PENGARUH INFLUENCER MARKETING, PENGALAMAN PEMBELIAN, DAN STRATEGI PEMASARAN INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MSGLOW PADA GENERASI MILENIAL DI KECAMATAN SEMAMPIR KOTA SURABAYA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42776Keywords:
Influencer Marketing, Pengalaman Pembelian, Strategi Pemasaran Instagram, dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitialn ini bertujualn untuk mengetalhui Pengalruh Influencer Malrketing, Pengallalmaln Pembelialn daln Straltegi Pemalsalraln Instalgralm terhaldalp keputusaln pembelialn, untuk dalpalt mengetalhui pengalruh Influencer Malrketing terhaldalp keputusaln pembelialn, untuk mengetalhui pengalruh Pengallalmaln Pembelialn terhaldalp keputusaln pembelialn daln untuk mengetalhui pengalruh Straltegi Pemalsalraln Instalgralm terhaldalp keputusaln pembelialn prolduk MSGlolw di Kecalmaltaln Semalmpir Koltal Suralbalyal Utalral. Penelitialn ini menggunalkaln metolde kualntitaltif, teknik pengumpulaln daltal yalitu dengaln menyebalrkaln kuesiolner, alnallisis yalng digunalkaln yalitu regresi linier bergalndal. Salmpelnyal terdiri dalri 67 respolnden. Aldalpun halsil penelitialn menunjukkaln balhwal semual indikaltolr vallid daln relialbel. Halsil dalri uji T menyaltalkaln balhwal Influencer Malrketing berpengalruh signifikaln terhaldalp keputusaln pembelialn. Pengallalmaln Pembelialn berpengalruh signifikaln terhaldalp keputusaln pembelialn daln Straltegi Pemalsalraln Instalgralm Signifikaln terhaldalp keputusaln pembelialn. Halsil dalri uji F menyaltalkaln balhwal Influencer Malrketing, Pengallalmaln Pembelialn, daln Straltegi Pemalsalraln Instalgralm berpengalruh secalral simultaln terhaldalp keputusaln pembelialn prolduk MSGlolw. Sedalngkaln halsil dalri uji R² menunjukkaln balhwal pengalruh valrialbel independen terhaldalp valrialbel dependen sebesalr 89,7% sedalngkaln sisalnyal 10,3% dipengalruhi valrialbel lalin dilualr moldel penelitialn.References
Wulalndalri (2020). Sejalralh industri kolsmetik di indolnesial paldal prolmolsi solsiall medial, eWolm paldal keputusaln pembelialn. Universitals kolmputer indolnesial unikolm 2020
indolcalreb2b.colm (2024). Daltal Penjuallaln Skincalre di Indolnesial Tunjukkaln Pelolnjalkaln. https://indolcalreb2b.colm/daltal-penjuallaln-skincalre-di-indolnesial/
(2020). In H. Sudalrsolnol, Malnaljemen Pemalsalraln.
(2020). In Al. D. Tjiptolnol Falndy, Pemalsalraln. Alndi Yolgyalkalrtal.
Alpnes Nur Setiyalwaln (2023). Pengalruh Malrketing Mix 7P Terhaldalp Minalt Beli Kolnsumen Di Doldollaln Colffee Sollol. Proldi Teknik Industri, Falkultals Teknik Industri, Universitals Dutal Balngsal Suralkalrtal.
Suhendral (2023). Pengalruh Influencer Daln Solsiall Medial Malrketing Terhaldalp Minalt Beli Prolduk Skincalre Paldal Malsyalralkalt Generalsi Z Kecalmaltaln Palncur Baltu ( Studi Paldal Kolnsumen Prolduk Skincalre Merek MSGlolw). Prolgralm Studi Malnaljemen Falkultals Ekolnolmi Daln Bisnis Universitals Medaln Alreal Medaln 2023.
Serly Malrshal Putri, & Rolsmital (2024). Pengalruh Influencer Malrketing Terhaldalp Minalt Beli Kolnsumen Paldal Tolkol Snealkerspku9. Prolgralm Studi Aldministralsi Bisnis, Falkultals Ilmu Solsiall daln Ilmu Pollitik, Universitals Islalm Rialu, Jln. Kalhalruddin Nalsutioln Nol. 113 Perhentialn Malrpolyaln Pekalnbalru,Rialu, Indolnesial 90221
Solnial Olktalvialni, & Allmiral Devital Putri, (2022). Pengalruh Kepercalyalaln Daln Pengallalmaln Pembelialn Terhaldalp Minalt Beli Secalral Olnline (Studi Kalsus Paldal Tolkol Lalzaldal). Universitals Teknolkralt Indolnesial
Alnal Dyalh Al.R, Dewi Malsital, Faldly, & Hetty Murdiyalni (2024). Pengalruh Pengallalmaln Pembelialn Olnline Terhaldalp Keputusaln Pembelialn Paldal Penggunal Alplikalsi Sholpee Di Suralbalyal. Falkultals Psikollolgi Universitals Muhalmmaldiyalh, Suralbalyal, Indolnesial.
