EVALUASI PROSES PENGAJUAN LAYANAN KLAIM PESERTA MELALUI TEKNOLOGI KANTOR CABANG TASPEN MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36486Keywords:
Klaim peserta, Teknologi, Layanan TaspenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengajuan layanan klaim peserta melalui teknologi di Kantor Cabang Taspen Medan. Taspen sebagai perusahaan yang bergerak dalam layanan jaminan sosial dan pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/POLRI menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk mempermudah klaim peserta. Evaluasi dilakukan dengan menganalisis efektivitas, efisiensi, dan kemudahan proses pengajuan klaim menggunakan sistem berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun penggunaan teknologi dapat mempercepat proses pengajuan klaim, masih terdapat kendala dalam hal pemahaman peserta terhadap sistem yang digunakan serta infrastruktur teknologi yang belum sepenuhnya memadai. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan sosialisasi dan perbaikan infrastruktur teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan klaim di Kantor Cabang Taspen Medan.References
Adya Putri, Yonaniko (2021) Prosedur Pengakuan dan Pencairan Jaminan Kematian (JKM) Keluarga Pensiun PT. TASPEN Kantor Cabang Jambi. D3 thesis, akuntansi.
Putriningrum, Fajar Indah (2019). Prosedur Pembayaran Tabungan Hari Tua PT. ASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Yogyakarta. Diakses pada 20 November 2022
Rosa Nikmatul Fajri. (2018). Perencanaan, pelaksanaan, penulisan laporan pemagangan : (panduan praktis mahasiswa yang akan menyongsong dunia kerja disertai dengan contoh laporan magang) (Cetakan pertama). Deepublish.
Ratnasari, Tyas (2014). Analisis Sistem Pembayaran Pensiun Pertama Kepada Janda Atau Duda Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di PT.Taspen (Persero) Cabang Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/38505/ Analisis-Sistem- Pembayaran-Pensiun-Pertama-Kepada-Janda-Atau-Duda-Pegawai-Negeri-Sipil- PNS-Di-PTTaspen-Persero-Cabang-Surakarta. Diakses pada 20 Oktober 2022
Subianto, Achmad (2006). Setelah Pensiun Edisi II. Jakarta: RBI research
Sulistiawati (2021). Analisis Sistem Pembayaran Dana Pensiun pada PT. TASPEN (persero) KC Bone. Dalam. Diakses pada 20 Desember 2022
Utami, Wijayanti Diah (2013). Prosedur Pelayanan Uang Duka Wafat Bagi Pensiunan Pegawai Negeri Sipil Di Pt. Taspen (Persero) Cabang Surakarta. Dalam https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/31600/Prosedur-Pelayanan-Uang-Duka- Wafat-Bagi-Pensiunan-Pegawai-Neger-Sipil-Di-Pt-Taspen-Persero-Cabang- Surakarta. Diakses pada 20 Oktober 2022.
PT. TASPEN. (2022a). Jaminan Kematian. https://www.taspen.co.id/layanan/detail-jkm
PT. TASPEN. (2022b). Program Pensiun. https://www.taspen.co.id/layanan/detail pensiun
PT. TASPEN. (2022c). Tunjangan Hari Tua. https://www.taspen.co.id/layanan/detail-tht
https://www.taspen.co.id/tentang-kami/profil
https://www.taspen.co.id/tentang-kami
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nonita Fitriani Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.