STRATEGI KEPEMIMPINAN KASEPUHAN CITOREK : PRAKTIK BAIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SHARED-LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39769Keywords:
Kepemimpinan Bersama, Kepemimpinan Berbagi, Kasepuhan Citorek, Kepala Sekolah, PendidikanAbstract
Kepemimpinan berbasis kebersamaan atau kepemimpinan bersama menjadi salah satu pendekatan penting dalam manajemen pendidikan saat ini. Artikel ini membahas strategi kepemimpinan di Kasepuhan Citorek, sebuah komunitas adat di Banten, yang dapat diadaptasi sebagai praktik berbagi kepemimpinan dalam konteks pendidikan, khususnya pada kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana prinsip-prinsip kepemimpinan kolektif dan musyawarah untuk mufakat di Kasepuhan Citorek dapat mendukung pengembangan shared-leadership di sekolah. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kepemimpinan di Kasepuhan Citorek, yang mengedepankan partisipasi, Pembagian peran yang jelas, dan nilai-nilai kearifan lokal, dapat membantu meningkatkan kolaborasi dan akuntabilitas di sekolah. Kesimpulannya, strategi berbagi kepemimpinan di Kasepuhan Citorek relevan dalam mengembangkan kemampuan kepala sekolah untuk unggul secara kolaboratif dan inklusifReferences
Adinata, U. W. S. (2015). Pengaruh kepemimpinan transformasional, motivasi, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan kjks bmt tamzis bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 41358.
Chen, W., & Zhang, J. H. (2023). Does shared leadership always work? A state-of-the-art review and future prospects. Journal of Work-Applied Management. https://doi.org/10.1108/JWAM-09-2022-0063
Dirjen, P. J. G. dan T. (2023). Perdirjen GTK Kemendikbud Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023 Tentang Model Kompetensi Kepala Sekolah.
Fitri, A. A., & Permatasari, T. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Innovative: Journal Of Social Science …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/242
Hafizah, N., Zayrin, A. A., Hanifah, H., & Hidayatullah, R. (2024). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Visioner Di Era Society 5.0. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 248-254.
Hutahaean, W. S., & SE, M. T. (2021). Teori Kepemimpinan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=CYMqEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C &pg=PP1%5C&dq=kepemimpinan+bersama%5C&ots=wj1tjue1xa%5C&sig=GUgGMIy3lCyh Ka-NCihVx33zUnY
Indri, I. (2023). The Role of the Headmaster in Establishing Exemplary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/3761
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & ... (2020). Peran dan tugas kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu http://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/138
Karnan, K., & Marimuthu, K. (2021). Gaya kepimpinan kolaboratif pengetua dan tahap kepuasan kerja guru sekolah menengah kebangsaan [Principal collaborative leadership style and level of job …. Muallim Journal of Social Sciences and …. http://mjsshonline.com/index.php/journal/article/view/271
Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan kolaboratif: sebuah bentuk kepemimpinan untuk sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/5120
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Oktania, S., & Rosmilawati, I. (2024). IMPLEMENTASI BONEKA TANGAN DALAM MENSTIMULUS KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI TK AR-ROFAH KECAMATAN BAROS. Cakrawala Pedagogik, 8(2), 339-354.
Peraturan Pengakuan, Perlindungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Hukum Adat Kasepuhan, Pub. L. No. NOMOR 8 TAHUN 2015 (2015).
Rusdiman, A. B. (2024). Supervisi Akademik Dalam Perspektif Profesional Learning Community (PLC). umsu press.
Sholeh, M. (2016). Keefektifan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.
Siregar, W., & Lubis, M. J. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Sekolah. Jurnal Basicedu. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53289/1/Article.pdf
Sugara, U., & Sugito. (2022). Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 93–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2888
Syadeli, Hufad, A., & Atikah, G. (2023). Integration of Jawara Values as a Social Asset School Leadership. Proceedings of the Fifth Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2022), 1, 371–382. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-010-7_37
Tahir, R., Yendri, O., Iswahyudi, M. S., Waty, E., Yudhanegara, F., Sigamura, R. K., ... & Hayati, N. (2023). MANAJEMEN: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan teknik pengumpulan data dalam metode kualitatif untuk riset akuntansi budaya. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 44-50.
Wardani, I. K., Nugroho, A. C., Sabekti, M., Sutopo, A., & ... (2024). Kepemimpinan Berbasis Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara “Ing Ngarso Sun Tuladha Ing Madya Mangun
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wiwit Yuliesie , Narni Narni, Ila Rosmilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.