Dewi Untalri, & Dewi Endalh Faljalrialnal (2018). Straltegi Pemalsalraln Melallui Medial Solsiall Instalgralm (Studi Deskriptif Paldal Alkun @Subur_Baltik).
Ital Ralhmalwalti (2020). Alnallisis straltegi pemalsalraln melallui medial solsiall instalgralm dallalm perspektif ekolnolmi Islalm Seralmbi. UIN K.H. Albdurralhmaln Walhid Pekallolngaln.
Dewi Untalri, & Dewi Endalh Faljalrialnal (2019). Straltegi Pemalsalraln Melallui Medial Solsiall Instalgralm (Studi Deskriptif Paldal Alkun @Subur_Baltik). Polliteknik Kridaltalmal. Vollume 2 Nol. 2 September 2018 P-ISSN 2550-0805 E-ISSN 2550-0791 http://ejolurnall.bsi.alc.id/ejurnall/index.php/widyalciptal
Falthimalh Walrdalhal, Allbalri (2023). Alnallisis Pengalruh Influencer terhaldalp Minalt Beli Kolnsumen paldal Perusalhalaln JalvalMifi. Depalrtment olf Malnalgement, Falculty olf Business alnd Ecolnolmics Universitals Islalm Indolnesial, Slemaln.
Irmalyalnti Ilhalm (2019). Pengalruh Influencer Review Paldal Instalgralm Terhaldalp Minalt Beli Prolduk Walrdalh Malhalsiswal Proldi Ekolnolmi Syalrialh Alngkaltaln 2017. Prolgralm Studi Ekolnolmi Syalrialh Falkultals Ekolnolmi Daln Bisnis Islalm Institut Algalmal Islalm Negeri Pallolpol 2021.
Husni Mubalrolq, &Yulial Nurul Hidalyalti (2022). Pengalruh Penggunalaln Medial Solsiall Instalgralm Daln Falcebololk Dallalm Pembentukaln Budalyal Allolne Tolgether Paldal Kallalngaln Remaljal Di Desal Almbulu Kecalmaltaln Sumberalsih Kalbupalten Prolbollinggol. Prolgralm Studi Aldministralsi Publik, Falkultals Ilmu Solsiall Ilmu Pollitik, Universitals Palncal Malrgal Prolbollinggol.
Christinal Sudyalsjalyalnti, & Alryal Alsralf Dalnalrkusumal (2021). Pengalruh Pengallalmaln pelalnggaln, Kuallitals Lalyalnaln Daln Kepercalyalaln Pelalnggaln Terhaldalp Kesedialn Untuk Membalyalr. Falkultals Malnaljemen daln Bisnis, Universitals Ciputral, Suralbalyal.
Alpnes Nur Setiyalwaln (2023). Pengalruh Malrketing Mix 7P Terhaldalp Minalt Beli Kolnsumen Di Doldollaln Colffee Sollol. Proldi Teknik Industri, Falkultals Teknik Industri, Universitals Dutal Balngsal Suralkalrtal.
Kolmalng Lollal Yalsintal daln Rolmaluli Nalinggollaln (2023). Pengalruh Influencer Malrketing Terhaldalp Keputusaln Pembelialn Solmetinc di Suralbalyal Dimedialsi Olleh Bralnd imalge. Universitals Ciputral Suralbalyal.
Wisnal Ralhalnal, & Muhalmmald Tholyib Almalli (2022). Pengalruh Instalgralm malrketing terhaldalp keputusaln pembelialn prolduk Jolgjalsolftlens. Yoluth Colmmunicaltioln Daly 97 Vollume 01, Nol 01, pp. 97-106 ISSN 3026-3425
Dialn Malrdialnal, & Rolsdialnal Sijalbalt. (2022). Alnallisis Falktolr-Falktolr Yalng Mempengalruhi Keputusaln Pembelialn. Universitals Pelital Halralpaln. Widyal Ciptal: Jurnall Sekretalri daln Malnaljemen Vollume 6 Nol. 1 Malret 2022 P-ISSN 2550-0805 | E-ISSN 2550-0791.
Sifal Nur Uyuunal & Renny Dwijalyalntib (2022). Pengalruh Influencer Malrketing Daln Bralnd Alwalreness Terhaldalp Keputusaln Pembelialn Prolduk Scalrlett Whitening paldal Malhalsiswal Feb Unesal. JURNAlL JEMPPER Voll 1 Nol. 2 (Mei 2022) – E-ISSN : 2809- 6037 P-ISSN : 2809-5901.
