MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG EFEK FOTOLISTRIK DENGAN LKM BERBASIS SIMULASI VIRTUAL (PHET) DALAM MENENTUKAN PANJANG GELOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38004Keywords:
Simulasi Virtual, Lembar Kerja Mahasiswa, Efek Fotolistrik, Pendidikan FisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis simulasi virtual untuk membantu mahasiswa memahami konsep efek fotolistrik, khususnya dalam menentukan panjang gelombang cahaya. Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Medan Angkatan 2021. Instrumen yang digunakan adalah lembar respon untuk mencakup aspek pemahaman, kemenarikan, dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM berbasis simulasi virtual efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap efek fotolistrik.References
Dewa, E., Ki`i, O. A., & Pasaribu, R. (2023). Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika , 79-86.
Gunawan, Setiawan, A., & Widyantoro, D. H. (2013). Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 23-32.
Muna, Arif Khasanul and Dkk.(2023). Penerapan media pembelajaran menggunakan phet simulation untuk meningkatkan hasil belajar peserta duduk pada materi Hukum Newton. Jurnal inovasi penelitian dan pembelajaran fisika. Vol 1(4): 15-23
Nurlina.(2017). Fisika Kuantum . LPP unismuh Makassar
Saregar, A. (2016). PEMBELAJARAN PENGANTAR FISIKA KUANTUM DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PHET SIMULATION DAN LKM MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK: DAMPAK PADA MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi , 53-60.
Tawil, Muh.(2014)."Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa." Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 20(1).
Verdian, F and Dkk.(2021). Studi penggunaan media simulasi phet dalam pembelajaran Fisika. Jurnal pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF). Vol. 1(2): 39-44
Yuanita, E. S. (2014). PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) PADA MATERI LAJU REAKSI DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG. Unesa Journal of Chemical Education, 119-133.
Yusuf, & Subaer. (2013). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 189-194.
Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODERN BERBASIS MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL BERDASARKAN PARADIGMA PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN KURIKULUM 2013. Pancaran, 189-200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cindy Klovia Malau

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




