IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AI DALAM CYBER PUBLIC RELATIONS : STUDI TERHADAP INTERAKSI BRAND DAN KOMSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37147Keywords:
Kecerdasan Buatan, Cyber Public Relations, Interaksi Brand dan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam Cyber Public Relations (Cyber PR), khususnya terkait interaksi antara brand dan konsumen. Seiring dengan berkembangnya teknologi digital, peran AI dalam PR semakin penting, terutama dalam mengelola komunikasi yang lebih cepat, efisien, dan personal. Melalui metode studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai sumber yang membahas penerapan AI, seperti penggunaan chatbot, analisis sentimen, dan algoritma prediktif dalam Cyber PR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memberikan dampak positif dalam meningkatkan responsivitas brand terhadap konsumen, mempercepat penyelesaian masalah, dan mengelola reputasi online dengan lebih efisien. Namun, tantangan yang ditemukan meliputi keterbatasan AI dalam memahami konteks emosional dalam komunikasi serta masalah terkait privasi data. Oleh karena itu, meskipun AI menawarkan banyak peluang, perusahaan harus memperhatikan keseimbangan antara otomatisasi dan interaksi manusiawi, serta mematuhi regulasi privasi data untuk menjaga kepercayaan konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai bagaimana AI dapat digunakan untuk memperkuat Cyber PR dan hubungan dengan konsumen di era digital.References
Ariyani, N. (2024). Implementasi IMC Rumah Sakit Premier Bintaro. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(1), 224–237.
Aulia, N. R. R. (2023). Pengaruh Strategi Digital Marketing Communication, Daya Tarik Brand Ambassador, dan Penerapan Sistem Investasi Tematik Berbasis Aplikasi Terhadap Minat Berinvestasi Generasi Z Pada PT Ajaib Sekuritas Asia (Analisis Structural Equation Model-Part Least Square). Universitas Islam Indonesia.
Daud, R. F., & Novrimansyah, E. A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Jamu Tradisional di Era Teknologi Digitalisasi 4.0. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(3), 233–248.
Deni, S. (2023). PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS DI ERA SOCIETY 5.0 TERHADAP KESADARAN MEREK DAN PENGUNAAN PRODUK DI PT NUGRA KARSERA AREA SUMBAGSEL. UNIVERSITAS UNILA.
Fonna, N. (2019). Pengembangan revolusi industri 4.0 dalam berbagai bidang. Guepedia.
Hidayanto, S., Putriyani, A., Hidayah, A. N., Erinna, A. F., Nempung, C. B., Maharani, I., Mauliano, P. R., Marisca, A., Rizkyah, A., & Firdianti, N. (2024). MASA DEPAN KOMUNIKASI AI DALAM DUNIA PUBLIC RELATIONS.
Kardini, N. L., Sudomo, A., GS, A. D., Arifin, Z., & Sallu, S. (2023). Manajemen Public Relation. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kinasih, F. Y. S., Naryoso, A., & Luqman, Y. (2023). STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI PERUSAHAAN DAN MENCIPTAKAN EKOSISTEM DIGITAL YANG SEHAR SERTA INOVATIF MELALUI INDONESIA TELECOMMUNICATION AND DIGITAL RESEARCH INSTITUTE (ITDRI). Interaksi Online, 11(4), 310–324.
Mayopu, R. G. (2020). Optimalisasi Instagram Sebagai Alat Cyber Public Relations PT. GI di Era Industri 4.0.
Melinda, M. (2022). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE CHATBOT TARRA (TOYOTA INTERACTIVE VIRTUAL ASSISTANT) DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI AGUNG TOYOTA PANGKALAN KERINCI. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Mentari, A. I. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Media Digital Pada Travel Agent Online PT. Tiket2 Indonesia (Studi Deskriptif Website Online www. Tiket2. comdanwww. Indoneo. com).
Mizanie, D., & Irwansyah, I. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Kehumasan Digital Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi, 13(2), 149–164.
Mutiah, T., Rahmi, M., & Muharam, F. (2021). Instagram sebagai Cyber Public Relation di Era 4.0. Jurnal Public Relations (J-PR), 2(2), 131–136.
Oktaviana, F., Fariza, M. R., Laili, N., Susilowati, T., Putra, M. D. P., Kurniawati, R. Y., Asyhary, M. Z., Dwinari, R. M., Khotijah, N. A., & Alfiani, S. (2023). Public Relations dalam Berbagai Dimensi. Nas Media Pustaka.
Puspitasari, N., Purwani, D. A., & Sos, S. (2022). Cyber Public Relations. Adipura Book Centre.
PUTRI, D. (2023). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kuantitatif Mahasiswa Baru Universitas Bosowa Tahun 2022). UNIVERSITAS BOSOWA.
Ramadhani, A., Ramadhani, D. A., Hardiyanto, D., Zhafira, G., Ambarwati, L. R., Miranti, N., Amrudhia, N. F., Fitrianti, N. A., Lorentz, P. M., & Cynthiani, Q. (2023). Digital PR dalam Era Disrupsi 5.0: Digital PR dalam Era Disrupsi 5.0; Kajian Akademis. Nas Media Pustaka.
Resti Alfiarni, R. (2024). IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS RUMAH SAKIT DAERAH MADANI PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Rizqiyah, R. N., Kriyantono, R., & Sujoko, A. (2021). Manajemen Media Relations dalam Meningkatkan Citra Positif dan Reputasi Perusahaan di Era Artificial Intelligence. Journal of Communication Studies, 6(1), 53–66.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Vira Risqita, V. (2022). CYBER PUBLIC RELATIONS AKUN INSTAGRAM@ KIMIAFARMA_PKU DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND IMAGE PERUSAHAAN. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rd.D.Lokita Pramesti Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.