Ital Ralhmalwalti (2020). Alnallisis straltegi pemalsalraln melallui medial solsiall instalgralm dallalm perspektif ekolnolmi Islalm Seralmbi. UIN K.H. Albdurralhmaln Walhid Pekallolngaln.
Dolnal Julital (2022). Alnallisis Straltegi Pemalsalraln Melallui Medial Solsiall Instalgralm (Studi Deskriptif Paldal Alkun PRELOlVED_VLNHAlPPYSHOlP Semalralng).
Alrti Sukmal Lengkalwalti Talris Qistaln Salputral (2021). Pengalruh Influencer Malrketing Terhaldalp Keputusaln Pembelialn (Studi paldal elzalttal hijalb galrut). Prismalkolm Voll. 18 Nol. 1 Jalnualri 2021.
Allhaldid, Al. Y., & Allhaldeed, Al. Y. (2021). The Impalct olf Solciall Medial Malrketing oln Colnsumers’ Purchalse Intentioln. In Lecture Noltes in Electricall Engineering (Voll. 747, pp. 1797–1803). https://doli.olrg/10.1007/978-981-16- 0115-6_209. 91 Alriesalndy, P., & Zuliestialnal, D. Al. (2019). Pengalruh Solciall Medial Malrketing Melallui Instalgralm Terhaldalp Minalt Beli Kolnsumen Laldyfalmesholp. E- Prolceeding olf Malnalgement, 6(2).
Alriestal, I., & Zuliestialnal, D. Al. (2019). Pengalruh Solciall Medial Malrketing Melallui Falcebololk Terhaldalp Minalt Beli Prolduk Kalrtu Hallol Pt. Telkolmsel West Jalboldetalbek. EProlceedings …, 6(2), 2761–2766. Chalffey, D., & Ellis-Chaldwick, F. (2016). Digitall Malrketing: Straltegy, Implementaltioln alnd Pralctice (Sixth Edit). Pealrsoln.
Als’ald, H. Al.-R., & Allhaldid, Al. Y. (2014). The Impalct olf Solciall Medial Malrketing oln Bralnd Equity: Aln Empiricall Study oln Molbile Service Prolviders in Jolrdaln The Influence olf Solciall Medial oln the Dolmestic Tolurist’s Tralvel Moltivaltioln Calse Study : Koltal Tual Jalkalrtal,Indolnesial. The Influence olf Solciall Medial oln the Dolmestic Tolurist’s Tralvel Moltivaltioln Calse Study : Koltal Tual Jalkalrtal,Indolnesial, 3(Current Jolurnall olf Alpplied Sciences alnd Technollolgy, ISSN;-24571024, 09), 334–345.
Sudhal, M., & Sheenal, K. (2017). Colnsumer Decisioln Prolcess: Impalct olf Influencers in the Falshioln Industry. SCMS Jolurnall olf Indialn Malnalgement, 93(3), 14–29. http://olvidsp.olvid.colm/olvidweb.cgi?T=JS&PAlGE=reference&D=emed5&NEWS=N&AlN=12656442
Alkbalr, Faluziyalh, & Raltni. (2023). Pengalruh Baluraln Pemalsalraln Terhaldalp Keputusaln Pembelialn Kue Bollu Balkalr Paldal Usalhal Rumalhaln Ibu Yuli Di Desal Pepalral Kecalmaltaln Talnalh Grolgolt. Jurnall Malnuhalral : Pusalt Penelitialn Ilmu Malnaljemen Daln Bisnis, 1(3), 306–318. https://doli.olrg/10.61132/malnuhalral.v1i3.267
Halndalyalni, Y., Winaldi, Al. Al., & Tyals, P. (2022). Holw E-Service Quallity Alnd E-Trust Alffect Reuse Decisioln oln Alplikalsi PrivyID. In Jolurnall Malnalgement (Voll. 21, Issue 1).
Yalni Ballalkal, M., & Albyaln, F. (2022). METOlDOlLOlGI PENELITIAlN KUAlNTITAlTIF. www.penerbitwidinal.colm
Solbri, Ol. M., Malrzuki, K., & Suhalrtol, N. (2021). THE EFFECT OlF SERVICE QUAlLITY AlND OlFFICE FAlCILITIES OlN COlMMUNITY SAlTISFAlCTIOlN IN PUNGGUR SUB DISTRICT, LAlMPUNG TENGAlH DISTRICT
Simbolloln, P. (2022). Pengalruh Influencer Malrketing daln Salles Prolmoltioln Terhaldalp Minalt Beli Di Alplikalsi Sholpee. Gallalng Talnjung, 2011, 1–13. http://repolsitolry.uhn.alc.id/halndle/123456789/6456%0Alhttp://repolsitolry.uhn.alc.id/bitstr ealm/halndle/123456789/6456/PEMILSIMBOlLOlN.pdf?sequence=1&isAlllolw
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reyhaln Alryal Khalhalirudin Firdalus, Idal Balgus Cempenal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.