ANALISIS KEMAMPUAN KRITIS MAHASISWA DALAM MEMBACA ARSIP UNTUK PENELITIAN SEJARAH PADA DINAS ARSIP SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45834Keywords:
Kemampuan Kritis, Arsip, Penelitian Sejarah, Pendidikan Sejarah.Abstract
Penelitian ini menganalisis kemampuan kritis mahasiswa Pendidikan Sejarah UNM dalam membaca arsip di Dinas Arsip Provinsi Sulawesi Selatan. Menggunakan pendekatan mixed methods (tes tertulis, observasi, wawancara) terhadap 68 mahasiswa, hasil penelitian menunjukkan variasi kemampuan: mahasiswa lebih kompeten dalam menganalisis arsip terstruktur (administratif) dan berbahasa Indonesia modern, namun kurang mampu mengevaluasi kredibilitas sumber, bias penulis, atau makna implisit pada arsip kultural (lontaraq) dan kolonial. Hambatan utama meliputi minimnya literasi budaya lokal dan pemahaman konteks historis holistik. Penelitian merekomendasikan integrasi literasi kearifan lokal, praktik analisis arsip beragam, serta kolaborasi multidisipliner untuk meningkatkan kompetensi kritis. Temuan ini relevan bagi pengembangan kurikulum sejarah dan pelestarian narasi lokal berbasis bukti.References
(ATMA), S. K.-S., & 2007, undefined. (n.d.). Sureq, Lontaraq, Toloq: Manuskrip dan Ragam Sastera Bugis. ukm.my. Diambil dari https://www.ukm.my/jatma/wp-content/uploads/makalah/SARI/SARI-2007-2500-11.pdf.pdf
Arkeologi, D. S.-B., & 2005, undefined. (2005). Etika penelitian. berkalaarkeologi.kemdikbud.go.id, 25(1), 17–22. https://doi.org/10.30883/jba.v25i1.906
Arsip, C., id, G. N.-B.-D. melalui website www. anri. go., & 2022, undefined. (n.d.). Arsip Nasional Republik Indonesia. jdih.anri.go.id, 62(7), 7810280. Diambil dari https://jdih.anri.go.id/storage/rules/January2024/uy4HVoYk3IxoSPgVenH1.pdf
Bahar, H., Ilmu, t. m.-k. a.-h. j., & 2015, undefined. (n.d.). Upaya pelestarian naskah kuno di badan perpustakaan dan arsip daerah provinsi sulawesi selatan. journal3.uin-alauddin.ac.id. Diambil dari https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/590
Bisnis, T. M.-J. K., & 2021, undefined. (n.d.). Pengelolaan arsip elektronik. jurnal.lpkia.ac.id. Diambil dari http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/324
Dan, P., & Arsip, P. (2014). Pemeliharaan dan pengamanan arsip. Diambil dari https://repository.ut.ac.id/4105/1/ASIP4320-M1.pdf
Darmansah, T., Nur, A., … H. S.-J. E. D., & 2024, undefined. (n.d.). Tantangan dan solusi dalam pengelolaan arsip di era digital. jurnal.ittc.web.id. Diambil dari https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jebd/article/view/1190
Doyle, L., Brady, A. M., & Byrne, G. (2009). An overview of mixed methods research. journals.sagepub.com, 14(2), 175–185. https://doi.org/10.1177/1744987108093962
Hidayat, R. (2021). Maskulinisme dalam Konstruksi Ilmu.
Ilmu, M. R.-K. al-H. J., & 2016, undefined. (n.d.). Pengelolaan arsip elektronik berbasis teknologi. journal3.uin-alauddin.ac.id. Diambil dari https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/1754
Informasi), M. F.-J. (Jurnal I. P. D., & 2018, undefined. (n.d.). Pentingnya arsip sebagai sumber informasi. academia.edu. Diambil dari https://www.academia.edu/download/91855372/266976326.pdf
Libria, A. N.-, & 2018, undefined. (n.d.). Preservasi arsip. jurnal.ar-raniry.ac.id. Diambil dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/2405
Morse, J. M., & Niehaus, L. (2016). Mixed method design: Principles and procedures. Mixed Method Design: Principles and Procedures, 1–194. https://doi.org/10.4324/9781315424538/Mixed-Method-Design-Janice-Morse
Muhidin, S., Winata, H., dan, B. S.-J. P. B., & 2016, undefined. (n.d.). Pengelolaan arsip digital. core.ac.uk. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/287321531.pdf
Rahmawati, H., Pujiastuti, P., Permata Cahyaningtyas, A., Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di se-Gugus II Kapanewon Playen, K. S., & Kidul Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol, G. (2023). Kategorisasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas empat sekolah dasar di SD se-gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. jurnaldikbud.kemdikbud.go.id, 8(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338
research, C. M.-J. of mixed methods, & 2017, undefined. (2017). The value of mixed methods research: A mixed methods study. journals.sagepub.com, 11(2), 202–222. https://doi.org/10.1177/1558689815607096
Roeliana, L., Yogopriyatno, J., & IP, S. (2023). Kearsipan.
Rosalin, S. (2017). Manajemen arsip dinamis.
Sosiohumanika, B. S.-, & 2014, undefined. (n.d.). Konflik, Kontrak Sosial, Dan Pertumbuhan Kerajaan-Kerajaan Islam Di Sulawesi Selatan. journals.mindamas.com. Diambil dari https://journals.mindamas.com/index.php/sosiohumanika/article/view/495
Tashakkori, A., methods, J. C.-J. of mixed, & 2007, undefined. (2007). The new era of mixed methods. journals.sagepub.com, 1(1), 3–7. https://doi.org/10.1177/2345678906293042
Teknologi, J., Bisnis, I., Rizky Asyari, M., Ramadhani, S., Sains, F., Teknologi, D., … Baru, S. (n.d.). Sistem informasi arsip surat menyurat. jurnal.unidha.ac.id, 3, 31–2021. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.172
Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pengantar Ringkas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Subair

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




