MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI SOSIODRAMA DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK KELAS X-10 SMAN 1 MEJOBO

Authors

  • Ziyanatul Muazzarotin Nuzul Universitas Muria Kudus
  • Sumarwiyah Sumarwiyah Universitas Muria Kudus
  • Susilo Adi Pratomo SMA Negeri 1 Mejobo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44906

Keywords:

Kepercayaan Diri, Sosiodrama, Bimbingan Kelompok

Abstract

Kepercayaan diri adalah keyakinan untuk melakukan sesuatu pada diri sendiri sebagai karakteristik pribadi yang memiliki keyakinan akan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realistis. Kondisi siswa saat ini, tidak semua memiliki rasa percaya diri yang baik, ditandai dengan siswa yang pasif selama pembelajaran, takut untuk bertanya ataupun berpendapat. Perlu adanya pengintegrasian seluruh komponen yang ada dalam pendidikan untuk mengatasi hal ini, salah satu komponen yang terlibat adalah komponen Bimbingan dan Konseling untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama. Penelitian ini menekankan pada upaya meningkatkan rasa percaya diri peserta didik melalui Teknik sosiodrama pada bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen berupa Pre- Eksperimental Design dengan One Group Pretest –Posttest yaitu dengan cara memberikan perlakuan terhadap satu kelompok eksperimen dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terdapat perubahan peningkatan yang baik sehingga pada siklus II dimana penekanannya pada penguatan terhadap menemukan solusi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa sesuai dengan permasalahannya masing-masing, dengan tujuan agar para siswa kelas X semakin memahami mengapa rasa percaya diri harus dimiliki oleh setiap orang.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Husna L. N.Slamet F. A. (2023). Efektivitas Bimbingan Klasikal Menggunankan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik di MTs Islamiyah Sukopuro Malang. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 2(2).

MARBUN, R. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 7 DEPOK. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 120–128.

Parwati, Dyah Hedy Sastri, Dian Ari Widyastuti, and Yeni Muhliawati. (2020). "Upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi pada siswa kelas XI TKJ SMK Bhinnike Karya Simo”

Sartika, Mulia, and Hengki Yandri. (2019): 9-17. "Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya." Indonesian Journal of Counseling and Development 1.1.

Susilowati, P. S., Rakhmawati, D., & Hartini, T. (2022). KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TANJUNG. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 250–257.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Nuzul, Z. M., Sumarwiyah, S., & Pratomo, S. A. (2025). MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI SOSIODRAMA DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK KELAS X-10 SMAN 1 MEJOBO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4732–4735. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44906