STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN HOLISTIK DI LINGKUNGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.36639Keywords:
Kualitas, PAI, Holistik, Lembaga Pendidikan IslamAbstract
Strategi peningkatan kualitas pendidikan agama Islam melalui pendekatan holistik di lembaga pendidikan Islam harus melibatkan berbagai aspek, mulai dari pengembangan SDM, kurikulum, inovasi manajemen, hingga penilaian yang autentik. Penelitian ini menggunakan metode library research atau studi kepustakaan, yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data dari sumber-sumber literatur yang relevan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi, di mana peneliti mengidentifikasi dan mengumpulkan berbagai literatur yang relevan. Langkah-langkah pengumpulan data meliputi: 1). Identifikasi Literatur, 2). Pengumpulan Literatur dan 3). Penyusunan Data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Strategi pendekatan holistik secara efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam adalah dengan cara integrasi nilai Islam dalam pembelajaran sehari-hari, dukungan keluarga dan komunitas, pemanfaatan teknologi sebagai pendukung pendekatan holistik dan evaluasi holistik yang menyeluruh. 2). Peran guru dalam menerapkan pendekatan holistik untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan Islam adalah guru sebagai fasilitator pembelajaran holistik, peran guru dalam integrasi nilai-nilai Islam, guru sebagai pembimbing spiritual serta moral dan guru sebagai teladan dalam pendekatan holistiReferences
Abdulah, Muhammad, Fauzi, Ilham, & Sudrajat, Ahmad. (2022). Manajemen Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 200-208. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.149
Achmad, Ghufron. Ratnasari, Dewi. Amin, Ahmad. Yuliani, Endang. Liandara, Nabila. (2022). Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685-5699.. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280
Agung, Suryadi. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membina Akhlak Siswa Di SMPN 1 Cibarusah Bekasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1429-1437. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.256
Ajmain, Ahmad. Marzuki, Muhammad. (2019). Peran Guru Dan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109-123. https://doi.org/10.21831/socia.v16i1.27655
Astuti, Budi. (2023). Pendekatan Perenialisme Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Nusantara Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 413-432. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-4
Bariah, Siti. (2020). Guru Dan Orang Tua Dalam Interaksi Edukatif. Jurnal Intelektualita Keislaman Sosial Dan Sains, 9(2), 257-268. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i2.5975
Billah, Ahmad. (2023). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Berbasis Pendekatan Holistik Integratif. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7601-7610. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4244
Elismarwati. (2020). Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembelajaran Dan Kebijakan Pendidikan Selama Pandemi Covid-19. Jurnal as-Salam, 4(2), 231-245. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.187
Fadhillah, Zainab. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di SMP Islam Al Hidayah Jatiuwung Tangerang. JM2PI Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 83-103. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.72
Firdaus, Ahmad. (2023). Pelatihan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Ponpes Al Buhori Praya Lombok Tengah. Kreasi Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 499-509. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i3.749
Hamid, Hilman. Khoeriyah, Nur. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap "Pembinaan Ibadah Siswa" Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(1), 34. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).34-47
Hasanah, Umi. (2020). Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 1-11. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6448
Hasim, Wahyudi. Kusen, Kusnadi. Hartini, Herlina. Daheri, Mohamad. (2021). Perencanaan Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Covid-19. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3884-3897. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1147
Hidayat, Taufik. Asyafah, Ahmad. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159-181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
Hidayat, Taufik. Syafei, Muhammad. (2018). Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Rayah Al-Islam, 2(01), 101-111. https://doi.org/10.37274/rais.v2i01.67
Huda, Mochammad. (2015). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.790
Kinesti, Ratna, Ulya, Nurul, Suroyya, Laila, Latifah, Fitri, Rahmawati, Eka, Nida, Nisa, & Khasanah, Aminah. (2021). Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Melalui Sarana Prasarana Di SD Al-Ma’soem. Action Research Literate, 5(1), 27-40. https://doi.org/10.46799/arl.v5i1.74
Melinda, Hesti. (2023). Pengembangan Kurikulum PAI Dalam Meningkatkan Spiritualitas Peserta Didik Di SMP Sulaaimaniyyah Cianjur. Journal of Islamic Education Studies, 2(1), 30-39. https://doi.org/10.58569/jies.v2i1.674
Missouri, Rizky. (2023). Strategi Inovatif Menyatukan Tradisi Dan Modernitas Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Kreatif Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(1), 23-34. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1820
Mo’tasim, Muhammad. (2023). Moderasi Beragama Sebagai Materi Bimbingan Dan Konseling Dalam Proses Pendidikan Agama Islam. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 363-368. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.16
Mulyana, Dedi, Sukandar, Asep, & Setiawan, Maman. (2022). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di SMA IT Mekarjaya Garut. Edunity Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(02), 49-54. https://doi.org/10.57096/edunity.v1i02.8
Murtadlo, Ghozali. (2023). Integrasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Konteks Sains Dan Ilmu Sosial. PANDU, 1(1), 35-43. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i1.73
Niko, Rivaldy. (2023). Resolusi Problematika Internal Pendidikan Islam: Pendekatan Design Thinking. Tadbir Muwahhid, 7(1), 61-83. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.7525
Nuraisyiah, Neni. (2022). Tantangan Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Literasi Digital Serta Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6844-6854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3328
Nurdiana, Agus. (2023). Peran Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di STAI Siliwangi Garut. Jurnal Ekonomi Utama, 2(3), 278-286. https://doi.org/10.55903/juria.v2i3.127
Purwanti, Endang. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 5(1), 8-15. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v5i1.53
Putri, Purnasari. & Sadewo, Yudi. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar Di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218
Retno, Rohmatika. (2019). Pendekatan Interdisipliner Dan Multidisipliner Dalam Studi Islam. Al-Adyan Jurnal Studi Lintas Agama, 14(1), 115-132. https://doi.org/10.24042/ajsla.v14i1.4681
Rizal, Syahrul, Usman, Taufik, Azhar, Abdullah, & Puspita, Yuni. (2020). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Penjaminan Mutu. Didaktika Jurnal Kependidikan, 9(4), 469-475. https://doi.org/10.58230/27454312.152
Setyowati, Winda. (2023). Strategi Pendidikan Dasar Untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital Dengan Studi Empiris. Jurnal Mentari Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 43-53. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.379
Sholeh, Muhammad. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam Indonesia. IDEALITA, 3(1), 91-116. https://doi.org/10.62525/idealita.2023.v3.i1.91-116
Subakat, Rina. (2022). Perencanaan Pembelajaran Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Program Semai Benih Bangsa. Jurnal as-Salam, 6(1), 36-48. https://doi.org/10.37249/assalam.v6i1.363
Sumiyati, Sri. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 249-258. https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.830
Suseno, Agus. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Mulia Siswa SMAN 1 Bandung. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 705-714. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.157
Ulfah, Marni. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga Pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255
Waidi, Wawan. (2021). Peran Profesionalitas Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Bidang Studi Al-Quran Hadits Di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(9), 1616-1630. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i9.292
Widyastono, Heru. (2012). Muatan Pendidikan Holistik Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 467-476. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.102
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Izzati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




