STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN TUNTAS BACA AL-QUR’AN DI SMAN 2 SABANG

Authors

  • Hariyanto Hariyanto UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Syabuddin Gade UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Yusra Jamali UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39958

Keywords:

Strategi, Guru, PAI, Tuntas Baca Al-Qur’an

Abstract

Metode yang digunakan Guru PAI SMAN 2 Sabang dalam pembelajaran Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an yaitu dengan berbagai macam metode salah satunya adalah metode An-Nahdliyah. Yakni metode yang menggunakan ketukan. Mentor senantiasa membimbing siswa dengan metode yang baik dan pas. Salah satu langkahnya dengan melakukan pengelompokan pada siswa berdasarkan kemampuannya. Guru PAI SMAN 2 Sabang memberikan apresiasi kepada murid agar selalu termotivasi dalam belajar Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research). Sumber data primer adalah Guru PAI dan siswa SMAN 2 Sabang. Sumber Data Sekunder dalam penelitian ini diperoleh melalui literature-literatur seperti artikel jurnal, buku referensi dan lainnya yang terkait erat dengan fokus masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pelaksanaan, evaluasi, dan kendala dalam Program Tuntas Baca Al-Qur’an di SMAN 2 Sabang menunjukkan bahwa program ini dilakukan secara terstruktur melalui tahapan yang jelas, mulai dari identifikasi tingkat kemampuan siswa hingga perencanaan evaluasi yang komprehensif. Pelaksanaan program melibatkan pengajaran dengan metode variatif dan penggunaan alat bantu yang adaptif. Evaluasi dilakukan secara berkala dan melibatkan berbagai bentuk penilaian. Namun, program ini menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu, fasilitas, dukungan sumber daya, dan motivasi siswa, yang memerlukan perhatian lebih agar program dapat berjalan lebih efektif.

References

Agung, S. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membina Akhlak Siswa di SMPN 1 Cibarusah Bekasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1429-1437. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.256

Alfaini, L. (2022). Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kualitas Membaca dan Menulis Al-Quran Santri di TPQ Darul Karomah Malang. Muta Allim Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 271-280. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i3.1466

Asmiyanti, A. and Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pendampingan Individu terhadap Kemampuan Baca Al-Quran Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 258-266. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.156

Budianti, Y., Dahlan, Z., & Sipahutar, M. (2022). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(2), 2565-2571. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2460

Diana, R. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Religius Peserta Didik di Era Globalisasi. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 525. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3367

Fazalani, R., Tabroni, I., Syafruddin, S., Hamirul, H., Diana, E., Alfiyanto, A., … & Hidayati, F. (2022). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an untuk Meningkatkan Minat Anak dalam Membaca Al-Qur’an Selama Pandemi COVID-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 595-604. https://doi.org/10.47679/ib.2022271

Idhar, I. (2018). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik. Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 2(1), 314-328. https://doi.org/10.52266/tadjid.v2i1.104

Ismail, M. (2023). Kemampuan Guru PAUD dalam Membaca Al-Quran di Kabupaten Gayo Lues. Pionir Jurnal Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17448

Jannah, I. and Aminah, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember. Al-Adabiyah Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 144-159. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i2.71

Jannah, S., Suhardini, A., & Hayati, F. (2022). Implementasi Metode Ummi Secara Daring dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Orang Dewasa. Bandung Conference Series Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2188

Jayanti, I., Cahyo, A., Setyaningsih, E., Purnomo, E., Winarti, A., & Mawardi, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 69-79. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19184

Khoiruddin, H. dan Kustiani, A. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema Islamic Educational Management, 5(1), 55-68. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546

Mirnawati, M., Oktavianty, N., Judrah, M., Safaruddin, S., & Akbar, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 35-40. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.106

Muhammad, D., Luayyin, R., & Karimah, U. (2022). Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 915-930. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.300

Mulasi, S., & Saputra, F. (2019). Problematika Pembelajaran PAI pada Madrasah Tsanawiyah di Wilayah Barat Selatan Aceh. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 18(2). https://doi.org/10.22373/jif.v18i2.788

Ningsih, I. (2022). Manajemen Diklat Metode Tilawati dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Al-Qur’an di Jawa Barat (Studi Penelitian Tilawati Center Jabar 1). Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2214-2219. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.699

Nurdin, T. (2023). Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam melalui Forum Guru di Kabupaten Gowa. Educandum, 9(2), 274-282. https://doi.org/10.31969/educandum.v9i2.1251

Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan, BAB II Pasal 3 dan 4.

Rinah, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik terhadap Baca Tulis Al-Qur'an melalui Guru Pendidikan Agama Islam. Journal on Education, 5(3), 7210-7220. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1450

Saddang, M., Abubakar, A., & Munir, M. (2018). Implementasi Metode Diroza dalam Pembelajaran Al-Qur’an Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 481-500. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6547

Salehah, Y. (2023). Implementasi Tahfiz Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi. Murhum Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 504-519. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.235

Samsirin, S. (2023). Improvisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam melalui Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan Ngawi Jawa Timur. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 195-201. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3632

Setiawati, I. (2021). Manajemen Pengawasan terhadap Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa. Jurnal Sosial Teknologi, 1(10). https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i10.220

Sopian, A., Najili, H., Arifin, B., & Ruswandi, U. (2022). Proyeksi dan Kritik Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar, Menengah dan Perguruan Tinggi. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5193-5201. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1199

Srijatun, S. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqra pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 25-42. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.1.1321

Sunanto, Musrifah. (2005). Sejarah Peradaban Islam Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syafaruddin, S., Mesiono, M., Butar-butar, A., & Assingkily, M. (2020). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Bunayya Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Auladuna Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 32. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a4.2020

Untari, R. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Baca Al-Qur’an Siswa melalui Learning Together Technique of Cooperative Learning Method. Jie (Journal of Islamic Education), 6(1), 18. https://doi.org/10.52615/jie.v6i1.193

Winata, K., Fajrussalam, H., Syah, M., & Erihadiana, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik terhadap Baca Tulis Al-Qur’an melalui Guru Pendidikan Agama Islam. J-Pai Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.8035

Zakiah, Drajat. (1996). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Hariyanto, H., Gade, S. ., & Jamali, Y. . (2024). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN TUNTAS BACA AL-QUR’AN DI SMAN 2 SABANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18317–18325. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39958

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.