INTEGRASI NILAI-NILAI AL-QUR’AN DAN HADITS DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36751Keywords:
Intergrasi, Al-Qur’an dan Hadits, Kurikulum MerdekaAbstract
Integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam Kurikulum Merdeka di lembaga pendidikan Islam menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya adalah keterbatasan pemahaman dan keterampilan guru dalam menghubungkan nilai-nilai keislaman dengan pelajaran umum, yang sering kali membutuhkan pelatihan tambahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah artikel-artikel jurnal ilmiah yang relevan, serta laporan hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam pendidikan Islam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan Islam adalah bahwa Nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits diintegrasikan ke dalam Kurikulum Merdeka melalui pengaitan nilai-nilai keislaman dalam mata pelajaran umum dan penguatan karakter melalui kegiatan harian, seperti doa, tadarus, dan pembelajaran akhlak yang menekankan etika islami. 2). Proses integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan Islam adalah melibatkan perumusan visi islami, analisis kurikulum untuk menemukan titik integrasi, pelatihan guru untuk metode pengajaran islami, serta evaluasi berkala untuk memastikan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits diterapkan secara efektif dalam pembelajaran. 3). Peluang integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan Islam adalah bahwa kurikulum merdeka yang fleksibel menawarkan peluang besar untuk penerapan nilai-nilai Islam, memanfaatkan teknologi dan sumber daya berbasis digital untuk menyampaikan konten islami dengan lebih relevan dan mudah diakses oleh siswa.References
Aliska, H. (2022). Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam Terhadap Ilmu-Ilmu Rasional Di Sekolah Menengah Pertama. jDU, 13(2), 138-158. https://doi.org/10.62815/darululum.v13i2.84
Alnashr, M., Zaenudin, Z., & Hakim, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pembiasaan Dan Budaya Madrasah. Islamic Review Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 11(2), 155-166. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v11i2.504
Fathurohim, F. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 184-194. https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.418
Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Membelajarkan Matematika Sebagai Bentuk Penguatan Karakter Peserta Didik. Jurnal Eduscience, 9(1), 152-167. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550
Fransisca, M., & Fadhlurrahman, M. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum Model Ralph Tyler Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Insania Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 294-305. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5058
Ghani, A. (2023). Paradigma Diferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Konteks Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah. El-Hikmah Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 17(2), 169-179. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v17i2.8867
Hasnah, S. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Untuk Membentuk Karakter Ulul Albab. At Ta Dib, 18(1), 18-27. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9909
Herlina, H. (2023). Perspektif Al-Qur'an Dan Fikih Dalam Membangun Pendidikan Keluarga Yang Berkualitas. Instructional Development Journal, 6(1), 27. https://doi.org/10.24014/idj.v6i1.24429
Huda, N. (2023). Membaca Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Perspektif Islam. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 1718-1726. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.4287
Khalifatun, S. (2024). Implementasi Inovasi Kurikulum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Tinjauan Terhadap Efektivitas Dan Dampaknya Dalam Pembentukan Karakter. Dharmas Education Journal (De_Journal), 5(1), 248-259. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1291
Mirawati, M. (2023). Pelatihan Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan KOSP Dan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Di Lembaga PAUD. Jurnal Usia Dini, 9(2), 128. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52406
Muhammad, I. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Mengungkap Esensi Kurikulum Merdeka. Jurnal Mudarrisuna Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(4), 451. https://doi.org/10.22373/jm.v13i4.22202
Muslimin, I. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus Di Madrasah Se-Jawa Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 43-57. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.43-57
Muspiroh, N. (2016). Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560
Muzakki, M. (2023). Potret Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Islami Di Sekolah Penggerak. Jurnal Papeda Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 167-178. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4063
Rasmani, U., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N., Fitrianingtyas, A., … & Widyastuti, Y. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159-3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
Rezeki, S. (2023). Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDIP YLPI Pekanbaru. Abdi Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(3), 385-390. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i3.470
Rohmah, H. (2019). Pembinaan Karakter Siswa Di SMP Negeri 4 Metro. Ri Ayah Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(01), 98. https://doi.org/10.32332/riayah.v4i01.1510
Rohman, T. (2023). Guru Dan Murid Dalam Pendidikan Abad Ke-21: Menggali Nilai Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis. Profetik Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 4(1), 53-64. https://doi.org/10.24127/profetik.v4i1.4912
Rusmiati, M., Ashifa, R., & Herlambang, Y. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Naturalistic Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490-1499. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal Di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195-208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Susilawati, N., Sobarna, N., & Pratikno, H. (2023). Pendidikan Profetik Dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Dan Implikasinya Pada Capaian Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka. Bandung Conference Series Islamic Education, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.6361
Utari, M. (2022). Problematika Guru PAI Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Mau Izhoh, 4(2), 12. https://doi.org/10.31949/am.v4i2.4500
Wasilah, N. (2023). Optimalisasi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10964-10971. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3582
Wasilah, N. (2023). Optimalisasi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10964-10971. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3582
Wibowo, N., & Hidayat, N. (2022). Al-Qur’an & Hadits Sebagai Pedoman Pendidikan Karakter. Bidayah Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 113-132. https://doi.org/10.47498/bidayah.v13i1.1006
Yustinaningrum, B., Lubis, N., Gradini, E., Firmansyah, F., & Fitri, A. (2020). Integrasi Nilai Islami Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Di MTS Negeri 3 Aceh Tengah. Journal of Medives Journal of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 4(2), 205. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1031
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syahrizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.