PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PAPAN DIAGRAM PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 ANAS DI SD AL AZHAR SYIFA BUDI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Richo Dwi Apriliansyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Susilo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fajar Kusumadewi SD Al Azhar Syifa Budi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36226

Keywords:

Capaian Pembelajaran Matematika, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil belajar peserta didik kelas 5 Anas di SD Al Azhar Syifa Budi Surakarta masih kurang optimal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 Anas di SD Al Azhar Syifa Budi Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas 5 Anas di SD Al Azhar Syifa Budi Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pengambilan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat secara signifikan setelah menggunakan media pembelajaran Papan Diagram saat proses pembelajaran berlangsung.

References

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas danPenelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta:Penerbit Gava Media.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Retnowati, Dwi dan Budi Murtiyasa. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger”, in Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013. https://publikasiilmiah.ums.ac.id

Rostina Sundayana. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Saraswati, S. (2021). Tahapan PTK. In A. H. Prasetyo (Ed.), Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap dan Praktis (pp. 50–60). Penerbit Adab.

Sopamena, Patma. 2018. “Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Piaget pada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Negeri 11 Ambon’. Disajikan dalam Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon, Ambon, 9 Februari 2018.

Downloads

Published

2024-10-21

How to Cite

Apriliansyah, R. D. ., Susilo, A. ., & Kusumadewi, F. . (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PAPAN DIAGRAM PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 ANAS DI SD AL AZHAR SYIFA BUDI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15015–15019. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36226