EVALUASI PROSES PENGAJUAN LAYANAN KLAIM PESERTA MELALUI TEKNOLOGI KANTOR CABANG TASPEN MEDAN

Authors

  • Nonita Fitriani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Riadi Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36486

Keywords:

Klaim peserta, Teknologi, Layanan Taspen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengajuan layanan klaim peserta melalui teknologi di Kantor Cabang Taspen Medan. Taspen sebagai perusahaan yang bergerak dalam layanan jaminan sosial dan pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/POLRI menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk mempermudah klaim peserta. Evaluasi dilakukan dengan menganalisis efektivitas, efisiensi, dan kemudahan proses pengajuan klaim menggunakan sistem berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun penggunaan teknologi dapat mempercepat proses pengajuan klaim, masih terdapat kendala dalam hal pemahaman peserta terhadap sistem yang digunakan serta infrastruktur teknologi yang belum sepenuhnya memadai. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan sosialisasi dan perbaikan infrastruktur teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan klaim di Kantor Cabang Taspen Medan.

References

Adya Putri, Yonaniko (2021) Prosedur Pengakuan dan Pencairan Jaminan Kematian (JKM) Keluarga Pensiun PT. TASPEN Kantor Cabang Jambi. D3 thesis, akuntansi.

Putriningrum, Fajar Indah (2019). Prosedur Pembayaran Tabungan Hari Tua PT. ASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Yogyakarta. Diakses pada 20 November 2022

Rosa Nikmatul Fajri. (2018). Perencanaan, pelaksanaan, penulisan laporan pemagangan : (panduan praktis mahasiswa yang akan menyongsong dunia kerja disertai dengan contoh laporan magang) (Cetakan pertama). Deepublish.

Ratnasari, Tyas (2014). Analisis Sistem Pembayaran Pensiun Pertama Kepada Janda Atau Duda Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di PT.Taspen (Persero) Cabang Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/38505/ Analisis-Sistem- Pembayaran-Pensiun-Pertama-Kepada-Janda-Atau-Duda-Pegawai-Negeri-Sipil- PNS-Di-PTTaspen-Persero-Cabang-Surakarta. Diakses pada 20 Oktober 2022

Subianto, Achmad (2006). Setelah Pensiun Edisi II. Jakarta: RBI research

Sulistiawati (2021). Analisis Sistem Pembayaran Dana Pensiun pada PT. TASPEN (persero) KC Bone. Dalam. Diakses pada 20 Desember 2022

Utami, Wijayanti Diah (2013). Prosedur Pelayanan Uang Duka Wafat Bagi Pensiunan Pegawai Negeri Sipil Di Pt. Taspen (Persero) Cabang Surakarta. Dalam https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/31600/Prosedur-Pelayanan-Uang-Duka- Wafat-Bagi-Pensiunan-Pegawai-Neger-Sipil-Di-Pt-Taspen-Persero-Cabang- Surakarta. Diakses pada 20 Oktober 2022.

PT. TASPEN. (2022a). Jaminan Kematian. https://www.taspen.co.id/layanan/detail-jkm

PT. TASPEN. (2022b). Program Pensiun. https://www.taspen.co.id/layanan/detail pensiun

PT. TASPEN. (2022c). Tunjangan Hari Tua. https://www.taspen.co.id/layanan/detail-tht

https://www.taspen.co.id/tentang-kami/profil

https://www.taspen.co.id/tentang-kami

Downloads

Published

2024-10-26

How to Cite

Harahap, N. F. ., & Daulay, A. R. . (2024). EVALUASI PROSES PENGAJUAN LAYANAN KLAIM PESERTA MELALUI TEKNOLOGI KANTOR CABANG TASPEN MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15307–15312. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36486