Media Grafis. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. (2655-2752, Vol 3 No. 2)
Donni Junni Priansa. (2019). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia
Febriani Tanjung, Indayana dan Halimatussa’diyah, Enni. (2017). Biologi Umum. Medan: FITK UINSU
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4 (1), . 2406-9205
Jannah, M, dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Nilai Karakter Melalui Inkuiri Terbimbing Materi Cahaya Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Journal of Innovative Science Education. Vol. 1 (1)
Khoirul Anam. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri : Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kusumam, Aliangga, dkk. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 23 No 1
Leli, Nur, dan Mariaty Sipayung. (2019). Perancangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Learning) Pada Materi Sistem Ekskresi. 2338-3003.
Lestari Dewi, Nami, Nyoman Dantes, dan I Wayan Sadia. (2013). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Vol. 3
Margus Pedaste, dkk. (2015). Phases Of Inquiry-Based Learning: Definitions And The Inquiry Cycle. Educational Research Review: Elsevier. h.54 (http://dx.doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003)
Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik : Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Prastowo, Andi. (2016). Pengmbangan Bahan Ajar Tematik : Tujuan Teoritis Dan Praktik (Edisi Kedua). Jakarta:Kencana
Rahmaniati, Rita. (2024). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jawa Barat: Uwais Inspirasi Indonesia
Rahmat, dkk. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Sulawesi Tenggara: Universitas Halu Oleo (Prosiding SNPMAT II Tahun 2019 ISBN: 978-602-5835-13-1)
Rahmi Ramadhani, Nuraini Sri Bina. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Apliaksi SPSS. Jakarta: Kencana
Riswan Dwi Antoro, Muhammad Djasri Jangi, dan Muhammad Danial. (2021). Pengembangan LKPD Identifikasi Asam Basa Model Inkuiri Menggunakan Pendekatan Sets. (Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia: 2808-1226, Vol 2 No. 3)
Rohmah, Siti Nafilatul, dkk. (2024). Perspektif Al-Qur’an Tentang Sel Saraf Dalam Kajian Integrasi Agama Dan Sains. (Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa: 3025-0641, Vo. 2 No. 3)
Subana, Moersetyo Rahadi, Sudrajat. (2019). Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
Sugiyono. (2019). Metode Penelitin Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta
Susilawaty, Andi, dkk. (2022). Epidemiologi Lingkungan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologil
Widyoko, S. Eko Puro (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Zakkina Gais, Ekasatya Aldila Afriansyah. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Vol 6 No 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Seri Arbaiyah, Nirwana Anas, Kartika Manalu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




