STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DARUL MADANI DESA BANDAR SETIA

Authors

  • Rizkyah Latifah Universitas Negeri Medan
  • May Sari Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44551

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Kinestetik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeksripsikan strategi pembelajaran yang dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik pada anak melalui Teknik pembelajaran dan metode pembelajaran yang mencakup aktivitas fisik olahraga dan aktivitas fisik seni di RA Darul Madani Desa Bandar Setia. Strategi pembelajaran merupakan metode yang dipilih oleh guru untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar yang dapat mempengaruhi cara berpikir siswa. Kecerdasan kinestetik keterampilan yang berkembang melalui koordinasi tubuh melalui keseimbangan, kelenturan, kecepatan untuk menghasilkan ide atau gagasan melalui keterampilan dan kepekaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian merupakan 2 orang guru wali kelas Taqwa dan Tauhid di RA Darul Madani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan kinestetik dapat dikembangkan melalui teknik pembelajaran berupa aktivitas fisik olahraga dan aktivitas fisik seni juga dengan menggunakan metode demonstrasi pada kegiatan pembelajaran dan praktek langsung.

References

Anggraini, Denok Dwi. 2015. “Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Sirkuit Dengan Bola.” Jurnal PG--PAUD Trunojoyo 2 (1): 65–75.

Baroya, Epi Hifmi. 2018. Strategi Pembelajaran Abad 21. As-Salam. Vol. 1.

Dinia Rahmadani, Ilmiawati, and Narendra Dewi Kusumastuti. 2022. “Stimulasi Kecerdasan Kinestetik Melalui Seni Tari Tradisional Anak Usia 4-6 Tahun Di Sanggar Chandra Perfoming Art School.” Universitas Hamzanwadi 6 (01): 270–76.

Elya Siska Anggraini. 2021. “Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain.” Jurnal Bunga Rampai Usia Emas 7 (1): 27. https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25783.

Fauzi, Alex Haris, Firma Yudha, and Nurul Fatimah. 2021. “Strategi Pembelajatan Matematika Pada Anak Usia Dini Dalam Pengembangan Kecerdasan Kinestetik.” AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2 (1): 40–54.

Hasan, Muhammad, Rahmatullah, Ahmad Fuadi, Inanna, Nahriana, A Musyaffa, Badroh Rif’ati, et al. 2021. Strategi Pembelajaran. Penerbit Tahta Media Group.

Hasiana Tanjung, Salsabila, Kamtini Kamtini, Dwi Maya Novitri, and May Sari Lubis. 2022. “Stimulating Children’s Multiple Intelligences through Learning with The Concept of Play.” https://doi.org/10.4108/eai.11-10-2022.2325313.

Hidayati, Sri. 2021. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Edited by Fimeir Liadi. Cetakan pe. Surabaya: CV. Kanaka Media.

Ika Nur Safitri. 2023. “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Metode Bermain Peran Anak Usia 4 - 5 Tahun.” Basica; Journal of Primary Education vol 2 nor (6): 190–120.

Isa, Hidayati, and Zahratul Qolbi. 2020. “Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Bercerita Di TK Negeri 1 Padang Baru.” Jurnal Pelita PAUD 4 (2): 287–94. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.1013.

Kumala, Hena Safira Endah, Neila Ulfa Rahmania, and Sigit Purnama. 2022. “Impelementasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Senam Irama Di TK Islam Al Madina Sampangan Semarang.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 9 (1): 22–29. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13178.

Muhammad Afandi, S.Pd., M.Pd, M.Pd Evi chamalah, S.Pd., and M.Pd Oktarina Puspita Wardani, S.Pd. 2013. Model Dan Metode. Computer Physics Communications. Vol. 180.

Nur Nasution, Wahyudin. 2017. Strategi Pembelajaran. Edited by Asrul Daulay. Pertama. Medan: Perdana Publishing.

Nurhasanah, Siti. 2019. Strategi Pembelajaran. Edited by Arsena Rainy Sophe. Pertama. Jakarta Timur: Edu Pustaka.

Nursiti, Depi, Lukman Hamid, and Nisa Nurhidayah. 2020. “Efektivitas Metode Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini.” Al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan 1 (2): 27–44. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v1i2.12.

Raharjo, Budi. 2021. Optimalisasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Edited by Mariah Ulfa. Cetakan pe. banyumas: CV. Amerta Media.

Riza, Safrur, and Barrulwalidin Barrulwalidin. 2023. “Ruang Lingkup Metode Pembelajaran.” ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education 1 (2): 120–31. https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i2.157.

Rohmah, Ana Ainur, and Jauhari. 2020. “Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Multiple Intelligences.” PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 32–41. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.9.

Roni, Sinaga, Anada Leo Virganta, May Sari Lubis, and Artha Mahindra Diputra. 2022. “Pelatihan Guru Dalam Mengimplementasikan Aktivitas Bermain Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa.” Pendidikan Anak Usia Dini, 4.

Virganta, Anada Leo, Salsabila Hasiana Tanjung, and I Pendahuluan. 2020. “Model Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Dalam Merangsang Kecerdasan Musikal Pada Anak,” 2015–23.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Latifah, R., & Lubis, M. S. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DARUL MADANI DESA BANDAR SETIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4188–4202. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44551

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.