ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44440Keywords:
Bunga Rendah; Belajar; Matematika; FaktorAbstract
Rendahnya minat siswa dalam belajar matematika menjadi masalah yang harus diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar matematika pada siswa kelas V SDN 2 Jenangan. ), Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis studi khusus (study case). Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, siswa kelas V dan orang tua siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa faktor-faktor rendahnya minat belajar matematika pada siswa kelas V adalah sebagai berikut, faktor internal siswa dapat ditunjukkan dengan (1) Kurangnya minat siswa terhadap matematika dan asumsi bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. (2) Kurangnya motivasi belajar siswa, (3) Rendahnya prestasi siswa dalam matematika. Sedangkan faktor eksternal adalah: (1) faktor lingkungan siswa, (2) fasilitas belajar yang tidak memadai, (3) dan kurangnya perhatian dari orang tua (keluarga).References
Baringbing, A.,& Abi, A. R. (2022). Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran ) volume 6 Nomor 4 Juli 2022 | ISSN Cetak : 2580 – 8435 | ISSN Online : 2614 – 1337 ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SD ANALYSIS OF STUDENTS’ LOW INTEREST IN MA. 6, 1065-1072
Ernawati,A.(2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matetamita Di Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD),1(1),25-27. https:/doi.org/10.30595/.vlil.7929
PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231-241. https://doi.org/10.31932/jpimat.v2i2.869 Andri,A.,Dores, O. J.,& Lina,A.H.(2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sdn 01 Nanga Kantuk,JPiMat : Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1), 158-167. https://doi,org/10.31932/jpimat.v2il.688
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro. T. Y.(2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKPIP UNMA, 5(2), 68-74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Safitri, a., & Nurmayanti. N. (2018). Faktor-Faktor yamg Mempengaruhi Minal Belajar Sasyarakat Bojo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan. 18(3), 149-159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v1846
Safrizal. S., Sastri, W., Anastasha, D. a., & Syarif. M. I. (2022). Realistic Matematic Education untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnak Ilmu Pendidikan, 4(3), 4805-4812. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2679
Sarah, C.,Karma, I, N., & Rosyidah. A. N. K. (2021). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Gugus Iii Cakranegara. Proses Pendidikan, 2(1), 13-19. https://doi.org/10.29303/prospek.v2il.60
Suttrisno, S., Yulia . N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yafita Arfina Mu’ti, Yafita Arfina Mu’ti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




