PERAN KESIAPAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMKN 3 KOTA SOLOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45585Keywords:
Kesiapan Belajar, Konsentrasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya konsentrasi belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya kesiapan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesiapan belajar, mendeskripsikan konsentrasi belajar dan menganalisis hubungan kesiapan belajar dengan konsentrasi belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas XII Kuliner di SMKN 3 Kota Solok pada tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 61 orang. Teknik samping yang digunakan adalah sampling total. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket melalui google form dengan menggunakan skala likert yang telah teruji valid dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa kelas XII kuliner secara keseluruhan dalam kategori sedang dengan presentase 37.3%, konsentrasi belajar dalam kategori sedang dengan presentase 45.9% .Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara Kesiapan Belajar dengan Konsentrasi Belajar siswa kelas XII Kuliner di SMKN 3 Kota Solok.References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Abdurrahman, R., & Hadi, M. S. (2023). Hubungan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Communnity Development Journal, 4(2), 1529–1535. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13198/10228
Hariono, T. I., Handajani, S., Miranti, M. G., & Pangesthi, L. T. (2024). Pengembangan E-Modul Coklat Praline Berbasis Flip Pdf Professional Bagi Siswa SMK Kuliner. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 7. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.750
Hasibuan, A. S., Nelwati, S., & Mardison, S. (2020). Hubungan Kesiapan dengan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 6(1), 37–43. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/1751
Hikmah, M., & Anggita Maharani. (2023). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Sma Dalam Pembelajaran Matematika. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(3), 330–337. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i3.562
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Noviati, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (1970). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Man 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3010
Rally Negara, I. M., Saepudin, A., & Hakim, A. (2024). Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Salah Satu SMPN Kota Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 273–28 https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.12220
Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Karang Mekar 4 Banjarmasin. Berajah Journal, 1(2), 72-75
Slameto. (2021) Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lathifa Rufaidah, Wiwik Indrayeni, Wiwik Gusnita, Ezi Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




