ANALISIS KOMPARASI EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN SECARA DARING DAN LURING
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44524Keywords:
Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, EfektivitasAbstract
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan telah mendorong perubahan signifikan dalam metode pembelajaran, terutama dalam adopsi pembelajaran daring sebagai alternatif dari pembelajaran luring. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan efektivitas pembelajaran daring dan luring berdasarkan berbagai indikator akademik, seperti pemahaman materi, motivasi belajar, interaksi sosial, serta pencapaian nilai akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka (literature review) dengan pendekatan sistematis berbasis PRISMA Flow Diagram. Studi ini mengkaji berbagai publikasi ilmiah dalam lima tahun terakhir yang membahas efektivitas kedua metode pembelajaran. Proses seleksi dilakukan melalui tahap identifikasi, penyaringan, evaluasi kelayakan, serta analisis kualitatif terhadap 10 artikel yang dianggap relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran luring lebih unggul dalam aspek interaksi sosial, keterlibatan siswa, dan efektivitas dalam membentuk karakter.References
Fadilatul, R., Tabroni, I., & Sari, R. P. (2021). Perbandingan kegiatan belajar daring dengan luring dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah dasar Islam Terpadu Kharisma Darussalam. Lebah, 14(2 SE-Articles), 36–40. https://plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/84
Hartanto, M. B., Putra, A. S., & Brajanoto, D. (2024). STUDI KOMPARATIF METODE PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH. Jurnal Multimedia Dan Android, 5(1), 1–12.
Hidayah, S., Mustikaning, W. A., & Yuniar, D. F. (2021). KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 40–44.
Hotimah, H., Wulida, M., & Indriana, D. (2025). Perbandingan Efektivitas Metode Pembelajaran Luring dan Daring Terhadap Pemahaman Siswa. 2(1), 441–448.
Imanika, A. D., Pangastuti, D. P., & Setiaji, B. (2023). Efektivitas Pembelajaran Luring dan Daring Bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2023. Jurnal Pendidikan Jarak Jauh, 1(1), 15. https://doi.org/10.47134/jpjj.v1i1.185
Langi, J. P., Learning, B., Berdiferensiasi, P., & Belajar, H. (2025). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PENDEKATAN BLENDED LEARNING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8, 1609–1618.
Ludyasari, S. T., Sudika, N., & Hidayat, R. (2022). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Pujut Kabupaten Lombok Tengah di Masa Pandemi Covid-19. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 4(2), 7–16. https://doi.org/10.29303/kopula.v4i2.2723
Ristanto, K. O., Primanata, D., Sidik, R. M., & ... (2023). Efektifitas Pembelajaran Luring dan Daring pada Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Era New Normal. Jurnal Pendidikan …, 7(2), 12830–12836. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/8432%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/8432/6884
Rohmanto, R., & Setiawan, T. (2022). Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use case dan Sequence Diagram. INTERNAL (Information System Journal), 5(1), 53–62. https://doi.org/10.32627/internal.v5i1.506
Sachputra, S. S., & Indrowaty, S. A. (2023). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sman 6 Malang. Jpbj, 9(2), 111–120.
Sappaile, B. I., Husnita, L., Putra, H. N., Marliani, G., Taryana, T., Daring, P., & Pembelajaran, K. (2025). DIGITAL DOSEN TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DI PERGURUAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8, 1150–1157.
Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif, - kualitatif dan r &. d. Alfabeta.
Yuliati, A. D., & Yulistiana. (2023). Perbandingan Efektifitas Pembelajaran Daring dan Luring pada Mata Pelajaran Desain Busana. Jurnal Online Tata Busana, 12(1), 48–57.
Zenab, A. S., & Sukawati, S. (2022). Studi Komparasi Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Metode Daring Dan Luring Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Semantik, 11(2), 245–256. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i2.p245-256
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutiara Hurul Aini, Mirna Nur Alia Abdullah, Muhammad Retsa Rizaldi Muyajapura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




