INTEGRASI NILAI-NILAI AL-QUR’AN DAN HADITS DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Syahrizal Syahrizal UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36751

Keywords:

Intergrasi, Al-Qur’an dan Hadits, Kurikulum Merdeka

Abstract

Integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam Kurikulum Merdeka di lembaga pendidikan Islam menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya adalah keterbatasan pemahaman dan keterampilan guru dalam menghubungkan nilai-nilai keislaman dengan pelajaran umum, yang sering kali membutuhkan pelatihan tambahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah artikel-artikel jurnal ilmiah yang relevan, serta laporan hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam pendidikan Islam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan Islam adalah bahwa Nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits diintegrasikan ke dalam Kurikulum Merdeka melalui pengaitan nilai-nilai keislaman dalam mata pelajaran umum dan penguatan karakter melalui kegiatan harian, seperti doa, tadarus, dan pembelajaran akhlak yang menekankan etika islami. 2). Proses integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan Islam adalah melibatkan perumusan visi islami, analisis kurikulum untuk menemukan titik integrasi, pelatihan guru untuk metode pengajaran islami, serta evaluasi berkala untuk memastikan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits diterapkan secara efektif dalam pembelajaran. 3). Peluang integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan Islam adalah bahwa kurikulum merdeka yang fleksibel menawarkan peluang besar untuk penerapan nilai-nilai Islam, memanfaatkan teknologi dan sumber daya berbasis digital untuk menyampaikan konten islami dengan lebih relevan dan mudah diakses oleh siswa.

References

Aliska, H. (2022). Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam Terhadap Ilmu-Ilmu Rasional Di Sekolah Menengah Pertama. jDU, 13(2), 138-158. https://doi.org/10.62815/darululum.v13i2.84

Alnashr, M., Zaenudin, Z., & Hakim, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pembiasaan Dan Budaya Madrasah. Islamic Review Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 11(2), 155-166. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v11i2.504

Fathurohim, F. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 184-194. https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.418

Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Membelajarkan Matematika Sebagai Bentuk Penguatan Karakter Peserta Didik. Jurnal Eduscience, 9(1), 152-167. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550

Fransisca, M., & Fadhlurrahman, M. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum Model Ralph Tyler Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Insania Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 294-305. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5058

Ghani, A. (2023). Paradigma Diferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Konteks Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah. El-Hikmah Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 17(2), 169-179. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v17i2.8867

Hasnah, S. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Untuk Membentuk Karakter Ulul Albab. At Ta Dib, 18(1), 18-27. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9909

Herlina, H. (2023). Perspektif Al-Qur'an Dan Fikih Dalam Membangun Pendidikan Keluarga Yang Berkualitas. Instructional Development Journal, 6(1), 27. https://doi.org/10.24014/idj.v6i1.24429

Huda, N. (2023). Membaca Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Perspektif Islam. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 1718-1726. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.4287

Khalifatun, S. (2024). Implementasi Inovasi Kurikulum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Tinjauan Terhadap Efektivitas Dan Dampaknya Dalam Pembentukan Karakter. Dharmas Education Journal (De_Journal), 5(1), 248-259. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1291

Mirawati, M. (2023). Pelatihan Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan KOSP Dan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Di Lembaga PAUD. Jurnal Usia Dini, 9(2), 128. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52406

Muhammad, I. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Mengungkap Esensi Kurikulum Merdeka. Jurnal Mudarrisuna Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(4), 451. https://doi.org/10.22373/jm.v13i4.22202

Muslimin, I. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus Di Madrasah Se-Jawa Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 43-57. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.43-57

Muspiroh, N. (2016). Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560

Muzakki, M. (2023). Potret Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Islami Di Sekolah Penggerak. Jurnal Papeda Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 167-178. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4063

Rasmani, U., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N., Fitrianingtyas, A., … & Widyastuti, Y. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159-3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633

Rezeki, S. (2023). Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDIP YLPI Pekanbaru. Abdi Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(3), 385-390. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i3.470

Rohmah, H. (2019). Pembinaan Karakter Siswa Di SMP Negeri 4 Metro. Ri Ayah Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(01), 98. https://doi.org/10.32332/riayah.v4i01.1510

Rohman, T. (2023). Guru Dan Murid Dalam Pendidikan Abad Ke-21: Menggali Nilai Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis. Profetik Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 4(1), 53-64. https://doi.org/10.24127/profetik.v4i1.4912

Rusmiati, M., Ashifa, R., & Herlambang, Y. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Naturalistic Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490-1499. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal Di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195-208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Susilawati, N., Sobarna, N., & Pratikno, H. (2023). Pendidikan Profetik Dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Dan Implikasinya Pada Capaian Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka. Bandung Conference Series Islamic Education, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.6361

Utari, M. (2022). Problematika Guru PAI Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Mau Izhoh, 4(2), 12. https://doi.org/10.31949/am.v4i2.4500

Wasilah, N. (2023). Optimalisasi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10964-10971. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3582

Wasilah, N. (2023). Optimalisasi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10964-10971. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3582

Wibowo, N., & Hidayat, N. (2022). Al-Qur’an & Hadits Sebagai Pedoman Pendidikan Karakter. Bidayah Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 113-132. https://doi.org/10.47498/bidayah.v13i1.1006

Yustinaningrum, B., Lubis, N., Gradini, E., Firmansyah, F., & Fitri, A. (2020). Integrasi Nilai Islami Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Di MTS Negeri 3 Aceh Tengah. Journal of Medives Journal of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 4(2), 205. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1031

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Syahrizal, S. (2024). INTEGRASI NILAI-NILAI AL-QUR’AN DAN HADITS DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15535–15542. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36751