IMPLEMENTASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Authors

  • Citra Yohana Hutabarat Universitas Negeri Medan
  • Choms Gary Ganda Tua Sibarani Universitas Negeri Medan
  • Andri Zainal Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37870

Keywords:

Keaktifan Belajar, Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar 33 siswa di kelas XI AKL 3 SMKN 1 Pematangsiantar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah lembar pengamatan keaktifan dan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Melalui lembar observasi keaktifan, membuktikan di siklus I, 14 siswa (42,4%) berada dalam kategori aktif dan sangat aktif. Pada siklus II, siswa dalam kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 30 siswa (90,9%), dan telah mencapai indikator keberhasilan ?75%. Melalui analisis data tes hasil belajar, skor rata-rata pre-test yaitu 56,42 dimana 8 siswa tuntas (24,24%). Skor rata-rata post-test siklus I yaitu 70,39, dimana 15 siswa tuntas (45,45%) meningkat di post-test siklus II dengan rata-rata 86,64 dimana 33 siswa tuntas (100%), dan telah mencapai indikator keberhasilan ?80%. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode inkuiri terbimbing.

References

Afida, R. N. (2023). Literature Review: Peran Guru dalam Membangun Ketrampilan 4C Siswa dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 643–647.

Barokah, W. U. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Kolaboratif. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 167–177.

Fahmi, Dina Chamidah, & Suryadin Hasyda. (2021). Penelitian Tindakan Kelas panduan dan Praktis. CV. Adanu Abimata.

Makki, M. I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Duta Media Publishing.

Nurudin, N. (2020). Pengaruh Persepsi Kompotensi Guru Dan Persepsi Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Prestasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991

Putri, V. W., & Budiyanto, S. M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Pembelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa pada Siswa kelas X dan XI AKL SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar.

Saily, S. (2019). Penerapan Metode Pembeljaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar peserta didik. 15(1), 46–61.

Shandra, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 692–699. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2006

Sulasiawati, N. L. A., & Indrayani, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas 11 IPS 2 SMA Negeri 2 Mendoyo. 15(1), 145–151.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning. Grup penerbit CV Budi Utama.

Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Studi Kasus Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika di SD Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.974

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Hutabarat, C. Y., Sibarani, C. G. G. T. ., & Zainal, A. . (2024). IMPLEMENTASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17934–17940. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37870

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.