PENGARUH HARGA DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOMAT DI PASAR BOGOR (THE INFLUENCE OF PRICE AND QUALITY ON PURCHASING DECISIONS FOR TOMATOES AT BOGOR MARKET)

Authors

  • Veralianta Br Sebayang IPB University
  • Misel Febrianti IPB University
  • Devina Aurelia Azahra IPB University
  • Amanda Edward IPB University
  • Rahmat Fajri Alamsyah IPB University
  • Fauziah Zumna Aqilah IPB University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44516

Keywords:

Tomat, Keputusan Pembelian, Harga, Kualitas, Analisis Linear Berganda

Abstract

Tomat adalah komoditas hortikultura yang memiliki kandungan gizi tinggi serta tingkat permintaan yang terus meningkat, khususnya di Pasar Bogor. Dalam menentukan keputusan pembelian, konsumen umumnya mengacu pada harga dan kualitas yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis keterkaitan antara kedua faktor tersebut dengan keputusan konsumen dalam memilih tomat untuk dibeli. Pendekatan yang digunakan merupakan kuantitatif, dengan sistem pengumpulan data kuesioner yang berskala Likert serta interview semi-terstruktur pada 30 responden yang ditentukan berdasarkan teknik dari purposive sampling. Analisis dilakukan dengan teknik regresi linier berganda menggunakan SPSS sebagai alat bantu. Analisis data menunjukkan bahwa baik harga maupun kualitas memberikan dampak yang signifikan dan positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli. Sebesar 61,9% dari keputusan pembelian dapat diterangkan oleh dua variabel yang diteliti, sesuai dengan nilai koefisien determinasi (R²), sedangkan sisanya sebesar 38,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam analisis. Kualitas tomat yang meliputi kesegaran, ukuran, dan tekstur menjadi faktor utama yang mempengaruhi persepsi dan kepuasan konsumen. Selain itu harga tetap menjadi faktor krusial, khususnya dalam kaitannya daya beli dan ekspektasi konsumen. Pedagang perlu menjaga kualitas dan menetapkan harga yang sesuai agar dapat bersaing. Strategi yang menggabungkan kualitas dan harga secara seimbang dapat meningkatkan minat beli serta loyalitas konsumen di pasar tradisional.

References

Ariella, I. R. (2018). “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MAZELNID.” PERFORMA, 3(2), 215–221. https://doi.org/10.37715/jp.v3i2.683.

Asterliana Subu, Y. Y. D. R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Holtikultura di Kebun Praktek Universitas Nusa Nipa. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7692384.

Astuti, D. S., & Lutfi, M. (2020). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(2), 132–144. https://doi.org/10.37932/j.e.v9i2.64.

Candra Adi Rahmat, Kurniabudi, & Novianto, Y. (2023). Penerapan Metode Regresi Linier BergandaUntuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer(JAKAKOM), 3(1), 359–369. https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.1.732.

Daroini, F., Widiwurjani, W., & Hidayat, R. (2023). STUDI PEMBERIAN DOSIS PUPUK NPK DAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum). Jurnal Agrotek Tropika, 9(1), 69. https://doi.org/10.23960/jat.v12i1.7557.

Edriani, D. (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekobistek, 132–135. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i2.114.

Fajri, S., Gunawan, H., Batubara, L. R., & Sitorus, Z. (2022). Prediksi Hasil Produksi Tanaman Tomat di Indonesia Menurut Provinsi Menggunakan Algoritma Fletcher-Reeves. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(3). https://doi.org/10.47065/bits.v4i3.2704.

Hafidh Fauzi, D. (2021). DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN PEMBELIAN ULANG (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6), 790–800. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6.645.

Ibrahim, M. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. 4(1).

Khairunnisa, T., Yulia, Y., & Atmaja, E. J. J. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Tahu (Studi Kasus: UMKM Rumah Tah Kabupaten Bangka Barat). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 7(2), 820. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.33.

Kodu, S. (2013). HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA.

Marbun, S. S., & Anhary, A. S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sayuran Hidroponik Lembur Hejo Sukaraja Kabupaten Bogor. 3.

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN Y.O.U PADA HASANAH MART AIR HAJI. JURNAL ECONOMINA, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326.

Nurhalim, A. D. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA DI KOTA TANGERANG. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.37479/jeej.v5i1.15263.

Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). PENGARUH LABELISASI HALAL, KUALITAS PRODUK, DAN MINAT BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (LITERATUTE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 660–669. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1128.

Permata Sari, D. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN, KUALITAS PRODUK, HARGA KOMPETITIF, LOKASI (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463.

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2019). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus 212 Mart Cikaret. 2(2).

Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA MAN 1 TULEHU MALUKU TENGAH. 11(1).

Setiani, Y., Unang, U., & Rofatin, B. (2021). Penentuan Komoditas Unggulan Sub Sektor Tanaman Pangan dan Hortikultura di Setiap Kecamatan Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Agristan, 3(2), 149–171. https://doi.org/10.37058/agristan.v3i2.3693.

Sinta, I. (2021). Analisis Sikap Dan Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen Sayuran Organik Di Kota Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 7(1), 38–54. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v7i1.516.

Sri Wdyanti Hastuti, M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.622.

Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201.

Wahyu Widayat, E., & Rahmawati, N. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH CELUP SARIWANGI DI KOTA BOGOR. Jurnal GICI Jurnal Keuangan dan Bisnis, 15(2), 120–128. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.193.

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Sebayang, V. B., Febrianti, M., Azahra, D. A., Edward, A., Alamsyah, R. F., & Aqilah, F. Z. (2025). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOMAT DI PASAR BOGOR (THE INFLUENCE OF PRICE AND QUALITY ON PURCHASING DECISIONS FOR TOMATOES AT BOGOR MARKET). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4249–4256. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44516

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.