EVALUASI PROGRAM PERPUSTAKAAN KELILING DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN ACEH TENGAH MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP

Authors

  • Fitria Ramadhani Universitas Negeri Padang
  • Ardoni Ardoni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45719

Keywords:

Perpustakaan Keliling, Model CIPP, Evaluasi Program, Literasi, Layanan Informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program perpustakaan keliling yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tengah menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari petugas perpustakaan keliling, guru sekolah sasaran, dan pelajar penerima layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek konteks, layanan perpustakaan keliling memenuhi kebutuhan akses literasi masyarakat di daerah terpencil. Dari aspek input, keterbatasan sarana, koleksi, dan dana masih menjadi kendala utama. Aspek proses menunjukkan bahwa frekuensi kunjungan yang rendah dan keterbatasan kegiatan pendukung menyebabkan rendahnya efektivitas layanan. Sementara itu, dari aspek produk, program ini berdampak positif terhadap peningkatan minat baca siswa, meskipun keberlanjutannya masih menghadapi tantangan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan jumlah kendaraan operasional, peremajaan koleksi, dan pengembangan program literasi tambahan untuk meningkatkan efektivitas program perpustakaan keliling.

References

Bappeda Aceh Tengah. (2023). Peraturan Bupati Aceh Tengah Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2023-2026 (Vol. 1).

Basuki, Sulistyo. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. Abdi Pustaka: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990

Firmansyah, R. (2021). Efektivitas Layanan Perpustakaan Keliling di Wilayah Terpencil. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 10(2).

Gunanto, A. D. (2024). Peran Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Way Kanan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Smp N 2 Banjit. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Ar-Ruzz Media.

Lagantondo, H. (2023). Analisis Pelaksanaan Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Tiwaa (Studi Kasus di Desa Tiwaa Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morowali Utara). Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 25(1), 54–71.

Miles, M. . dan H. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourche Book of New Methods. Sage Publications.

Mujito. (1992). Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Keliling. Perpustakaan Nasional RI.

Nurkholis, O. (2021). Evaluasi Layanan Perpustakaan Di MTs N 1 Bandar Lampung. In Pharmacognosy Magazine (Vol. 75, Issue 17). Universitas islam negeri raden intan lampung.

Kahana, K.N, Ananda, A., & Wilyanti, D. (2023). Evaluasi Program Pelayanan Publik Mobil Perpustakaan Keliling dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa-Siswi Kabupaten Bintan. Publicness: Journal of Public Administration Studies, 2(4), 426–430.

Retnaningtiyas, A., & Sandra, O. A. (2024). Pemanfaatan Perpustakaan Keliling Terhadap Program Literasi di SD Islam Kurma Salatiga. 139–146.

Sutarno, N. (2006). Manajemen perpustakaan : Suatu pendekatan praktis. (Cet 2). Jakarta; Sagung Seto.

Tontowi, R. (2023). Inovasi Layanan Perpustakaan Keliling dalam Meningkatkan Minat Baca Anak. Jurnal Literasi Dan Pendidikan, 5(2).

UNESCO. (2022). Global Education Monitoring Report: Literacy for Sustainable Development.

Widyaningrum, T. F., Rahmawati, L. E., Dharojah, R. W., Fitria, C. N., & Darwis, D. (2024). Menggerakkan Roda Literasi: Inovasi Perpustakaan Keliling Sragen dalam Membangun Budaya Baca bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 4, 85–98.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Ramadhani, F., & Ardoni, A. (2025). EVALUASI PROGRAM PERPUSTAKAAN KELILING DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN ACEH TENGAH MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5124–5128. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45719

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.